Review memakai Zenfone 4 Selfie ZD553KL

Zenfone 4 Selfie
Zenfone 4 Selfie

Tren swafoto saat ini sudah semakin ngehits saja. ASUS sudah membuat gawai khusus untuk swafoto sejak tahun 2015 yaitu Zenfone Selfie. Setelah lama tidak meluncurkan gawai untuk swafoto, dan kompetitor semakin getol meluncurkan gawai foto, ASUS kemudian juga meluncurkan 2 tipe gawai untuk swafoto yaitu Zenfone 4 Selfie dan Zenfone 4 Selfie Pro pada tanggal 25 Oktober 2017.

Perangkat yang saya uji kali ini yaitu Zenfone 4 Selfie. Dengan kemampuan kamera depan 20 MP dan 8 MP untuk fitur unggulannya yaitu swafoto dan kamera belakang 16MP.

Desain

zenfone 4 selfie
zenfone 4 selfie

Desain dari Zenfone 4 Selfie berbeda dengan generasi sebelumnya. Tetap menggunakan desain 2.5D yag  Dengan desain unibody yang cukup tipis. Fingerprint dari zenfone 4 selfie ini terletak pada bagian depan pada bagian dagu yang diapit oleh tombol back dan recent application. Di sebelah dahi pada Zenfone 4 Selfie ini terdapat kamera wide 8MP, sensor proximity, soft light flash, speaker dan kamera 20MP dan LED notification.

Zenfone 4 Selfie
Zenfone 4 Selfie
Sisi Kiri Zenfone 4 Selfie
Sisi Kiri Zenfone 4 Selfie
Sisi Kanan Zenfone 4 Selfie
Sisi Kanan Zenfone 4 Selfie
Bagian Atas Zenfone 4 Selfie
Bagian Atas Zenfone 4 Selfie
Bagian Bawah Zenfone 4 Selfie
Bagian Bawah Zenfone 4 Selfie

Pada bagian sebelah kiri, terdapat SIM tray. SIM tray sendiri menggunakan 2 buah nano SIM dan sebuah microSD dedicated. Pada sebelah kanan Zenfone 4 selfie ini terdapat tombol volume dan power. Bagian atas terdapat port jack audio 3.5mm dan noise cancelation mic. Bagian bawah terdapat speaker, port micro USB dan mikrofon.

Bagian belakang dari Zenfone 4 Selfie ini terdapat 2 garis antena di atas dan bawah, kamera utama dan LED dual tone.

Dapur pacu

Snapdragon 430
Snapdragon 430

Dengan menggunakan chipset octacore Snapdragon 430, RAM 4 GB LPDDR3 dan memori internal sebesar 64GB, Zenfone 4 Selfie ini mampu untuk melibas aplikasi kekinian. Memori internal sebesar 64 GB seolah akan menjadi standar era smartphone tahun 2018 nanti, dimana aplikasi yang semakin besar, foto-foto selfie dan video bisa disimpan tanpa khawatir harus kehabisan memori internal. Jika dirasa masih kurang, masih ada slot microSD dedicated yang bisa diekspansi hingga 1TB tanpa harus mengganggu SIM kedua dari smartphone ini.

Simtray Zenfone 4 Selfie

Selfie dan Wefie

Asus menggunakan tajuk We Love Selfie And Wefie untuk seri Zenfone 4 Selfie-nya. Dengan dua buah kamera 20MP dan 8MP 120°, ditambah fitur SelfieMaster yaitu aplikasi buatan ASUS membuat hasil foto selfie semakin maksimal.

Fitur dual kamera pada kamera depan untuk swafoto bisa dipindah secara instan tanpa harus masuk ke dalam aplikasi lain. Untuk memotret grup kita tidak harus menggunakan tongsis atau merapatkan barisan ketika melakukan wefie atau swafoto bersama-sama menggunakan kamera depan menggunakan kamera wide pada kamera depan.

Softlight led menghasilkan cahaya yang tepat pada wajah kita seperti layaknya hasil dari kamera profesional di dalam studio.

Salah satu keunggulan dari Zenfone 4 Selfie ini yaitu mode potrait. Dengan mode potrait ini, ketika sedang melakukan swafoto di keramaian muncul efek bokeh seperti pada kamera DSLR dengan lensa bukaan lebar.

Beauty mode pada Zenfone 4 Selfie ini bisa diatur mulai dari softening, skin toning, blemish removal, skin brightening, eye enlargement, and cheek slimming. Sehinga untuk cewek bisa menghasilkan foto yang tampak cantik, langsing dan bebas dari minyak, tanpa harus melakukan make up sebelumnya.

beauty mode
beauty mode

ASUS SelfieMaster

Selfie Master
Selfie Master

Teknologi SelfieMaster dari ASUS ini membuat hasil swafoto menjadi lebih glamor dan tampak indah baik dari foto, video maupun live streaming.

Fitur beutification yang hadir pada Zenfone Live juga dihadirkan pada Zenfone 4 Selfie ini. Sehingga kita bisa nampak istimewa pada saat melakukan live streaming menggunakan aplikasi instagram, facebook, atau facebook.

Kamera belakang

Kamera belakang dari Zenfone 4 Selfie menggunakan kamera dengan resolusi 16MP PDAF membuat fokus semakin cepat. Pada mode Pro, kita bisa mengatur kamera kita layaknya profesional, mulai dari Shutter speed, ISO, white balance, auto focus, dan exposeure. Shutter speed yang bisa kita pilih mulai 32 detik hingga 1/1000 detik. White balance bisa diatur manual menggunakan Kelvin rentang 2750K hingga 6250K, dengan jarak 250K. ISO bisa kita pilih antara ISO 100 hingga 3200 dengan jarak 1 stop. Exposure bisa dipilih -2 hingga +2 dengan jarak 1/3 stop.

Baik kamera depan maupun belakang Zenfone 4 Selfie ini mampu merekam video hingga FullHD. Cukup jika hanya dipakai untuk upload di youtube.

Daya tahan baterai

Pengisian baterai 3000mAh dengan charger bawaan 5v 1A membutuh waktu sekitar 3 jam. Cukup lama untuk baterai hanya berkapasitas 3000mAh. Untuk daya tahan baterai, setelah saya install aplikasi harian saya sosial media dan aplikasi-aplikasi chat, baterai yang ada bisa bertahan hingga 10-12 jam.

Benchmark

Hasil menggunakan Antutu, mirip dengan skor pada chipset snapdragon 430 pada smartphone lainnya. Tidak terlalu tinggi, tetapi masih layak untuk pemakaian 2 tahun ke depan.

CPU-Z
Skor Antutu
Skor GeekBench

Hasil kamera

Selfie mode potrait
Selfie mode potrait
Hasil Kamera Belakang
Hasil Kamera Belakang

Beli dimana?

Untuk membeli ASUS Zenfone 4 Selfie  ini di Asus Official Store

Dengan harga Rp 3.499.000

,,

Tinggalkan Balasan