Hands On Zenfone Max Pro M1

Pasar smartphone di rentang harga 2-4 jutaan kembali heboh. Sebab rentang harga ini merupakan pasar yang empuk, yang ditujukan untuk pengguna yang beralih dari smartphone entri level di kisaran 1-2 jutaan, pengguna kurang puas dengan kemampuan ponsel entri level. Pengguna ingin memiliki smartphone dengan kemampuan lebih tapi masih terjangkau kantong. ASUS ingin menggebrak pasar ini dengan meluncurkan Zenfone Max Pro M1. Smartphone ini dijual dengan harga yang boleh dibilang di luar kebiasaan ASUS, yang biasanya harganya lebih tinggi dari Xiaomi seri Redmi dengan spesifikasi setara.

Histla.com berkesempatan untuk menjajal smartphone ini dengan lebih intens, meski pun boleh dibilang smartphone ini sangat susah didapatkan karena metode penjualan awal yang digunakan ASUS berbeda dari penjualan ASUS seri sebelumnya, yaitu menggunakan metode Flash Sale. Karena Zenfone Max Pro M1 ini menggunakan metode flash sale, sehingga banyak yang bilang bahwa ponsel ini merupakan hp gaib.

Isi dari kotak

Isi kotak Zenfone Max Pro M1

Isi dari kotak Zenfone Max Pro M1 ini seperti biasa pada zenfone generasi terakhir, yaitu berupa:

  • unit smartphone
  • Charger beserta kabel data
  • Jelly case
  • Kitab-kitab
  • pin ejector untuk slot sim card

Desain

Desain Zenfone Max Pro M1

Desain smartphone ini menggunakan desain kekinian yaitu menggunakan format layar 18:9. Ukuran layar dari ponsel ini sebesar 5.99″ dengan resolusi full HD+. Meski ukuran layar hampir 6″, tetapi jika terbiasa menggunakan ponsel dengan ukuran 5.5″ dengan format layar 16:9, akan terbiasa. Karena pas digenggam, tidak terlalu melebar seperti pada layar Xiaomi Mi Max/Max 2 yang ukuran layar 6″ dengan format 16:9.

Ukuran Zenfone Max Pro M1 tidak terlalu lebar di tangan

Sebelah atas hanya ada mic untuk noise cancellation

sebelah atas hanya ada mic untuk noise cancellation

Simcard di sisi kiri ada slot sim tray dengan format 2 nano sim dan 1 micro sd, jadi tidak hybrid.

Slot sim tray sebelah kiri
Terdapat 3 slot, 1 untuk microSD dan 2 nano sim

sebelah kanan ada tombol volume dan tombol power

Tombol Volume dan Power

Pada bagian bawah terdapat jack audio 3.5mm, microfon, port micro USB B, dan speaker

Pada bagian depan, di atas layar terdapat kamera speaker untuk telpon dan sensor proximity Pada bagian bawah layar tidak terdapat tombol kapasitif, karena semua tombol diletakkan di dalam layar.

Pada bagian dahi

Pada bagian belakang, menggunakan metal, untuk sidik jari tidak mudah membekas, tetapi minyak pada tangan sangat mudah tertinggal, terdapat dua buah kamera dan sensor sidik jari.

Bagian belakang

Antarmuka

Zenfone Max Pro M1 ini juga di luar kebiasaan dari seri Zenfone lainnya yang biasanya menggunakan ZenUI sebagai antarmukanya, pada Zenfone Max Pro M1 ini menggunakan Android stock untuk antar mukanya. Alasan dari ASUS menggunakan android stok sebagai antar mukanya agar performa lebih ringan, tanpa adanya bloatware, serta menekan harga jualnya karena tanpa adanya kustomisasi dari pihak ASUS.

Android Stock pada Zenfone Max Pro M1

Kamera

Sektor kamera pada Zenfone Max Pro M1 ini menggunakan snapdragon camera dengan yang sangat basic, dimana tidak ada pengaturan Pro seperti pengaturan ISO, shutterspeed serta White Balance seperti pada seri Zenfone kelas menengah lainnya. Akan tetapi kamera pada Zenfone Max Pro M1 ini menggunakan 2 buah kamera dengan ukuran 13MP pada bagian belakang, salah satu lensa digunakan untuk membantu membuat depth of field atau bokeh.

Kamera pada Zenfone Max Pro M1

Sensor fingerprint

Pada saat keluar dari kotaknya, kemampuan sensor fingerprint dari Zenfone Max Pro M1 ini tidak terlalu baik. Pembacaan sidik jari sangat lambat. Setelah 2x update, kemampuan mengenali sidik jari yang sudah terdaftar sudah sangat impresif, cukup cepat, meskipun masih kalah cepat dibanding dengan Zenfone 3 ZE520KL.

Fitur face unlock

Pada saat keluar dari kotaknya, fitur pengenalan wajah untuk membuka kunci dari Zenfone Max Pro M1 masih belum ada, bersamaan dengan update untuk sensor sidik jari, kemampuan ini ditambahkan. Akan tetapi fitur pengenalan wajah untuk membuka kunci pada kondisi cahaya remang masih belum semulus pada saat cahaya cukup kuat.

Demikian hands on dari Zenfone Max Pro M1. Selanjutnya akan dilakukan review benchmark dan kemampuan bermain game.

 

,,,

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.