Perbedaan OS 32-bit vs 64-bit

Ada beberapa komentar yang menanyakan perbedaan antara Windows 32-bit dan 64-bit. Kapankah harus menggunakan Windows 32-bit, dan kapan menggunakan Windows 64-bit? Apalagi sebagian besar hardware terbaru CPU-nya sudah mensupport 64-bit. Dari FAQ Microsoft tentang perbedaan 32-bit dan 64-bit yang saya terjemahkan dengan bebas dengan beberapa perubahan:

Apa bedanya 32-bit dengan 64-bit?

Istilah 32-bit dan 64-bit mengacu pada cara komputer prosesor (juga disebut CPU), menangani informasi. 64-bit versi Windows menangani sejumlah besar random access memory (RAM) lebih efektif daripada sistem 32-bit.

Manakah versi OS harus saya instal: versi 32-bit atau versi 64-bit?

Untuk menginstal OS versi 64-bit anda harus mempunyai CPU pada sistem anda yang mampu menjalankan Windows versi 64-bit. Manfaat menggunakan 64-bit sistem operasi paling jelas ketika Anda mempunyai RAM dalam jumlah besar yang jterpasang pada komputer Anda, biasanya 4 GB RAM atau lebih. Dalam kasus tersebut, karena 64-bit sistem operasi dapat menangani sejumlah besar memori yang lebih efisien daripada sistem operasi 32-bit. Sistem operasi 64-bit dapat lebih responsif ketika menjalankan beberapa program pada waktu yang sama dan sering beralih antar program.

Dapatkah program 32-bit berjalan pada sistem operasi 64-bit?

Banyak program yang bisa berjalan, tetapi program 32-bit akan berjalan lebih lambat di sistem operasi 64-bit dan driver 32-bit tidak bisa berjalan pada sistem operasi 64-bit

Dapatkah progam 64-bit berjalan pada sistem operasi 32-bit?

Semua program 64-bit tidak dapat berjalan pada sistem operasi 32-bit. Begitu pula driver-drivernya. Tidak bisa berjalan.

Dari tulisan di atas dapat disimpulkan sebagai berikut:

  • Jika komputer anda hanya memiliki RAM 4 GB atau kurang, lebih baik memakai OS 32-bit, terutama notebook yang rata-rata hanya memiliki 2 slot memory yang 1 slotnya hanya terisi maksimal 2 GB saja, untuk driver biasanya perusahaan notebook hanya menyediakan driver 32-bit saja.
  • Jika komputer anda memiliki RAM di atas 4 GB, silakan memakai OS 64-bit, dengan catatan anda tidak dapat menggunakan beberapa hardware lama yang drivernya tidak tersedia oleh produsennya. OS 64-bit hanya berguna untuk bekerja berat, seperti merender 3Ds Max, pokoknya yang berat-berat.

109 thoughts on “Perbedaan OS 32-bit vs 64-bit

  1. ada yg bilang bila PC/laptop yg menggunakan prosesor AMD 64X mungkin kompatibel dengan OS yang 64-bit

    sedang pake OS 32-bit sudak ok

    kira2 pendapat tsb gimana ya ???

  2. ada yg bilang bahwa PC / Laptop yg menggunakan prossesor AMD 64X di sarankan memakai OS yang 64-bit

    apa memang demikian ?????

    pake yg 32-bit aja bisa….

    1. Gak, AMD x64 bisa jalanin 32-bit dan jalanin 64-bit. AMD dan Intel saling bertukar teknologi. AMD dapat SSE3nya Intel, Intel dapat 64-bitnya AMD. Intel yang ada 64-bit mulai Pentium D sampai generasi terkini kecuali Intel Atom.

  3. saya hanya pengin tahu. acer saya pakai pentium e5200. telah terpasang ubuntu 9.10. apakah ubuntu saya terpasang dg 32 bit/64 bit, apakah driver yang terpasang 32 bit/64 bit. trims pejelasannya

    1. Pake windows 32-bit kan? memang XPnya yang gak mau baca 4 GB.. cuma baca 3 koma sekian.. makanya saya tidak mau memasang memory di atas 3 GB selama saya memakai Windows 32 bit..

  4. Nah, om…

    Kalo yang dimaksud x86 apa? serius saya masih blon ngerti…
    .-= Rieko´s last blog ..Preliminary Chemical Engineering Plant Design =-.

  5. waduhhh, untung baca nih artikel…
    tadinya udah mw install 64 bit…
    tapi ternyata RAM saya yang hanya 2 Gb belom terlalu butuh yang 64 Bit….

    need IT??
    http;//www.linovtech.com
    .-= Esha Putra´s last blog ..Teknologi Informasi dan Komunikasi kilasan =-.

  6. Pake os 64bit bukan hanya utk tugas yang berat dan sejenisnya, tapi karena kebutuhan memori juga. Dengan murahnya harga memori skrng, tentunya spek minimal pc adalah 2gb dan maksimal tidak terbatas.

    Misalkan aja ada pengguna yang punya spek pc tinggi dengan memori 6/12gb, meskipun pc tsb hanya dipake utk aplikasi office, tapi tetap saja harus menggunakan os 64bit, karena salah satu keterbatasan dari os 32bit adalah hanya bisa menampung memori maksimal 4GB.

    Untuk kecepatan proses sih tidak terlalu beda jauh dengan 32bit. Tapi memang di 64bit proses spt rendering dan sejenisnya prosesnya lebih cepat.

    Semoga bermanfaat

  7. Kalo buat maen game mid-high mending pake 32/64 bit?? Soalnya aq mau beli laptop pnya ram 2 gb,udah trinstal os windows7 32bit tp bisa max ram 8gb… Truz klo aq tambah ram lg 4gb,jd max 6gb gi mana?

  8. notebook adek saya windowsnya 64 bit,original bawaan dari notebooknya.kalo saya instal lagi windows 32 bit bisa ga???soalnya tugas2 kuliahnya banyak yg programnya bisa dibaca di 32 bit.tolong dibantu…….

    1. backup dulu windows 7 64-bit originalnya di DVD, eman2 windowsnya original. Download driver untuk windows 32 bit, baru install ulang 32 bit.

  9. gan numpang tanya. Windows yang cocok untuk gamer tu yg mna?…trus apa bnar msih sdikit game yang support dengan windows 64 bit?…apa kekurangan/kelemahan dari windows 64 bit?… Thanx. Tolong bles ke email q ya gan.

  10. Haloo..
    saya masih newbie.. nie
    em cara mengetahui osnya yang di pakai 32 bit atau 64 bit bagaimana ya ? ka???

    mohon pencerahannya<
    thanks be4

  11. mau nanya niiih mas ..
    spek Laptop saya :
    core i3 2.6 GHz
    RAM 2GB
    HDD 500 GB
    VGA ATI Radeon 1GB
    & OS bawaan nya win7 home premium 64 bit (genuine)
    Td d sebutkan d atas kalau 64 bit, RAM’nya harus 4GB or more. sedangkan laptop saya kan cuma 2GB. apa mending d ubah k 32bit aja, atau tetap 64bit yah ?

    terima kasih ^^

    1. kalo aplikasi 32 bit jalan ya pake saja 64 bit kan original dari produsen laptopnya. Lisensi windowsnya mahal lho. Tapi kalo ada beberapa aplikasi penting tidak mau jalan ya terpaksa install 32-bit.

      1. iya betul mas , saya bingung mau pindah k 32bit, gara2 OS’nya ini genuine,hehehe. Tp RAM nya cm 2GB.Laptop ini saya pake untuk desain2, kerjaanku. software nya, seperti biasa : corel, sotosop,flash,dll. Skrg lg ngoprek ma 3d max jg..
        minta saran, gmn biar laptop’y compatible aja gtu mas, dengan spek & penggunaannya ? kalo pun harus pindah k 32bit, apakah OS yg ori nya ini bisa d amankan, karna mungkin suatu saat saya mau pindah aliran , k 64 bit

        terima kasih ^.^

        1. kalau ori pasti ada drive khusus untuk sistem restorenyaa
          jadi gak usah khawatir gak perlu tambah ongkos cuma buat ganti 64 ke 32 atau sebaliknya..
          namun yang perlu di garis bawahi kalau mau ngubahsistem operasinya, data2 yang penting semua harus dibackup yakk…..

  12. sebenarnya yang membedakan 32 bit dan 64 tu berdasarkan RAM apa jenis processor nya si???? masih bingung kebetulan saya pakai core2duo T6600 (laptop accer 4736) spec yang saya tau dari http://ark.intel.com/products/37255/Intel-Core2-Duo-Processor-T6600-(2M-Cache-2_20-GHz-800-MHz-FSB)
    adalah 64 bit dan ada masalh ketika pakai XP 32 bit suaranya sering putus2(pertama nyalain normal), kalo ngedrag layar explorer ngebayang(lemot abis kayak nggak di instal video driver) padahal driver sudah saya install semua
    mohon bantuan nya..makasih…..

    1. Untuk intel sejak generasi Pentium 4 seri Prescot sudah 64-bit ready. Jadi Core2Duo sudah 64-bit dong. Prosesor ini kompatibel dengan 32-bit. Untuk aplikasi yang menggunakan memori di atas 4 GB sebaiknya pakai sistem operasi dan aplikasi 64-bit. sebab kalo pakai aplikasi 32-bit gak bisa membaca RAM 4 GB secara sempurna. Biasanya cuma kebaca 3,5 GB saja. Jadi mubazir.

  13. maaf saya mau nanya nih mas, spek komputer saya :
    – AMD phenom II X6
    – HDD 1 tera
    – VGA radeon HD 6800
    – windows 7 profesional 32 bit
    saya baru nambah memory saya dari 4 gb menjadi 8gd tetapi setelah saya pasang memory yang kebaca cuma 3.3 gb dan jika sedang main game agak berat suka ngehang. Kata temen saya masalahnya pada os karena masih 32 bit apa benar spek PC saya harus pake 64 bit?
    PC saya biasa digunakan untuk main games apa os 64 bit sudah mendukung buat main games-games sekarang?…

    terima kasih dan mohon bantuan

  14. mw nanya lgi gan bolehkn???
    kok RAM sya jdi nurun 1,8 GB pdhal RAM sya 3GB
    spek Komputer sya:
    -Windows 7 ROG (Republic Of Gamers) SP1 x64 Bit OS
    -VGA Radeon HD 4650 1GB
    -RAM 3GB
    -Pentium(R) Dual-Core CPU E5200 @2.50GHz 2.50 GHz
    Mohon Bantuannya tq

  15. Permisi, mohon pertanyaan ;

    Laptop saya merknya “Axioo Neon CNW 3.422”, setelah saya lihat di websitenya, saya mengkopi tulisan di bawah ini :

    OS :
    Windows® VistaTM and Windows® 7 (Optional – Not Included)

    Pertanyaan saya : WIndows 7 apa yang harus saya pakai?

    mohon pertolongan, soalnya sudah pusing

  16. Laptop saya merknya “Axioo Neon CNW 3.422″, setelah saya lihat di websitenya, saya mengkopi tulisan di bawah ini :

    OS :
    Windows® VistaTM and Windows® 7 (Optional – Not Included)

    Pertanyaan saya : WIndows 7 apa yang harus saya pakai?

    Windows 7
    Windows 7 starter
    Windows 7 Home Basic
    Windows 7 Premium

    yang mana om ?

  17. waduh di laptop saya gk bisa menjalankan beberapa aplikasi, ada yg bilang karena itu penyakit windows 7, ada yg bilang karena Os’a 64-bit, tpi di laptop adek saya aplikasi itu bisa jalan…
    mw tnya dmna yak maslah’a…

  18. mau tanya gan,, laptop ane asus a43sa vx022d RAMnya 2 gb VGA 2gb, osnya ane mau pindah yg 32 bit coz aplikasi kantor ada yg gak support., terus ren cana mau tambah ram jd 4 gb,, gimana pendapat agan? itu ram nya bisa kebaca full gak?
    terimakasih

  19. mas, mau nanya nih……
    pertanyaan nya sih ampir mirip sama agan Herico d atas
    ane punya masalah ma drivernya…….
    crtanya leptop K43BY ane instal win XP 32 bit dengan alasan (itu yg biasa user pk n biasa ane temiin)
    mohon pencerahannya mas
    maaf klo ada salah……..
    maklum newbie…..
    😀

  20. numpang nanya mas, mbak

    saya pakai win7 ultimate 64 bit, trus waktu saya install MSoffice 2007 selalu gagal. kira2 pesannya seperti ini ” installation ms office profesional cannot encounterred ” alias filenya coorupt, udah dicoba dengan msoffice 2010 sama aja, mohon penjelasannya dan solusinya

    terimaksih.

    1. maaf saya pernah install office 2007 maupun 2010 di windows 64-bit gak masalah. mungkin dvd drivenya yang bermasalah? atau memorinya?

  21. numpang nanya,

    saya makai win7 64bit, trus setiap intall MSoffice 2007 & 2010 selalu gagal, mohon penjelasannya san solusinya,

    thanks

    1. bit yang lebih besar lebih bagus dalam manajemen memori. menambah loading komputer sih iya kalau menjalankan bit yang lebih kecil. Misal Windows 64-bit menjalankan software 32-bit atau Windows 32-bit menjalankan software 16-bit.

  22. saya mau nanya mas.
    computer saya i7 dengan RAM 8 GB dan saat saya melihat di dxdiag pada run tetap terbaca 8GB RAM. apakah itu hanya terbaca atau memang terpakai?. maaf baru pake windows lagi

  23. gan mau tanya…
    sy pke os 64 bit ram nya cma 2GB…
    trs laptop sy jdi lemot….
    apakah pengaruh kapasitas ram yg kurang besar ?

  24. maaf mas,mau tanya .. laptop sy asus A43E,c0re i3, ram 4g..klo di instal windows 8 pake 32 bit atau 64 bit?utk drivernya download atau atau pakai driver bawaan dr cd pas beli.terima kasih

  25. terima kasih informasinya pak.hari ini saya bermaksud upgrade ram laptop saya dari 1GB ditambah 2GB lagi jadi 3GB.saya sempat bingung kalo ram 3GB lebih baik pake OS yang berpa bit.dan saya menemukan jawabannya di blog anda.

  26. Tolong kang. . .Laptop ane Acer dengan spesifikasi :
    – RAM 8 GB DDR3
    – VGA 1 GB
    – HDD 640 GB
    – Processor i5 2.30 GHZ

    Saya ingin instal windows 8 64 bit tapi Masalahnya Laptop saya gag bisa diinstal windows 8 64 bit. . Saya masukin dvd windows 8 ke laptop tapi gag kedeteksi padahal saya sudah setting biosnya yang pertama cd/dvd rom. . . tapi tetep dvd windows 8 gag kedeteksi. . . Gimana tuh solusinya kang???

  27. kang help me saya mau sharing printer tapi tidak bisa….
    dengan server printer pakek os 32 bit dan client nya pakek 64 bit….

    mohon pencerahan nya……

  28. Spec:
    Windows 7 Ultimate (32 Bit)
    Pentium Dual Core E5300 2,60 GHz
    3GB DDR2 (RAM)
    Gefoce GT610 3GB (Overclock)

    Bisa install windows 7 ultimate (64-Bit) gak?
    Terimakasih sebelumnya

  29. Gan q br install windows 7 home premium utk notebook ram 1gb intel atom N540. q insttal dg flashdis, tp q bingung pilih 64-bit atau 86-bit? q sdh terlanjur pilih yg 64-bit. nah pas coba akses internet, situs2 yg kebuka kok tampilan di HP ya, bukan tampilan dekstop? nah waktu install program malah tampilannya lebar melebihi layar. kira2 masalahnya pada apa ya? dan bagaimana cara mengatasi? mhn sharing yg tau ya. thanks! 🙂

  30. apakah os android juga begitu?? Ram 4gb tapi arsitektur prosesor msh 32 gb, dan cara melihat range 32 atau 64bit di hp gimana?? Dan apakah efek trhdap hp trsebut?? Thanks sebelumnya..

  31. Gan, mau tnya ? Dual core e5300 bisa pake windows 7 64 bit nggak ?
    Kok punyaku di instal windows 7 64 bit ga bisa ya ?
    Thanks

  32. Hmm terima kasih mas infonya, saya sedikit bingung membedakan antara 32 bit dan 64 bit, lah ada lagi nih mas bedanya x86 sama x64 apa ya? Perasaan ada hubungannya sama 32bit sama 64bit deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *