MIUI 9 pada Redmi Note 4x/4 Snapdragon (MIDO)

MIUI 9
MIUI 9

Setelah update Android Nougat 7.0 pada versi beta sebelumnya yang masih menggunakan MIUI 8, pada tanggal 11 Agustus 2017 kemarin, Xiaom meluncurkan MIUI 9 pada Redmi Note 4x/4 Snapdragon (MIDO). MIUI 9 yang diluncurkan pada mido ini pada ROM versi Global Developer. Versi ini ditunggu-tunggu pengguna MIDO karena ROM versi China developer/beta sudah meluncur duluan MIUI 9nya.

Baca juga: Hands-on Redmi Note 4x, Smartphone irit hemat daya

Apa yang baru dari MIUI 9 ini?

  • Deep level system optimazion
  • New icons
  • New animation for launching and exiting apps
  • Simpler home screen editing
  • Introducing split screen
  • Improved Silent mode triggering by volume button
  • Improved readability for the start page of Messaging
  • Optimization – Protection from unintentional tapping for Dial pad
Fitur baru MIUI 9
Fitur baru MIUI 9

Fitur Splitscreen

Untuk fitur yang baru saya coba yaitu split screen yang muncul pada Android Nougat pada umumnya, di Redmi Note 4/4x baru ada di MIUI 9 ini. Untuk membuat split screen ini cukup mudah. Tahan tombol kapasitif menu, maka akan muncul fitur split screen. Tinggl pilih apps pertama yang akan di atas dan apps kedua yang ada di bawah.

MIUI 9 splitscreen
MIUI 9 splitscreen
MIUI9 splitscreen
MIUI9 splitscreen

Fitur yang baru saya temukan

Untuk fitur baru yang saya temukan yaitu bisa bertukar tombol menu dan tombol back pada tombol kapasitif di bagian bawah lcd. Jadi, yang terbiasa menggunakan tombol back sebelah kiri, bisa mengaturnya di menu tersebut.

Pertukaran Tombol navigasi
Pertukaran Tombol navigasi

Xiaomi akhirnya mengaplikasikan splitscreen dalam rilis MIUI 9 pada Redmi Note 4x/4 Snapdragon. Untuk fitur Doze yang menurut data bisa menghemat baterai, setelah update menjadi MIUI 9, yang saya rasakan baterai lebih hemat. Saya biasanya menggunakan Redmi Note 4x ini untuk bermain game Mobile Legend, setelah 5x pertandingan baterai tinggal 50%. Pada MIUI 9 ini baterai masih sisa 75%.

Baca juga: Zenfone 3 ZE520KL Mendapatkan Android N

Tampilan icon menurut saya sih sama saja dengan tampilan icon pada MIUI 8. Perbedaannya tidak terlalu banyak kelihatan. Animasi pada saat meluncurkan dan keluar dari aplikasi sudah sangat bagus dan lebih smooth daripada MIUI 8. Mengubah tampilan home cukup baru menunya, mudah diakses. Mengubah mode silent juga semakin mudah dengan menekan tombol volume.

Perubahan yang cukup signifikan pada MIUI 9 memang menarik. Kita tinggal menunggu MIUI 9 diluncurkan untuk pengguna Redmi Note 4x/4 Snapdragon mendapatkannya di ROM Global stable yang kemungkinan akan keluar pada akhir Agustus ini.

,,,,,,

Tinggalkan Balasan