Menyimpan PDF/XPS pada Microsoft Office 2007

Saat tulisan ini dibuat mungkin sudah kadaluarsa karena tertulis pada Date Published situs Microsoft pada tanggal 11 Agustus 2006. Tetapi saya ingin menuliskannya di blog ini meski jadul banget. Agar saya tidak bingung mencarinya, sekalian buat arsip saya pribadi.

Format PDF adalah format file yang sangat umum digunakan untuk mendistribusikan sebuah dokumen. Dahulu untuk mengexport dokumen dari .doc, .xls, .ppt atau format lainnya biasanya digunakan Adobe Acrobat Professional. Karena Adobe Acrobat harganya mahal, maka banyak sekali software untuk mengconvertnya. Seperti PDF Creator yang merupakan software berlisensi GPL maupun software versi berbayar lainnya.

Pada saat peluncuran Microsoft Office 2007, sebenarnya Microsoft sudah akan memasukkan fitur Save As PDF/XPS pada Microsoft Officenya, tapi entah mengapa pihak Microsoft menyuruh pengguna Microsoft mengunduhnya sendiri di situsnya. Dari Wikipedia.org

Initially, Microsoft promised to support exporting to Portable Document Format (PDF) in Office 2007. However, due to legal objections from Adobe Systems, Office 2007 does not offer PDF support out of the box, but rather as a separate free download.

Ya, karena Adobe System memiliki lisensi untuk membuat file PDF, maka Microsoft membuat plugin untuk menyimpan file PDF secara terpisah.

Silakan mengunduh plugin Save As PDF/XPS dari Microsoft. Hanya, harus dipastikan Office 2007 anda adalah Office 2007 aseli. Jika tidak, plugin tidak dapat diinstall

,,,,,,

Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *