Ayo buat themes wordpress sendiri!

Bosan dengan theme wordpress yang jumlahnya begitu banyak, mari kita membuat theme wordpress sendiri. Mumpung liburan tahun baru, saya akan menerjemahkan bagaimana membuat theme wordpress oleh WP Designer. Saya sudah meminta ijin kepada pemilik tulisan tersebut untuk menerjemahkan seluruh tulisan tersebut dengan gaya saya sendiri. Mudah-mudahan tidak dicopy paste seperti pada tulisan ini yang mencomot tulisan saya ini tanpa menyebutkan sumbernya.

Tutorial di topik ini mungkin sudah tertulis sebelumnya di situs WordPress juga bisa menjadikan pedoman anda untuk mengikutinya. Akan tetapi, apakah pedoman tersebut bisa membantu anda ketika anda tidak mengerti istilahya? Malahan saya lebih bingung membaca pedoman wordpress tersebut. Mudah-mudahan dengan penerjemahan ke Bahasa Indonesia tidak membuat pembaca semakin bingung

Peralatan – sebelum anda memulai, anda membutuhkan:

  • WordPress yang sudah terinstall di komputer anda. Ikuti instruksi bagaimana menginstall wordpress di localhost windows XP oleh Udienzโ„ข gitu, Isnaini, maupun nambongo. Pilih yang anda anggap paling mudah. Jika anda tidak bisa menginstall di komputer anda apapun alasannya, jangan khawatir, install saja wordpress kosongan di situs anda yang mendukung php dan mysql.
  • Notepad++ atau teks editor lainnya. Saya menyukai notepad++ karena bisa memunculkan warna-warni yang berbeda-beda pada tiap-tiap tag php maupun html, disamping itu notepad++ mempunyai lisensi GPL yang mengijinkan kita bebas untuk mengunduhnya.
  • FileZilla FTP client – Jika anda akan mengetes theme secara online, saya menyarankan agar anda untuk mengunduh dan menginstall FileZilla FTP client atau FTP client lain untuk mengupload file-file theme anda. Saya juga menyukai FileZilla ini karena gratis dan memiliki lisensi GPL.
  • Bookmark XHTML Validator dan CSS Validator. Anda akan membutuhkan peralatan ini untuk memvalidasi theme anda. Mereka juga datang dengan catatan ketika anda membutuhkan untuk memperbaiki kesalahan.

Daftar komplit tutorial:

#1 Pengenalan
#2 File-file template dan template
#3 Memulai Index.php
#4 Template Header
#4b Template Header Lanjutan
#5 Perulangan
#5b Isi
#5c Postmetadata
#5d Else, Post ID, Link Judul
#5e Posts Link Navigasi
#6 Sidebar (dan Categories)
#6b Daftar Link Page(wp_list_pages)
#6c Get Archives dan Tautan
#6d Search Form dan Kalender
#6e Membuat widget Sidebar
#7 Footer
#8 Bagaimana memvalidasi
#9 Style.css dan Perkenalan CSS
#10 hex Codes dan Styling Links
#11 Lebar dan Floats
#12 Post Formatting and Macam-macam
#13 Styling Sidebar
#14 Footer dan Membagi Index
#15 File Sub-template
#16 Template Komentar

,,

Comments

Leave a Reply