Asus Zenfone 3 ZE520KL Mendapatkan Android 7.0 (Nougat)

Hari ini, tanggal 8 Maret 2017, Asus meluncurkan update terbaru pada Zenfone 3 ZE520KL, berupa Android 7.0 (Nougat). Ukuran update sendiri berkisar 1.2 GB. Peningkatan yang ada dari Android 7.0 Nougat pada Zenfone 3 ZE520KL ini cukup banyak perubahannya.

ZE520KL Android N
ZE520KL Android N
ZE520KL dengan Android 7.0
ZE520KL dengan Android 7.0

Agar bisa mengupdate versi OS dari Android 6 (Marshmallow) menuju ke Android 7.0 (Nougat) yaitu:

  1. Pastikan sisa space internal memory di atas 3 GB. Untuk memperbaharui versi OS Zenfone 3 ZE520KL menjadi Android 7.0 (Nougat), pastikan space memori internal di atas 3 GB, sebab update membutuhkan space sebesar 1.2GB dan akan membutuhkan space tambahan untuk mengekstraknya. Pastikan foto, gambar dan dokumen penting sudah dipindah ke memori eksternal atau komputer.
  2. Butuh koneksi internet yang kencang dan stabil. Internet yang kencang dan stabil akan mempercepat proses pengunduhan dan hasil yang maksimal. Jika lambat, akan memperlambat proses update. Internet yang tidak stabil menyebabkan file update tidak terunduh dengan sempurna, sehingga akan mengembalikan OS ke versi sebelumnya.
  3. Pastikan Baterai di atas 50%. Ketika update OS, pastikan baterai di atas 50%. Lebih baik di atas 80%. Jika kurang dari itu, maka dikhawatirkan akan terjadi bootloop pada Zenfone 3 anda.

Perubahan yang dirasakan pada OS versi terbaru yaitu:

  1. Menu di atas yang berubah. Biasanya sekali tarik, pada Zenfone 3 ZE520KL akan muncul semua menu-menunya.

    Tampilan quick menu pada ZE520KL
    Tampilan quick menu pada ZE520KL
  2. Bisa Window Split. Pada Android 7.0, kita bisa menampilkan 2 aplikasi secara bersamaan. Mempermudah dalam mengerjakan sesuatu tanpa harus menutup aplikasi yang lain.

    Window Split pada Android N
    Window Split pada Android N

Untuk perubahan lain belum bisa saya temukan. Yang jelas tampilan font lock screen lebih bagus dari sebelumnya yang besar dan kaku.

Tampilan Lock Screen baru
Tampilan Lock Screen baru

Untuk perubahan lain, mungkin akan saya eksplor lebih lanjut dan akan saya posting pada artikel selanjutnya. Pengalaman saya upgrade Zenfone 3 ZE520KL menuju Android 7.0 (Nougat) membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk proses pengunduhan hingga proses install update. Jika akses internet lebih kencang kemungkinan akan butuh waktu semakin singkat lagi.

 

,,,,

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.