Asus Fonepad, Smartphone atau Tablet?

Asus Fonepad mempunyai slot kartu GSM untuk akses internet dan fungsi telepon. Saya kira dengan body yang besar, Fonepad menggunakan kartu mini SIM biasa, tetapi setelah saya cek ternyata menggunakan slot micro SIM. Akhirnya cari operator selular yang bisa dipakai di rumah, hanya XL yang sinyal 3Gnya sampai di rumah. Setelah memotong kartu SIM GSM tersebut lalu saya masukkan, secara otomatis Asus Fonepad mengenalinya dan tanpa seting ini itu bisa digunakan untuk internetan. Menurut spesifikasinya, kecepatan internet maksimum Asus Fonepad hingga 21.4 Mbps, tergantung jaringan. Untuk jaringan internet di Indonesia yang mungkin hanya maksimal 7.2 Mbps saja untuk browsing internet, aplikasi sosmed dan streaming youtube saya rasa lebih dari cukup.

capture-20131111-223920
Hasil speedtest dengan kartu XL

Pada bulan Oktober 2013 kemarin Blackberry melepas BBM untuk iOS dan Android secara resmi. Secara Fonepad ini menggunakan OS Android versi Jelly Bean, saya mencoba untuk mengunduh di PlayStore tetapi tidak tersedia, karena Asus Fonepad dikenali sebagai tablet, bukannya smartphone. Dengan sedikit usaha mencari di google, akhirnya saya bisa mendapatkan apk BBM ini. Dan saya install dengan lancar tanpa terkendala apa pun.

Selain untuk internetan, kartu GSM pada Asus Fonepad juga bisa dipakai untuk sms dan telepon. Kualitas penerimaan dan berbicara sangatlah bagus, sangat jernih karena Asus Fonepad memiliki fitur dual-mic dengan built-in noise-cancelling yang mereduksi suara kebisingan di latar belakang dan membuat
komunikasi telepon lebih jelas.

Untuk navigasi, Asus Fonepad ini terbilang cukup lengkap. Selain GPS yang mengunakan 30 satelit Amerika Serikat dan A-GPS yang menggunakan BTS dari operator seluler, Fonepad juga menggunakan penerima GLONASS yaitu memanfaatkan 24 satelit Russia. Jadi kecepatan dalam mengunci lokasi dan keakuratannya sangat-sangat bagus.

Pada awal saya memegang Asus Fonepad ini menggunakan firmware versi 3.2.3. Setelah 2 mingguan memegang Asus Fonepad dan update 2 kali, versi terakhir firmware 3.2.5. Saya menggunakan dalam dunia nyata, daya tahan baterai dari Asus Fonepad ini saya acungi 2 jempol. Dengan proses charging yang hanya 2 jam saja bisa bertahan seharian penuh. Meskipun dalam spek di web Asus Fonepad disebutkan hanya bertahan 9 jam saja, dengan kapasitas batere Li-Ion 4270 mAh (16 Wh), saya gunakan secara acak baik menonton film, mendengarkan musik, main game, internetan via hsdpa maupun wifi, telepon, sosmed, chating, dll bisa bertahan lebih dari 12 jam.

 

Mochammad Kurniawan
Follow Me

Mochammad Kurniawan

Penulis at Histla
Seorang yang hobi mengoprek segala sesuatu tentang komputer dan smartphone. Menyukai semua yang berbau opensource, meski tidak alergi dengan properiaty software. Senang berbagi informasi tentang teknologi informasi dan kegiatan sehari-hari
Mochammad Kurniawan
Follow Me

,,,,

Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *