5 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Memiliki Domain dan Hosting Yang Baik dan Benar

Di dalam dunia maya, website memiliki kaitan yang erat dengan istilah-istilah seperti halnya hosting dan domain, khususnya domain Indonesia. Namun bagi para orang awam atau pemula, istilah ini mungkin terdengar asing bahkan juga sulit untuk dipahami.

Perumpamaan yang bisa dipahami oleh orang awam, hosting adalah tanah atau rumah bagi halaman website yang menyimpan dan menampilkan berbagai berkas-berkas atau file, yang bisa berupa tulisan, gambar, musik atau bahkan video. Sedangkan  untuk domain yaitu alamat lengkap atau jalan agar kita bisa dapat menuju website tersebut. Bisa dikatakan domain adalah akses supaya website tersebut dapat diakses oleh pengguna internet.

Domain Murah dengan Hosting SSD

Untuk layanan penyedia domain murah dan hosting murah sendiri telah banyak ditemukan khususnya di negeri kita ini. Karena meningkatnya penggunaan internet yang semakin murah dan dengan kemudahan akses di mana saja baik melalui cara klasik seperti membuka melalui komputer atau laptop maupun dengan teknologi terkini yaitu melalui gawai seperti smartphone atau komputer tablet. Maka dampak dari perkembangan teknologi pun selalu meningkat, termasuk juga para pemilik website. Tentu saja ini bukan tidak memiliki keuntungan. Melalui website, mereka para pemilik dapat memanfaatkannya sebagai halaman mempromosikan produk atau mengenalkan produk. Selain itu juga melalui website, banyak peluang untuk menyediakan tempat iklan sehingga akan otomatis memberikan komisi bagi pemilik website tersebut.

Baca juga perbedaan Add-on Domain, Sub domain dan Parked Domain

Memperoleh hosting dan juga domain dapat dilakukan dengan dua acara, yaitu dengan cara gratis dan cara berbayar atau dibeli. Tentu saja, domain yang didapat dengan cara gratis akan terdapat kekurangan dalam cara kerjanya. Akan tetapi bagi mereka para pemula, menggunakan layanan gratis ini dianjurkan sebelum menggunakan cara berbayar untuk memaksimalkan website tersebut.

Bagi mereka yang telah memiliki hosting serta domain, terutama bagi para pemula, maka hal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut ini:

  1. Memeriksa email.Mengapa, karena pemberi layanan domain dan hosting akan memberikan email pemberitahuan. Email tersebut berisi akun dari domain, akun hosting dan juga akun client area. Dengan kata lain akun yang menyediakan domain dan hosting di mana keduanya dibeli.
  2. Log In menuju ke area klien.Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan informasi, terutama informasi administrasi. Seperti halnya billing.
  3. Check username dan password.Memeriksa domain dari name server untuk memastikan jika domain tersebut telah mengarah pada IP address server hosting terutama yang akan dituju. Selain itu juga untuk agar dapat memasuki cPanel hosting yang dimiliki.
  4. Masuk ke cPanel Hosting.Setelah masuk ke cPanel Hosting, maka selanjutnya adalah mengelola wwebsite yang dimiliki tersebut. Misalnya membuat email dengan custom domain, atau juga membuat website yang biasanya dapat dilakukan dengan menggunakan Fantastico de Lux, Quickintall, hingga Softaculous. Yang lainnya yaitu mengatur letak dari folder yang terdapat pada server, dan lain sebagainya.
  5. Online-kan Website.Terakhir adalah membuat website menjadi online. Misalnya jika menggunakan WordPress, menjalankan website sambil belajar dengan mengikuti tutorial yang banya tersebar di internet akan lebih mudah. Banyak situs-situs dan juga blog yang memberikan informasi tersebut tentang bagaimana cara untuk mengelola website ataupun pemasaran secara online, dengan kata lain bisnis secara online.
Hosting dan Domain Murah
Hosting dan Domain Murah

Lantas, bagaimana untuk memiliki sebuah website. Tentunya harus diketahui terlebih dahulu terutama bagi para pemula. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, membuat website untuk mendapatkan hosting dan domain dapat dilakukan dengan gratis maupun berbayar. Meskipun hosting gratis akan dirasa kurang menarik dalam segi tampilan, fitur, layanan support serta memiliki kinerja yang berbeda dengan yang berbayar.

Baca juga Lupa membayar domain

Namun langkah awal untuk para pemula justru dianjurkan. Salah satu penyedia layanan jasa tersebut seperti halnya DomaiNesia yang telah populer sejak berdirinya di tahun 2009 lalu. Ketika akan membuat secara mandiri, maka banyak cara untuk membuat website yang dapat kita baca di berbagai situs di internet atau youtube yang bisa mudah dipahami.

DomaiNesia menyediakan layanan domain dan hosting dengan fitur terbaik. Fitur tersebut misalnya bebas memilih lokasi server hosting kita. DomaiNesia menyediakan beberapa lokasi server diantaranya Indonesia, Singapura, Amerika Serikat, dan di Jepang. Semua hosting murah bisa memperoleh SSL secara gratis untuk pembelian hosting apapun. Selain itu adanya Instant Deploy yaitu fitur instalasi berbagai CMS seperti WordPress untuk membuat blog ataupun kontent berita, Magento dan PrestaShop untuk membuat toko online, serta masih banyak script lainnya secara instan yang bisa didapatkan melalui fitur cPanel yang terdapat pada akun cPanel DomaiNesia kita. Segera setelah akun hosting aktif, situs web kita dapat langsung diakses tanpa harus repot menginstall dan mengupload secara manual, sehingga mendesain website akan lebih mudah.

 

,

Comments

Tinggalkan Balasan