XP Mode pada Windows 7 dengan VMLite

Windows 7 memang windows yang bagus. Jauh lebih bagus daripada Vista dari sisi resource hardware. Untuk pengguna Windows 7 Professional, Ultimate maupun bisa menggunakan fitur XP mode. XP mode yaitu mode virtualisasi Windows XP yang berjalan di atas Windows 7. Tetapi fitur ini hanya dinikmati oleh pemilik hardware terutama CPU yang support VT-x atau AMD-v. Untuk mengetahui CPU anda sudah mendukung VT-x atau AMD-v silakan Download securable di sini.

Gambar dari Technically Personal

Jika hardware mendukung Virtualization, Install Windows 7 Professional/Ultimate/Enterprise, lalu download XP mode dan Microsoft Virtual PC. Cara penginstallan silakan baca Mencoba Windows XP Mode di Windows 7 RC.

Jika hardware tidak mensupport Virtualization, download saja XP mode, lalu download juga VMLite, maka komputer anda bisa menjalankan XP mode tanpa Virtualization. Install dahulu XP mode, lalu install VMLite dan jalankan Wizard XP Modenya.

Menurut pengalaman saya, menjalankan XP Mode dengan VMLite pada HP 540 Core 2 Duo T5670 1.8 GHz dengan RAM 3 GB tidak begitu berat. Saya menginstall XP Mode karena Delphi 7 tidak bisa jalan dengan baik pada Windows 7. Tetapi hasil compile-nya bisa.

gambar dicomot dari sini

21 thoughts on “XP Mode pada Windows 7 dengan VMLite

  1. Kalau di PC Anda ada VirtualBox, download yang VMLiteWorkstationPluginSetup.exe.

    Kalau tidak ada, download yang VMLiteWorkstationSetup.exe

    Saya juga telah mencobanya di PC saya.

  2. kira2 berat ga boss kerjanya….soalnya saya make VBox lumayan berat jalan di seven. trus di vm lite ada fasilitas share folder ga boss

  3. mau numpang nanya nih. kalau saya pake 7 64-bit, bisa ga pake XP mode yang 32-bit? atau XP mode-nya harus sama 64-bit juga?
    karena saya punya program (MYOB Accounting) yang cuma bisa jalan di XP-32bit

    trs 7 64-bit dibanding yg 32-bit apa lebih cepat yang 64-bit?

    trims

    1. Oh iya pake virtualization atau VMLite? kalo pake Virtual PC download dari microsoft ya Virtual PCnya harus 64 bit, tapi kalo pakai VMLite silakan lihat situs VMLite.. untuk XP modenya sama, 32 bit..

  4. mas mau tanya,, kalau laptopku nggak mendukung virtualisasi apa ada cara untuk ngkalinnya,, atau apa ada hardware yang perlu di tambahkan supaya laptop mendukung virtualisasi,,, makasih,,

  5. gan saya dah download yang VMLiteWorkstationSetup.exe,,,saya make windows 7 home basic.,,bisa dijelasin ngk gmn cara nginstalnya n ap ad yang masi kurang untuk make xp mode pada windows 7 saya.,.tnks gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *