WP Themes tutorial #2: File-file template dan template

Dari WP Theme Lesson #2: Template Files and Templates oleh Small Potato diterjemahkan oleh Mochammad Kurniawan

File Template dan Templates adalah pelajaran kedua dari tutorial berseri membuat theme WordPress ini. Jika anda belum membaca Pelajaran #1, hentikan sekarang juga dan baca dahulu pelajaran pertama. Jika tidak, anda tidak akan mengerti fungsi kegunaannya di pelajaran kedua.

Sekarang kita telah melewati peraturan dan istilah-istilah, pelajaran ini akan membawa anda akrab dengan file-file template, template, dan struktur masing-masing halaman.

Satu hal penting yang harus diingat adalah bahwa tiap halaman dari blog anda dibuat oleh banyak file template. Di bawah ini adalah sebuah contoh dari halaman depan.

Pada contoh di atas, halaman depan anda dibuat dari empat file: header, index, sidebar, and footer.

File Header Template:

Judul blog anda dan deskripsi ada di file ini. Biasanya selalu ada pada tiap-tiap halaman seluruh blog.

File Index Template:
File ini berisi judul postingan, isi (teks dan gambar dari masing-masing entri), dan post meta data (informasi tentang masing-masing post seperti: pengarang, kapan dipublish, termasuk kategori mana, dan banyaknya komentar).

File Sidebar Template:
Ini mengontrol daftar link Page, daftar link kategori, daftar link arsip, daftar tautan, dst (Sidebar tidak harus berada di sisi kanan dari layout. Contoh yang saya gunakan merupakan tipikal blog layout dua kolom.)

File Footer Template :

Seperti file header.php template, footer biasanya tidak berubah dari halaman ke halaman. Anda bisa menaruh apapun di file ini, tapi biasanya informasi copyright anda.

Sekarang saya menjelaskan mengapa index.php berwarna merah, dalam contoh di bawah ini. Index.php yang berwarna merah menunjukkan bahwa area tersebut akan berubah, tergantung dari halaman yang anda buka.

Jika anda berada di halaman single post, halaman anda akan terdiri dari empat file template: header, single, sidebar, dan footer.

Ikuti Tutorial Berseri WordPress Themes dari awal.

18 thoughts on “WP Themes tutorial #2: File-file template dan template

    1. saya sudah minta ijin sama pemilik wpdesigner.com waktu itu, smallpotatoes untuk ditranslate ke b.indonesia. Dia menyetujuinya asalkan gambar dan file tidak menggunakan resource mereka. Coba cek komentar:
      http://www.wpdesigner.com/2007/02/19/so-you-want-to-create-wordpress-themes-huh/#comment-86050 itu saya, dan balasan dari smallpotatoes http://www.wpdesigner.com/2007/02/19/so-you-want-to-create-wordpress-themes-huh/#comment-86150
      Jadi sebelum menghujat, dibaca dulu keseluruhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *