WP Theme Tutorial #6b: Daftar Page-Link

Dari WP Theme Lesson #6b: Page-Link Listing oleh Small Potato diterjemahkan oleh Mochammad Kurniawan.

Sekarang anda sudah terbiasa dengan struktur dari Sidebar, kita lanjutkan bekerja pada Sidebar dengan daftar Page-link. Setelah Sidebar biasa selesai. saya akan menunjukkan bagaimana menjadikan Sidebar anda menjadi widgetize (bisa diwidgetkan).

Tambahkan kode di atas blok Kategori:

<?php wp_list_pages(); ?>

wp list pages

Simpan file anda dan refresh browser anda. Berikut ini tampilannya:

wp listing

Secara default, anda hanya mempunyai satu link Page, yaitu link About. Saya menambahkan halaman baru dan child-page pada blog offline saya. Itu mengapa saya mempunyai Page sebanyak empat level.

Pergi ke View > Page Source untuk melihat perubahan pada wp_list_pages() yang dijalankan oleh kode-kode yang anda tulis. Berikut ini adalah contohnya:

WP list pages default

Pertama, itu membungkus segalanya dengan sebuah list item (LI). Kedua, itu memberikan sebuah daftar yang bernama , Pages. Ketiga, akan menambahkan unordered list (UL) lain, di bawah judul Pages, dengan masing-masing daftar item. Keempat, akan emnampilkan link pada tag <li> dan </li>.

Pada screenshot sebelumnya, perhatikan bahwa judul “Pages” dari daftar tidaklah sama ukurannya dengan judul “Categories” pada daftar link Category.

Bagaimana agar keudanya sama ukurannya? Tambahkan ‘title_li=<h2>Pages</h2>’ pada wp_list_pages().

title li

Save file and refresh browser to see the change.

wp page listing2

title_li iadalah sebuah atribut yang digunakan untuk mengkustom tampilan dari judl daftar link Page.  <h2>Pages</h2> adalah nilai dari atribut title_li.

Kustomisasi lebih jauh:
Pada contoh saya, saya mempunyai empat level dari link Page. Beberapa layout/desain tidak bisa ditangani dengan banyaknya level dari link dengan Sidebar. Untuk membatasi dari level link pada daftar, tambahkan atribut depth pada wp_list_pages() dan ketikkan angka  3.

Add depth

Perhatikan, saya menambahkan depth=3& daripada hanya depth=3. Tanda & dimana untuk memisahkan  atribut depth dan title_li. (Jika anda hanya mempunyai link About, perhatikan tidak ada perbedaan yang menyolok.)

Di bawah ini adalah perbedaan dari daftar saya: (Bandingkan dengan screen-shot sebelumnya.)

WP page listing 3

Ikuti tutorial theme WordPress dari awal

4 thoughts on “WP Theme Tutorial #6b: Daftar Page-Link

  1. Pingback: apurw » wptheme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *