Upgrade RAM laptop HP 540

Memori SODIMM DDR2
RAM SODIMM DRR2

Memori atau RAM laptop tua saya HP 540 aslinya berukuran 1 GB, sejak beli sudah diupgrade ke 3 GB. Sebenarnya laptop ini sudah cukup tua, tetapi karena masih cukup handal untuk digunakan sehari-hari, daripada saya jual dengan harga yang sangat murah lebih baik saya upgrade saja.Masih bisa untuk coding dan yang lainnya. HP 540 milik saya cukup awet, sebab di beberapa komentar tentang HP 540 di blog ini, banyak yang sudah rusak LCD, ODD dan keyboardnya. Padahal pemakaian laptop ini sehari lebih dari 8 jam.

Karena laptop ini sudah cukup tua yaitu pembelian pada tahun 2009 yang lalu, memori yang dipakai masih DDR2 yang harganya memang cukup mahal dan pilihan merk sedikit yang ready. Saya membelinya di toko online  di jakarta mencari merk yang saya cari tidak ada, akhirnya saya dapat merk lokal yang cukup kredibel dan bertanggung jawab untuk garansinya. Untuk proses penggantian cukup mudah, hanya mencopot 1 baut RAM lalu pasang module memori saja.

Saya mencoba menggunakan ubuntu 32-bit ternyata tidak dikenali semuanya, hanya 3 GB saja. Untuk Windows XP 32-bit juga hanya dikenali 3,5 GB saja. Akhirnya saya ganti OS saya menjadi 64-bit agar kapasitas memori yang terpasang di laptop saya bisa terbaca seluruhnya meskipun berkurang sedikit karena laptop ini menggunakan VGA onboard. Pemakaian Windows 7 64-bit dan Ubuntu 64-bit yang saya gunakan ternyata tidak terlalu membebani kinerja CPU. Meski ketika menjalankan beberapa program 32-bit di Windows 7 64-bit terlihat load CPU lebih dari 32%.Untuk memainkan game Football Manager 2012 lebih ringan, menjalankan Adobe Photoshop CS 5.1 juga tidak ada lag berarti.

Kesimpulan, upgrade memori >= 4GB dengan menggunakan OS 64-bit cukup meningkatkan kinerja laptop tua.

 

10 thoughts on “Upgrade RAM laptop HP 540

  1. pak kurniawan,laptop saya compaq cq 40 amd,,koq panas sekali ya,ram 1gb
    kata tukang servisnya harus nambah ram lagi biar gak membebani cpu

    pertanyaannya,emang pengaruh ya gan antara nambah ram dengan suhu laptop??oh ya laptop saya sering overheat di atas 100C,trus mati sendiri,,gmn ya?

    trims jawabannya

  2. Laptop HP emang awet mas.. Oiya mau tanya mas, kalau laptop saya pakai 12 jam sehari bahkan lebih bagus gak mas, kadang juga sehari semalem? maklum buat lembur kerja

    1. laptop saya kadang saya pakai 24 jam sehari kok bro, kalo dibiarkan saja malah kurang enak. Punya teman malah laptopnya gak dipake sebulan malah mati. diduga adanya kebocoran pada batere karena gak dilepas.

  3. mas saya juga pake hp 540, kinerja sekarang rada berat. untuk mengupgrade OSnya seperti apa yah? niatnya baru mau nambah ramnya agar lebih ringan. sayang kalo dijual untuk dapet laptop yang baru lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *