Upgrade HDD Notebook 160 GB

Mengupgrade HDD notebook NEC Versa L1101 saya dengan kapasitas yang lebih tinggi sangatlah susah. Saya ingin mengupgrade HDD tersebut karena terkena efek samping Telkomsel Flash Unlimit. HDD 60GB cepat penuh gara-gara sering dipakai untuk mendownload, entah film atau program. HDD notebook 2.5″ baru bertipe IDE dengan kapasitas di atas 100 GB sangatlah susah mencarinya, semua notebook baru saat ini memakai HDD bertipe SATA. Ya inilah resiko saya membeli notebook bekas dengan spek yang sudah hampir kadaluarsa.

Mencari HDD 2.5″ IDE di atas 100 GB di situs penjualan hardware online pun setali tiga uang alias sama saja. Saya menghubungi semua situs toko komputer online jawabannya rata-rata stok kosong. Harganya memang lebih mahal daripada HDD berantar muka SATA. Akhirnya kemarin saya ke Surabaya untuk mencarinya di Hi-Tech Mall. Setelah berputar-putar, ingatlah saya bahwa sebaiknya saya membelinya di toko langganan saya, Perdana Komputer. Sudah setahun lebih saya tidak ke sana. Alhamdulillah saya mendapatkan HDD 2.5″ IDE 160 GB dengan merk Samsung. Untuk HDD Samsung ini saya belum pernah ada pengalaman dengan merk ini baik di komputer desktop. Harga HDD Samsung ini Rp 740.000,00.

Sesampainya di rumah, langsung saya coba membuat cloning Sistem Operasi Windows XP saya dan partisi Data saya, saya males install ulang, dengan menggunakan Norton Ghost pada miniPE. Proses cloning ini membutuhkan waktu 1 jam lebih. Lalu tinggal ganti saja HDD Fujitsu 60 GB saya dengan HDD Samsung 160 GB. Awalnya proses untuk memasukkan HDD Samsung 160 GB ke dalam notebook saya mengalami kesulitan, tapi dengan sedikit memaksa alhamdulillah bisa masuk juga. Dan alhamdulillah bisa booting dan menjalankan OS Windows XP yang lama tanpa ada kesulitan berarti.

7 thoughts on “Upgrade HDD Notebook 160 GB

  1. wahhh..bararti HDD lama di lelang ya?
    kebetulan ini saya mau cari yang ukuran kecil.
    kira2 dijual gak bro
    kasi kabar ya?? trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *