Time based vs Volume based

Terkadang kita bingung memilih model jasa layanan internet yang diusung oleh ISP baik ISP biasa ataupun layanan dari operator seluler. Ada yang menawarkan time based, yaitu penawaran jatah pemakaian internet berdasarkan waktu lamanya pemakaian, ada pula yang menawarkan volume based, yaitu penawaran jatah pemakaian internet berdasarkan banyaknya jumlah data yang digunakan. Ada lagi penawaran akses unlimit yang tidak dibatasi oleh banyaknya waktu maupun jumlah data yang digunakan.

Dalam penawaran dari ISP ada yang memakai sistem pra bayar yaitu pembayaran dimuka, jadi akses internet bisa dikontrol, kelemahannya biasanya tarif lebih mahal. Ada pula yang menggunakan sistem pasca bayar yaitu pengguna memilih paket yang ditawarkan ISP atau retail yaitu membayar sejumlah biaya pemakaian yang telah dipakai. Untuk sistem paket biasanya lebih murah daripada sistem retail. Kelebihan pemakaian untuk sistem paket biasanya ditambahkan.

Sistem pra bayar maupun pasca bayar dari ISP menawarkan time based, volume based dalam bentuk paket maupun retail.

Jika anda suka mendownload file-file besar dan suka browsing ke youtube atau situs-situs internet dengan menampilkan media pada situsnya sebaiknya anda memilih time based. Mengapa? Jika akses internet kencang, seperti pada speedy maupun 3,5 G HSDPA lebih baik pilih time based. File-file yang diunduh semakin cepat masuk ke dalam HDD.

Akan tetapi jika hanya mendownload email dan membuka web/blog yang isinya hanya teks atau chatting, disamping itu akses internet anda hanya sekelas GPRS akan lebih murah jika anda memilih paket  volume based. Mengapa? Akses internet yang pelan akan mengurangi nafsu anda untuk mendownload. Jumlah data yang diakses berupa teks lebih kecil dan anda tidak sering-sering melihat jam ketika sedang browsing. Tips untuk volume based dari Agam mungkin sedikit membantu. Tapi akan lebih baik jika semua browser yang digunakan mematikan gambar dan media disamping itu matikan saja auto update dari sistem operasi dan antivirus atau beberapa program seperti firefox dan beberapa program lain agar tagihan lebih irit.  Ingat jumlah data yang diakses tidak hanya untuk download saja, tapi untuk upload yaitu permintaan browser untuk mengakses sebuah situs atau tidak sengaja karena virus atau worm yang bersemayam di dalam komputer.

Jika anda pusing dengan hitung-hitungan pemakaian dan pemakaian sangat penting dan anda bisa hidup dari akses internet, sangat disarankan untuk memakai paket unlimit dari ISP. Beberapa ISP menawarkan paket unlimitnya. Memang sih lebih mahal, tapi anda tidak akan sport jantung dengan tagihan bulanan yang naik turun.

7 thoughts on “Time based vs Volume based

  1. ini memang bikin bingung, tapi bulan lalu akhirnya saya pindah dari volume based ke time based, dihitung2 masih lebih murah, yang time based kelebihannya cuma 1500 per jam, tapi donlot bebas 😀

  2. Pengen juga sih pindah ke time based. Tapi masih menakutkan bagiku. Soalnya sering lupa matiin modem. Kalo modem jalan terus bisa jebol tagihannya nanti. :((
    Selain itu kalo pake time based, ntar gak bisa chating lama2 lagi :((

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *