Sony Alpha A230 DSLR hebat harga hemat

Sony A230
Sony Alpha A230

Kamera Canon Powershot A520 saya sudah cukup uzur. Umurnya sudah 5 tahun, resolusi hanya 3 MP. Ingin dimaksimalkan sepertinya sudah mentok. Saya ingin sekali upgrade kamera ke yang lebih baik. Inginnya sih ke prosumer Panasonic FZ35, yang sudah ada HD videonya, tapi kok nanggung banget. Meskipun sangat bagus dan kualitas top banget, tetapi saya lihat sensor kok kecil ya? Dan saya ingin sekali belajar fotografi lebih dalam.

Akhirnya pilihan saya pada DSLR entry level. Pilihannya:

  • Nikon D3000
  • Canon 1000D
  • Sony Alpha A230

Setelah baca-baca blog kamera gue tentang review kamera DSLR 4 juta-an, akhirnya saya jatuhkan pilihan pada Sony Alpha A230. Mengapa saya pilih Sony?

  • Merk yang tidak lazim, biasanya banyak orang pilih Nikon atau Canon sebagai merk DSLR mereka. Banyak yang bilang Sony hanya bagus di bidang elektronik saja, menurut saya kamera DSLR juga elektronik kan?
  • Harga body dengan dua kit lensa SAL 18-55 mm SAM dan SAL 55-200 mm SAM sama dengan body plus single kit dua kamera lainnya. Jadi sangat murah sekali.
  • Lensa kit dari Sony sangat bagus kualitasnya. Karena saya masih pemula, jadi saya butuh kamera dengan lensa yang sudah ada. Budget saya hanya 4 juta lebih sedikit.
  • Bisa memakai lensa apa pun tanpa Image Stabilizer yang membuat harga lensa semakin mahal.
  • Bisa memakai lensa lama Konica Minolta yang AF, motor di body jadi tanpa motor di lensa, AF bisa jalan.
  • Ada 2 memory, jadi bisa pakai Memory Stick Pro Duo dan SD/SDHC.

Kekurangan dari Sony Alpha A230 ini setelah 2 minggu saya pakai:

  • Accessories untuk Sony mahal dan susah dicari, seperti flash, harus yang original kalau ingin maksimal. Merk lain pakai merk 3rd party di bawah 1 juta sudah lumayan bagus.
  • Kalau dahulu mudah mencari lensa Konica Minolta dengan harga murah dan kondisi bagus, karena pengguna Sony Alpha semakin banyak, mencari lensa Konica Minolta dengan harga mahal dan kondisi bagus juga susah.
  • Jadi bahan ejekan beberapa teman. πŸ™‚

Akhirnya tidak ada di dunia ini yang sempurna dengan harga murah. Tapi untuk belajar tidak apa-apalah Sony A230 merupakan DSLR pertama saya. Saya cukup puas dengan hasilnya meskipun memakai lensa kit.

251 thoughts on “Sony Alpha A230 DSLR hebat harga hemat

    1. Canon juga bagus, harga aksesoris 3rd party cukup murah dan mudah dicari. tetapi body yang too plastic dan harga kit lebih mahal dari A230 membuat saya lebih memilih Sony A230 daripada Canon 1000D

  1. Wah pengalaman yg sama bro, tp waktu aku ada tipe lain yang menggoda Sony A380 pixelnya udah 14.2 Mp kemudian live view, LCD nya bisa rotasi dan udah bisa movie. Selebihnya sama aja dgn A230. Nah saat sy beli harga Sony A 380 ini setara dengan Nikon D3000 dan Canon 1000D smntara A230 harganya 400rb an lebih murah. Tp stelah review sana sini dan pertimbangan penggunaannya maka sy juga akhirnya memilih A230 ini. Knp? selain lebih murah hal yg paling menggoda ya bonus lensa telenya itu. Lumayan loh pas aku tanya kalo beli terpisah tuh lensa harga brp kata penjualnya 2 jutaan lebih. Nah loh kalo aku ngambil yg A380 mesti nambah 2 juta lebih deh buat lensa telenya. Sementara untuk bener-bener puas dlm belajar maupun nyari duit dari fotografi lensa tele mah wajib hehehe. Kalo soal aksesori live view, LCD rotate dan video segala utk buat kesenangan aja. Wong fotografer jaman dulu bisa buat foto hebat tanpa aksesoris2 begituan. Soal Megapixe bagi aku pribadi 10MP sudah sangat lebih dari cukup buat kebutuhan. Apalagi aku basicnya desainer yg udah lama bergaul dgn Photoshop jadi gambar dan warna kualitas bagaimanapun masih bisa dibantu bahkan dibuat lebih bagus dari aslinya. Berani diaduh deh hasil digital imagingnya dengan yang murni fotografer yg pake Nikon ama Canon seri apapun (PeDe mode On ; bukan sombong loh). Kecuali foto anda untuk dibuat Billboard Gede yg butuh resolusi super tinggi atau buat gengsi di depan klien biar harga jasa bisa dimahalin baru dah tuh beli yg Nikon 24 MP yg harganya 80 jutaan ,hahaha Jadi intinya syukurin aja yg ada buat budget segitu. Moga bermanfaat buat yang lain yg lagi bingung nyari kamera dgn budget terbatas…:)

    1. menurut saya tanpa Photoshop pun hasil dari Sony A230 sangat bagus… sangat-sangat tajam.. minusnya di low light susah cari fokus..

  2. Bro.. saya pendatang baru di dunia photo-photo, saya pilih a230 dengan pertimbangan nama besar minolta di dalam casing sony dan dapat 2 unit lens (value-minded haha..)
    Mohon petunjuk bagaimana caranya mengaktifkan 9 titik fokus (masing-masing) agar dapat memilih titik fokus yang diinginkan, terima kasih..!

    1. coba tekan Fn – AF Area – Local, pilih titik fokus yang akan dipilih, pilihannya cuma kanan dan kiri saja.. kalo di pojok kanan bawah harus mencet berkali-kali tombol kanan… ribet kan? beberapa review mengatakan masih bagus A200 dari A230 dalam memilih titik AF karena ada tombol AF yang digunakan untuk memilih titik fokus tanpa harus terlalu jauh ke menunya.. tapi karena A200 discontinue ya terpaksa beli A230… πŸ™

  3. Thanks Bro.. uda dapat n memang ribet.. ya kembali ke kalimat anda “tidak ada di dunia ini yang sempurna dengan harga murah” tapi it’s ok.. photo indoor dengan iso rendah noise-nya cukup halus..

  4. Saya tertarik DSLR keluaran Sony. ‘Best value’ di kelasnya. Kualitas gambarnya seperti gabungan Nikon + Canon. Komunitas Alpharian dot com juga makin ramai. Ngga usah minder, toh sensor Sony dipakai di Nikon juga. πŸ™‚

    1. @Vella: iya di bidang elektronik, tapi di bidang DSLR merupakan produk baru, baru 4 tahun setelah membeli semua aset Konica Minolta.. Jadi masih perlu waktu untuk bisa diterima sebagai kamera DSLR

  5. Bro mk, aku baru beli a230 di toko kamera d salah 1 plz d jkt. Ga dobel lens, cuma 1 aja. Ama filter + tas kamera + anti gores LCD harganya 3,550 juta. Kemahalan ya? Pas ku tanya harga kalo dobel lens, tokonya mau lepas di harga 4,7 juta. Gmn bro mk, kemahalan gak? Perempuan kali yg beli, jd bs ditipu ama penjual. (Bego mode on)

    1. Kalau harga normal sih 3,3 juta ya. Sama filter + tas + antigores 3,5 juta ya segitu lah. Filter seharga 80-100rb, tas merk apa? kalau yang single ya 120rb, antigores 50rb-100rb.

      Kalau yang double kit 4,4 juta. Filter x2 + tas + antigores 4,7 juta juga segitu. Filter 2x 80-100rb, tas buat dua lensa 150-200rb, antigores 50rb-100rb.

      Tapi kalau kena program trade-innya sony dimana kamera digital apa saja dalam kondisi normal dihargai 700rb jika ditrade in DSLR ya kemahalan.

      Oh iya, niat beli Sony atau beli Canon/Nikon ditawari Sony?

      Jangan menyesali lha wong sudah kebeli. Pakai saja, ini pakai sony A230 dan lensa jadul.
      Sony dan lensa minolta jadul

  6. Enggak ko bro, gak nyesel. Aku cuma tanya kemahalan apa enggak. Kalo ga kemahalan, ya alhamdulillah :-). Trus, kalo saya nanti banyak tanya, ga papa kan. Sharing pengetahuan bro itung2. (Ngerayu). Btw, aku dikasih tau ama bbrp temen ku yg ngerti dunia perkameraan, sony a230 itu performa nya d atas nikon d3000 + canon 1000d cuma hrg nya jauh lbh murah, ya krn faktor ke-ngetopan 2 merek itu d pasar kamera. So, pas ku liat a230 spesifikasi bagus a.l iso s/ 3200 n hrg ga nyekek leher maka aku beli ini. No pressure from anybody kok :-). That’s it. Makasih ya bro mk

    1. Tapi jeleknya iso 1600 – 3200 noise-nya banyak… trus suara shutternya paling mantabs.. ceklek klotak… πŸ™‚ Pake lensa2 minolta AF masuk bro….

  7. setuju sama pendapat temen2 semua … sekali pakai @230 … rasanya udh jadi photographer handal pas lihat hasil jepretannya bagus … ga malu2in deh … two thumb buat sony + yg pegang kameranya he he …
    Info : di pasar baru ada yg jual sony 230 sepaket itu 3 juta lho … jadi kalo masih skitar 3,4 lebih bisa ditawar … lupa tapi saya nama tokonya … πŸ˜‰

    1. Bro yoppie, yang di pasar Baru sepaket 3jt, dlm paketnya dpt apa aja? trus nama tokonya apa ya? baru atau sedcond om?
      mksh

  8. Mas MK.. mau tanya nih.. kalo digcam (pocket camera) yang CUKUP bagus dan memiliki BEBERAPA fitur yg ada pada DSLR apa ya??

    Ada nggak digcam yg memiliki fitur AF? (atau fitur apa gituh yang kayak DSLR, yg fokus-nya bisa dipilih dan lainnya pada blur gitu)

    makasih..

    1. Canon seri Powershot, tapi gak bisa seperti gambar di atas. masalahnya sensor dan lensa lebih kecil daripada DSLR. Biasanya bikin gambar bokeh pada pocket digicam pakai focal length terpanjang, pilih mode Av (pada canon) atau A pada digicam lainnya, lalu setting f paling kecil, biasanya agak goyang kalau cahaya minim shutter speed lambat. Flash jangan dipakai dulu.

  9. Teman2 yg baik termasuk MK pemilik blog tentunya. Aku mau tanya dong. Wkt aku beli alpha 230 kan cuma 1 lens aja ga pake yg tele juga. Nah skrg aku mau beli lensa tambahan third party. Aku senangnya foto outdoor, lansekap, panorama gitu deh. Pasti kan yg kubutuhkan lensa wide ya.
    Teman2 ada info, lensa apa yg harus aku beli u/ keinginan aku itu? Merek apa? N kalo bs sih budgetnya sekitar 2 juta-an aja. hehehe, ada gak ya? Mohon pencerahan n jawaban. Trims bgt.

    1. @wardhani: coba ke alpharian.com saja deh, di sana lengkap ada jual beli juga
      @yohan: biasanya sih kalo gak nois ya ISO jangan tinggi-tinggi maksimal 800 masih bisa diterima. tetapi shutter speed akan lambat sekali sehingga harus menggunakan tripod.. Tapi, kalau terpaksa gunakanlah flash..

  10. maaf saya minta petunjuk pada senior, saya baru beli sony a230, gimana cara motret malam agar hasilnya bagus…..n gk nois

  11. salam kenal, saya br mau belajar foto neh, mau sharing n tanya2 mas.., tadi saya baru aja nanya sony dslr a230 seharga 4.8jt disolo baru aja., dapet lensa 2, filter lens, memori 8gb, tas sony, sama tripod..kemahalan gak ya?coz aku juga takut ketipu,,tdnya mau beli canon tp malah ditawari sony gitu. . .thanks

    1. kamera sony double kits harga normal 4.3 juta, tas sony 150rb, filter 100rb x 2, memory 8 GB 150rb, tripot 150rb.. tapi kalo tokonya minta ktp harus sedikit diwaspadai.. hehehehe… sebab dia untung 300rb-an… Gak apa-apa, nikmati suara shutternya sony.. Join di http://alpharian.com yuk!

  12. Mas MK,, sy dgr ketahanan baterai sony msh kurang ya?? bnr gk tuh?? Mas MK ,, sekalian donk ksh link dimana sy bs bli online sony a230… Sy sdh buka alpharian.com tp koq gk ad ya??? Mhn pencerahannya.. ^_^

  13. udah beli, udah jadi alpharian..hehehe..tp masi bingung jg..trus mas ku bingung ne disuruh nyari flashnya, katanya 1 jt an,,yg imitasi gak ada ya yg cocok buat a230??.btw bener jg kayaknya batrainya cepet habis ya mas??tp overall 2 thumbs deh buat alpha sony, sangarrr..

    1. batere selama gak jarang dipakai buat preview di LCD, cukup irit.. saya biasanya sekitar 300-an foto..
      Untuk flash yang kompatibel ADI/TTLnya harganya mulai 1,5 juta-an.. tapi bisa pakai minolta, tapi harus manual semua settingannya
      Di forum jual beli alpharian ada kok yang jual.. stay tune di sana..

    1. oh iya, harga 1.5 jt-an itu Sunpak PZ42X, itu bukan merk Sony, tapi merk 3rd party… ADInya jalan, bisa geleng dan angguk, tapi gak bisa wireless dan HSS, maksimal shutter speed cuma 1/160s saja.. kalo di beberapa toko mungkin harganya sampai 2 jutaan.. coba di alpharian link yang saya kasih di atas harganya 1.5 juta-an..

      Tapi kalau mau minolta yang bisa wireless dan HSS, ADI jalan coba cari 5600 HS(D), tapi nyarinya luar biasa susah.. harga cukup murah 2 juta lebih dikit..

      Atau cari HVL42 2nd di forum jual beli alpharian cukup murah.. tapi ingat kalau beli di sana sebaiknya COD, kalau gak bisa COD gunakan rekening bersama di sana untuk keamanan saja..

  14. Wah Kawan2ku… Salam JEPRETTTTTT……
    Sony alpha memang selalu di no 3 kan di antara pesaing2nya Nikon D3000 dan Canon D1000, Tapi ga perlu khawatir….
    saya sebagai pecinta Photography, bisa di bilang sangat jarang untuk mencetak hasil2 jepretan… intinya apapun KAMERAnya, yang penting Imaginasinya untuk membiarkan hasil jepretan kita bisa memberikan pesan…..

    Photography bukan berarti mahal, tapi yang mahal ide ide dan imaginasi kita….

    Setuju….

    SALAM JEPRETTTTTTTTT..

    1. sepertinya jangan ke mangga 2 deh.. di beberapa forum sudah 3 orang kena mark up harga A230 terlalu tinggi.. di pasar baru atau lainnya, mungkin pembaca dari jakarta yang tahu harga Sony A230 yang murah?

  15. Apapun kameranya, katanya sulistyo sidhi adalah hasil akhir, semuanya pendukung kalau namanya elektronik ada umur dan ada kegagalannya.

    yang penting apik

  16. lam kenal. posisi sy di denpasar bali. ko sy baca coment harganya murah ya.
    saya lihat di counter sony-nya, dg harga 4,75 jt. ga dpt accesoris apa2. cuma asli bawaan dr sony aja. mahal bgt ya?

  17. bro, mw tny y…
    ni temen ada yg jual 2nd a230+kit cm 2,3jt…
    blm liat sih brgnya,,, tp katanya kondisi normal…
    dpt bonus tas, memory 4Gb,…

    kira2 wajar g tu? mohon saran… (ane lg cari soalnya…)

    1. @dtompz: single kit ya? cek dulu kelengkapannya dan fungsinya, body, batere, lensa, charger.. harga segitu murah.. tapi mending lihat sendiri barangnya deh…

      @Tricucha: baca manual booknya :p, trus join ke http://alpharian.com

  18. Mas2 para Begawan Photografer…
    Nupang nanya..Saya baru beli dan baru mau dibuka n Sony alphanya dari dos..apa aja sih yg musti harus sy perhatikan sebelum dipakai n A 230 nya..tks

  19. A230 discontinue kah? Soalnya sy cari di bbrp toko recommended pada kosong semua, ada yg ada sih tp harganya ga bersahabat.
    Mohon info toko yang msh ada stock dan harga nya miring πŸ˜‰

    1. Sepertinya harga kemarin yang miring untuk menghabiskan stok.. Sony sudah meluncurkan Alpha A290 yang beda gripnya, tapi harganya lebih mahal 800rb-1jutaan..

  20. Iya sepertinya, toko yang masih ada stock jadi naikin harga. A330 sepertinya jg discontinue, jd ga ada pilihan slr murmer buat beginner deh

    1. barang 2nd masih bagus ada kok di alpharian.. tapi ingat COD kalau belum pernah kenal.. πŸ˜€
      A330 baru ada di sentra, harganya sih = double kit A230

    1. kemahalan gan… single kit +tas+filter+memory gak sampe 4 juta… toko tersebut sadis banget mark up harganya! 4.7 juta pantasnya A330 + tas +filter+memory. Tapi kalau sudah telanjur beli ya sayangi apa yang sudah dibeli. Pakai buat nyari duit, biar gak terlalu sakit hati.

  21. iya ihh… bego bgt deh akunya…
    mau tanya nih.. kl ak mw beli lensa tambahan kira2 lensa yg ap y? mklm br pemula,blm bgitu paham soal fotografi.. hehe:)
    jadi mohon bantuannya..

    1. Tergantung kebutuhan.. Explore dulu lens kitnya bisa apa lens kit itu.. Jangan terlalu lapar mata ingin ini itu dulu yang penting kuasai gear anda dulu. Baru belanja, oh iya sebelum membeli lensa sering-sering baca review di http://dyxum.com lensa-lensa lama keluaran minolta atau 3rd party A mount

      kalau sudah mentok mahir pingin lebih tele beli lensa tele.. Sony 55-200 SAM cukup bagus.. kalo cari baru kemahalan cari di forum alpharian, banyak yang jual 2nd tapi harga murah.. atau mau cari minolta ‘beercan’ 70-210 f/4?

      Kalau sering foto potrait, cari lensa fix. Bisa pakai minolta 50 mm f/1.7 atau Sony SAL DT 50 mm f/1.8 SAM.. mantabs-mantabs tuh hasilnya..

      Kalo sering foto makro, coba cari lensa fix macro. Bisa pakai minolta 50 mm f/2.8 macro atau Sony SAL 50 mm f/2.8..

      Flash external juga perlu kalau mau diajak buat foto acara yang minim cahaya dan diijinkan untuk menggunakan flash. Coba cari minolta 5600 HS(D) 2nd, HVL42, atau HVL58.

      Tapi ingat, harus dilihat kondisi kantong dan kemampuan anda menggunakan gear ini. Jangan nanti saya yang disalahkan sudah beli lensa mahal-mahal, flash mahal-mahal tapi hasil fotonya jelek. πŸ™‚ Pahami dulu dasar-dasar fotografi seperti fokus, diafragma, metering, pencahayaan, shutter speed, Depth of Field dan lain-lain. Semuanya bisa dipelajari dengan kamera A230 dan lensa kitnya plus rajin membaca bukunya. Kalau sudah mentok silakan ke forum alpharian. Baca-baca di sana. Kalau tidak ada silakan tanya di sana. Kalau tanya saya, mungkin saya jawab sebisanya, maklum saya juga masih baru di bidang DSLR πŸ™‚

  22. saya baru beli a230 diambas jkt,dgn tas,anti gores,filter yg medium,kira-kira kemahalan ga ya mas?saya beli 4,1jt dgn semua aksesoris itu,kameranya sendiri harga 3,6jt

    1. iya.. sedikit kemahalan.. hehehehe.. tapi gak apa2 lah…. barang bagus kok, banyak yang nyari baru tapi stok tidak ada.. Jadinya stok sisa dijual mahal.. πŸ™‚

      1. wahhh…
        jadi itu termasuk mahal ya??
        itu pasti yg single kit ya
        saya masih DP td seh, bsk baru ngambil brgnya
        apa saya ganti ke nikon aja ya??
        soalnya td nya saya emang pengen nikon tp di jelasin soal sony agak tertarik…

    1. A330 lebih bagus, LCD bisa ditekak tekuk dan bisa live view. Live View pada Sony sangat bagus, AF cepat. Mengenai harga lebih mahal A330 kit sekitar 1juta-1,2 juta dari A230. Sensor sama dengan punya A230 dan Nikon D3000. D3000 pakai sensornya Sony, tidak punya motor di body, harus beli lensa yang ada motornya yang harganya mahal-mahal. Tapi Nikon D3000 tidak jelek kok. Cukup bagus.

  23. Akhirnya dapet jg a230 yg harga bagus, double kit, 2filter, san disk 8gb, tas dan anti gores harga di 4,6 πŸ˜‰ body nya aja 4jt

  24. Mas, saya mau beli Sony a230 ni, ada yg tau tempat beli a230 murah di jakarta ga? Kalo tau tolong nama toko dan alamat detilnya ya… Thx

    1. Gak bisa bro.. harus pakai viewfinder.. Yang bisa pakai layar LCD mulai A3xx/A4xx/A5xx sama seri SLT dan NEX lainnya harus ngintip semua..

  25. Aq baru pake A230 cuman 2 minggu… Setelah join alpharian.com terlebih dahulu utk cari2 info, akhirnya gw mantab beli ni DSLR, yg pertama bwt gw dan didukung tmn2 komunitas (online n offline). Abis liat2 hasil foto di forum, ternyata hasil foto dari SONY ga kalah mentereng! The most important is the man behind the camera! Sementara gw maksimalkan lens kit dulu (jujur duit pas2an)… Insyaallah bs menjadi fotografer handal… Semua berawal dari niat baik bersama A230. Sukses bwt pemilik blog serta pembaca sekalian. Salam alpha! ;p

    1. mantab bro.. awas kena racun di alpharian.com.. hehehe… saya juga survey A230 sejak setahun yang lalu… maunya sih A200, tapi discontinue, terpaksa pakai A230.. hehehe.. tapi bagus kok, sekarang jadi barang langka.. πŸ˜€

  26. Emang keren abis utk entry level πŸ™‚
    Kasian org2 skrg pada nyari stok susah banget! (Krn uda drop jauh harganya). Untung gw uda ambil duluan… Sapa tau ntar jadi fotogragfer pro n bisa beli lagi yg level lebih tinggi πŸ™‚

  27. Setuju brow..
    Kmaren jg sempat mikir beli a330/d3000/1000d

    Tpi setelah review n mencoba a230 ternyata bagus jg,,n pixelx lebih tinggi 0,1 mpx dari 1000d

  28. Aku dah punya dari tahun 2009, masih mahal..hehehe tapi karena jarang di pake jadi ga pinter2 ma tuh kamera. Baca obrolan di sini jadi semangat buat belajar dan ga minder sama temen yang nenteng DLSR merek lain..hehe

  29. gw sangat teratrik dgn sony a230, tp masih sangatΒ² pemula, yang ingin saya tanyakan d sini…
    1.apakah d sony a230 bisa foto hitam putih..???gmn caranya
    2.kalau untuk foto sunset apakah musti dgn filter???(kata teman sih jgn terlalu sering foto sunset, karna bisa berakibat buruk sama lensa)
    3.bisa jelasin ngak hasil detail dari menuΒ² a230…

    Terima kasih sebelumnya untuk infonya…

    1. sama saja, cuma beda casing. Tapi grip A290 lebih mantab dari A230. 3,85 juta sekarang memang segitu lah. A230 sudah susah dicari, A290 sudah lebih turun harganya

  30. saya td baru dari toko kamera di Bjm ..rencana mo beli Sony A 380 Garansi resmi …Rp.5,5 jt ..bonus filter marumi + anti gores + SD 8 Gb + tas Sony single ….pantas ya harga segitu . Kemudian saya lihat di camzone harganya cm 4 jt (grs toko) tanpa bonus …di camera.co.id garansi resmi 4,6 jt tanpa bonus jg ….mohon gan advisnya .

    1. filter marumi 100rb, antigores 100rb, SD 8 GB 150rb, tas Rp 150rb. silakan dinilai kemahalan apa tidak jika dibanding dengan camera.co.id ditambah harga yang saya beri. Harga yang saya tulis sudah saya tambahi 10rb-25rb

  31. makasih banget gan info harga nya , td saya mo dikasih filter marumi yg seharga 400rb…sayang saya lupa tipenya , emang ada ya gan filter harganya segitu ..klo dipikir ya ga seberapa mahal klo saya ambil di camera.co.id (posisi saya di Banjarmasin kan kena ongkir lagi nanti)..saya jg pemula juga gan selama ini pake Fuji Pinefix S200 EXR ..pengin coba ber Dlsr di umur setengah abab ni ..ga ketua an kan gan hehehehehe….

    1. Kalo filter marumi DHG memang sekitar 300rb-an, tapi kalo cuma UV Haze ya <100rb-an.. ongkos kirim paling mahal cuma 100rb sudah packing kayu, tapi lebih enak sih bisa megang-megang langsung sebelum membayarnya :). Mending coba kalo tanpa bonus berapa nanti bisa dilihat harga aslinya.
      Tidak ada kata terlambat untuk berDSLR ria.. hehehehehe… silakan join di forum http://alpharian.com nanti bisa baca-baca dulu, kalau sudah mentok bisa tanya-tanya di sana. Warga alpharian baik-baik kok.

  32. charger sony a230 sy rusak kira2 brapa ya harga chargernya? n ngedapetinnya d mana ? mohon info…

    #mk: kurang tahu mas, tapi harganya gak sampe 200rb.. itu imitasi lho ya. kalo ori ya mahal..

  33. saya rada awam ni mas.. kurang ngerti, lagi cari2 informasi mau beli..
    kalau di bandingkan sama canon 1000d, kekurangan dan kelebihannya yg paling jelas terlihat apa ya mas…????
    mhn di reply.. kalau bisa lebih rinci.. hhihihih

  34. wah… koq sepi nih blognya???
    Mas,, sy yg tmpo hari nanya dimna bli sony a230.. Akhirnya dpt jg..
    Sy beli 3.8 jt mas… di ksh memori 4giga, filter kenko, tripod wf a330, tas nikon (bkn sony),,cardreader, flash merk sunpak PZ42X.. smua seken mas… Br pake sebulan.. dan kayaknya msh gress smua stelah di coba… Smua lengkap..
    Gk kemahalan kan mas MK???

  35. mas, aku tertarik nih ama dslr, pengennya sih mau beli sony a290.. tp rada2 bingung coz tmen2 yg udah bergelut di dunia photograph malah nyaranin beli canon 1000d. kalo dari budget cuma cukup buat dua kamera itu doank. bisa kasih sarannya gak mas ?

    1. Karena harga hampir setara, saya lebih obyektif saja meskipun saya memakai sony Alpha A230. Sebab dulu harganya hanya 4 juta lebih sedikit sudah dapat double kit lens
      Canon 1000D
      kelebihan:

      • Aksesoris 3rd party banyak seperti lensa, flash, vertical grip dan lain-lain
      • sensor CMOS low noise di high ISO
      • Komunitas banyak
      • Harga jual kembali masih lumayan tinggi
      • Ada liveview meskipun masih kalah dengan liveview dari Sony A330

      Kekurangan:

      • Hasil gambar soft dengan memakai lensa kit bawaannya
      • Butuh lensa yang ada Image stabilizernya plus ada motor AF, di body tidak ada Image stabilizer dan motor AF
      • Resolusi hanya 10 MP
      • Sudah cukup lama beredar dan tidak ada keluar baru.

      Sony Alpha A290
      kelebihan

      • Lensa kitnya sudah sangat tajam, detail lebih keluar
      • Body sudah ada image stabilizer dan motor AF. Jadi pakai lensa A-mount apa saja mulai dari minolta AF, Sony SAL, sampai Carl Zeiss for Sony dijamin masuk dan lancar AFnya
      • resolusi 14MP, tapi anda butuh resolusi besar gak ya?
      • Sensor CCD warna sangat keluar
      • Model baru keluar tahun 2010 ini

      Kekurangan

      • Hanya ganti body dari A230 serta tambah resolusi saja, tidak ada perubahan fitur berarti seperti mengembalikan tombol AEL yang hilang dari A200
      • Sensor CCD high noise pada high ISO, padahal sensor yang sama dipakai pada Nikon D3000 yang ternyata low noise
      • Tidak ada verical grip/battery grip dari Sony
      • tidak ada liveview
      • Aksesoris 3rd party masih sedikit tapi mulai banyak
      • Komunitas masih belum banyak tapi sangat solid alpharian salah satunya
      • Harga jual kembali lebih jatuh dari Canon/Nikon

      Silakan saja dipikirkan dan dicari reviewnya dengan matang2. Jangan sampai menyesal. Kalau ingin tahu tentang Sony alpha meskipun tidak ingin membelinya, silakan join ke forum alpharian

  36. wahh… saya beli a230 awal oktober dg body + kit 18-55 + tas single, cuma sharga 2,9jt pas. belinya pas pameran kompi di jgj. byk yg ngejek sih temen2. tapi pas liat hasilnya…woooowwww…. tajam om lensa kitnya. ccd nya jg g mslh, warna keluar. salut dah buat sony yg berani jual teknologi tinggi dgn harga murah. skarang dah naik ya harga nya. salam alpharian om…..

    1. Om bymo harga 2.9jt itu baru atau second?
      temen saya ada yg jual 2.5jt kira2 gmn ya? saya sudah liat hasil pictny manteb bgt, lbh bgs dr pd nikon atau canon 1000D mnurut saya lho. hehe

      om MK, saya msh pemula neh, dan interest bgt buat blajar photography, hehe. kira2 A230 pas ga ya? dan ada tips2 untuk milih DSLR yg bgs ga? beli baru atau second..
      info : temen saya ad yg nawarin Sony A230 2.5 juta, smwny msh complete.. dia mau upgrade ke sony jg, mksh..

  37. halooo bro mk, saya lagi nih. singkat cerita saya udah belajarrr fotografi pake alpha 230 saya. trus karena minat saya ke fotografi pemandangan (wide) out door saya mau nambah lensa yg kata orang2 lensa sapu jagat. soalnya saya sering traveling biar ga ribet katanya suruh beli lensa sapu jagat ini.

    pertanyaan saya, apakah lensa 18-200 mm dengan lensa 18-250 mm beda hasil gambarnya jauh banget kah kualitasnya?

    saya tanya ini karena kok walau cuma beda 50 mm, harga nya beda nya jauh banget ya. lensa sony 18-250 mm (di website sony) Rp6,5 juta. sedangkan yg 18-200 mm harganya Rp5,9 juta. — beda 600 ribu tuh.

    so, mana yg harus kuambil? apakah yg 18-200 mm atau sekalian saja yg 18-250 mm walau harus lebih mahal 600 ribu? mohon pencerahannya bro MK yg baik ya…

  38. Sumpah Gan, Sama ceritani sama ane.

    ane juga pas itu mau beli
    Nikon D3000
    Canon 1000D
    dan Sonya230

    Dan pas ane beli Sony A230, cerita antum Mantab dah, sama seperti ane. Thx

    Dan juga antum harus tau, A230 walaupun memang kalah dibandingkan Nikon dan Canon yang sudah meraja lela. Untuk Pemula seperti kita nih. Mendingan Pake Sony.. Kenapa?

    SOny udah dapet 2 Lensa, kalo kita beli yang tele, ATau externalx pun udah berapa juta tuh.

    Terus, untuk pewarnaan. Sony lebih bagus dibanding Canon, tapi sebanding dengan Nikon.
    Juga, Sony memiliki fitur fitur yang modern. Yang mudah dan dibutuhkan untuk Fotografer pemula kaya kita xD

    Nice WEB

    1. Nikon D3000 sensornya sama dengan sensor di A230/A330, tapi anehnya hasilnya lebih low noise D3000. Nikon telah mengoptimalkan firmware pada jajaran kameranya. Sony masih lemah di noise..

  39. Bung MK …saya koq tdk melihat ada green frames ketika fokus telah dikonfirmasi (mata saya plus 200) yg ada hanya titik-titik merah.
    Klo kita menggunakan Manual Fokus apa yg jd petunjuk kita klo objek telah fokus.Saya sedikit terganggu dgn viewfinder A380,letaknya terlalu kedalam ,terhalang oleh LCD liveview. Pengalaman saya dulu pakai kamera jadul klo manual fokus kan ada bulatan bergaris atau dua bayangan dijadikan satu.Saya lagi cari kamera peninggalan ortu Minolta , seingat saya ada lensa kit trus dua lensa , yg dapat baru tripod VIVO made Japan dibeli pd thn 80 kebawah ..tp masih bagus.

  40. om MK, saya msh pemula neh, dan interest bgt buat blajar photography, hehe. kira2 A230 pas ga ya? dan ada tips2 untuk milih DSLR yg bgs ga? beli baru atau second..
    info : temen saya ad yg nawarin Sony A230 2.5 juta, smwny msh complete.. dia mau upgrade ke sony jg, mksh..

    1. 2.5juta memang pasaran 2ndnya segitu kalo lengkap sekarang… kelengkapan, kamera, lensa 18-55, batere dengan chargernya, dus, buku, tali2. kalo ditambah memory 4 GB dan filter mantap juga..

  41. “info : temen saya ad yg nawarin Sony A230 2.5 juta, smwny msh complete.. dia mau upgrade ke sony jg, mksh..”

    saya pengen bayarin. kira2 kemahalan ga ya? trus apa aja yang hrs saya check kelengkapannya?

    mksh. =)

  42. mas saya mau tanya nihh..

    saya ditawarin kamera sony 230 trus dia mau jual sepaket sama lensa tamron 70-300 trus flash yn 463, memmory 4g sandisk ultra, sama filter2 lensa trus ada tas2ny gitu juga dehh…

    nahh dia nawarin harag 3,8juta menurut mas MK murah ga segitu…
    makasih…

    1. murah, tapi dicek dulu apa semuanya masih berfungsi dengan baik. Cek lensa apakah ada jamur dan teman2nya. Shutter count gak bisa dicek di sony alpha/konica minolta. Tapi biasanya kalau bukan fotografer profesional shutter count gak sampe 10rb, dilihat dari munculnya Sony A230 pada sept 2009.

  43. mohon maaf jika bung MK tak berkenan, saya posting hal ini di website anda. hanya memberi tahu bung abdel dan rekan2 yg berminat.

    dijual:

    sony alpha 230. baru dibeli tanggal 7 oktober 2010. lensa bawaan kit 18-55mm. lengkap filter, tas kamera, sudah dipasang anti gores di Lcd-nya. semua kamera itu dalam keadaan lengkap, termasuk dus, buku, dll. dijual beserta lensa tamron 18-200mm yg juga baru dibeli pada 3 desember 2010. di lensa tamron itu juga ada filter dan lens hood-nya.

    dijual semuanya dengan harga 5 juta rupiah, bisa nego tipis. dan jika berminat, silakan diambil di kantor saya di jakarta. sistem pembayaran cash on delivery (ada uang ada barang). kondisi semua barang, amat sangat baik. jujur, tidak menipu. dijual karena sang pemilik butuh uang mendadak dan lbh sering memakai kamera poket.

    jika berminat hubungi saya. langsung saja ke email: bintang1280@gmail.com

    terima kasih bung MK. maaf sekali lagi maaf jika tak berkenan dgn posting ini.

    1. Mohon yang berminat menghubungi email di atas, segala hal yang terjadi bukan tanggung jawab pemilik blog ini. Dan mohon buat mas bintang juga pasang iklan di alpharian.com atau kaskus.us

  44. Sony di dunia camera emang blum lagi nge trend, Jadi Sony pu sadar betul dengan posisinya di dunia camera, makanya dia ga bisa taro harga di level yang sama dgn Canon atau Nikon. Tapi soal kualitas, rasanya perlu di pertimbangkan juga karena bagaimanapun Sony Camera akan mempertaruhkan nama Sony. Tul ga??

    Semoga happy dengan Sony barunya…..bravo

  45. Ane mau beli a230 2nd dengan harga 3.350jt plus bonus uv filter,screen guard,8gb mmc,tripod exell moto,pembelian oktober 2010,gimana menurut kalian..??worth it gag..??

  46. HIDUP a 230,kameramen batalyon kayak saya aja pake a230,semboyanku ” KAMERAKU LAH YANG PALING BAGUS ” KAMERA INI TIDAK BERARTI TANPA AKU,AKU TIDAK BERARTI TANPA KAMERA INI ” MERDEKA < . . . . SONY . . . .!!!!!

  47. Saya baru tertarik dengan dunia fotografi tapi uang pas-pasan cuma ada 4juta. Kira-kira antara canon 1000d, sony alpha a290 dan sony alpha a290 lebih bagus mana untuk hasil gambarnya??

      1. saya juga baru beli a290 desember kemaren.
        belinya juga dadakan, padahal niatnya beli canon 1000D.

        tapi waktu itu dibilangnya harga a290 lebih mahal dibandingin canon 1000D, bener ga tuh? tapi setelah dibandingin hasil fotonya ternyata lebih bagus sony..

        oh iya, berarti sony a290 itu bisa dipakein sama lensa manual gitu ya? berniat beli lensa fish eye juga ni, tapi untuk sony kok mahal banget ya?

  48. lagi bingung mau beli yang kamera yang mana,kemaren2 tertarik sama canon 500d tp setelah baca2 di sini pupus rencana beli canon, rencana beli dengan anggaran di bawah 5 jt, kira aku bs dapat apa tipe apa dan asesoris apa aja dengan anggaran segitu trs aku juga masi awam dengan dunia photografi

    mohon sarannya

    1. beli online kan bisa.. Maaf saya gak pernah ke Banda Aceh.. dan Sony A230 sudah diganti A290 yang harganya lebih mahal 1 juta

  49. ane juga alpharian gan…
    pd adjah lagi…
    yang penting bukan gearnya, tapi sapa yang ada di balik gear itu.
    hehehheheheeee

  50. hhheemmmtt . . . bulan lalu saya beli SONY DSLR dengan LENSA TAMRON AF 70 – 300mm dan hasil potret an nya sangad lah bagus πŸ˜€ , jadi serasa propesional photogfaph πŸ™‚ , nahhh . . . cuma benar memang sedikit susah cari aksesoris nya , harus original buad hasil maksimal πŸ˜€ , .

    1. hiya, lebih mantab A200. A230 banyak tombol yang dimasukkan ke menu. Trus tombol AEL dihilangkan. Jadi gak bisa ngunci exprosure, misal kita ngambil exprosure ke langit. Trus gripnya mantab A200, kalo A230 kekecilan, disamping itu A230 tidak ada Vertical Gripnya.

  51. wah….a230 sudah hilang dipasaran yach???padahal mo beli T_T
    kasih inpo tempat dunk yang tahu daerah surabaya…buat beli kamera yang budgetnya 4 jtan…
    tqu ^^

  52. susah beli mas…a290….mantep…harganya g mahal2 amat kok…harga alpharian nie…4.100.000
    cuma emang g ada lensa tambahan…cuma bawaan aja alias kit…tapi mantep kok…tinggal kumpulin uang buat beli lensa ^^

  53. aku mau berbagi ni, hari ini aku baru menang lomba juara 3 fotografi antar sekolah πŸ˜€ jadi makin semangat ni buat terus belajar tentang fotografi pake a230. dan aku lagi niat banget pengen beli tele, nah masih bingung mau beli yg kaya gimana dan yg bagus yg mana, masalahnya aku juga masih pemula. terus bisa ga ya beli batre cadangan gitu di toko resminya sony? mohon bantuan kaka” πŸ˜€

      1. mas…mo nanya..blog khusus pengguna sony alamat blognya apa ya..kbetulan aq pegang A230 cuman selama ini otodidak..hasilnya cukup lumayan keren walau saat aq pegang kamera itu banyak yg mencibir..tp cuek aja coz aq pengen pake kamera yg spt itu tp dgn hasil maximal..mohon infonya ya mas…kalo boleh minta alamat email or FB dunk…tx b4

  54. mas mau tanya kmrn setelah survey2 barang dan harga pilihan mengerucut ke alpha 290 harganya 4.350 sm cannon 1000d 4.300 uda lengkap tas, filter,anti gores, memory 4gb. Kira2 kemahalan ga? terus buat newbie ky saya mending yg mana ya? nuhunnn πŸ™‚

    1. harga a290 di surabaya 4.100.000
      saya sudah beli…cuma emang g lengkap…total semuanya 4.590.000
      harga 4.100.000 itu harga alpharian…
      kalau bukan harga alpharian itu sekitar 4.800.000

  55. sebagai tambahan aja, saya juga pemula,,,menurut saya segala produk ada kelebihan dan ada kekurangannya, untuk sony, memang sudah sangat baik terbukti melalui riset, sony melepas SLT. masalah teknis dengan fitur yg didapat kalau dibandingkan dengan harga saya rasa memang pantas di beli,tentunya sesuai kebutuhan. saya pengguna a450 dengan setingan yang tepat dan terutama penggunaan lensa cepat, saya gunakan lensa fujinon m42 50m/f1.4 + mount adpt (total harga dibawah 450rb) untuk hasil akhir terlebih setelah di crop 100% bisa dibandingkan dengan type kamera “2digit” yang harganya diatas 8jt untuk body. mohon maaf untuk contoh foto belum dapat di upload. salam alpha….

  56. saya pakai alpha 390 hasilnya bagus kok.pernah pegang d1000. semua tergantung penggunaan ada plus minusnya.intinya memajukan dunia fotografer.maju fotografer indonesia

  57. perkenalkan, ane Hendy dri Sidoarjo.
    ane bru beli a230 BO, kit 20-55mm, + lensa uv. masih garansi 3 bln lgi dan pemakaian skitar 16** sc dgn hrg 2.9.
    ane ga mw bahas itu kemahalan ato tdk cz nnt bakal bkin ane jdi kepikiran. hehehe
    overall, ane ingin sdkit sharing.
    kamera ini yahud. cocok bgt bwt pemula kyak ane.
    hasilnya keren. tp ane belum nyoba di pagi hari/sore hari.
    biasanya paling sering ane nyobanya malam coz hnya wktu itu ane senggang. maklum kejar setoran. hehehe.
    semoga agan/aganwati berkenan membaca tulisan ane.
    akhir kata ane hanya ingin nyapa aj di forum ini. brg kali bisa nmbah temen.

    Maju terus alpharian!!!

      1. tuh kn? jdi kepikiran.
        hehehe. btw thx infony.
        tetapi ane dpt bon pembeliannya.
        di situ tertera 3,9 pembelian Juni 2010 klo ga salah.
        (ane lupa cz ad di dusbox. ane skr di kantor)

  58. @hendybayu: Di Sentra Digital. saya beli double kit cuma 4,1 juta. lensa tele 55-200SAM mantab. Join di alpharian.com deh, dapat ilmu banyak di sana.

  59. misi abang2 sekalian
    mau minta saran nih, sy nubie bgt sm dslr pengen beli yg sony alpha budget 4jt yg cocok apa ya? makasi πŸ™‚

  60. Om, numpang gabung.
    saya minat sekali sama alpha 230.
    kalo ada yang bersedia lego tolong hub sy ya.
    yang penting :
    – masih mulus > 95%
    – lensa no fog, no jamur
    – ada memory
    – ada tas
    – masih fungsi semua

  61. kenalkan bro, sy anto, sy pemula dibidang photografy, sy dh beli kmera sony alfa 230, mau tanya apakah kelemahan dn kelebihan kamera a 230 tsb, apakaha hasil pmotretan nya bsa sbanding kmera nikon dn canon yg sekelasnya, thanks, soalnya sya beli kmera a230 krena bjet pas2psan ja.. ok thakns

    1. kelemahan:
      – ISO tinggi banyak noise
      – tidak ada tombol AEL
      – grip kecil
      – tidak ada vertical grip
      – tidak ada video
      – tidak bisa liveview
      kelebihan:
      – motor AF di body jadi pake lensa minolta AF lawas yang murah2 bisa lancar
      – anti shake di body sama di atas
      – lensa kit cukup tajam

      yang setara:
      – nikon D3000
      – canon 1000D

      pilihan cukup bijak untuk belajar fotografi pemula. Join di alpharian.com, tapi saat ini website sedang maintenance.

  62. bro, dikamera sony a 230 apakah, kesesuaian warna di LCD kmera bisa diatur menurut kehendak kita, atau emang sudah otomatis gk bisa di atur lagi, klau bisa gmna caranya, soalnya di kamera temen sy merk nikon D40, waktu ak bandingkan hasil warnanya kok lebih cerah merk nikon D40, apa emg bawaan dari kamera sony a230 bgitu atau bisa diatur lagi, thanks,,,,

    1. warna gak bisa diatur, tapi cuma kontras saja. LCD kamera cuma preview, jadi gak bisa dijadikan patokan hasil, yang bisa dijadikan patokan yaitu pembacaan histogramnya.

  63. Pingback: Sony Alpha A230 DSLR hebat harga hemat | caching proxy|anonymous browsing
  64. Waaaah jadi pengen! Sekarang udah jarang banget ya? Mau nanya dong.. Boleh nggak kalo udah beli se-paket sony a230 gausah beli aksesorisnya lagi? Ngefek ga? Kalo rusak gimana servicenya kemana? Sekarang lagi nabung, kira2 beberapa bulan kedepan belinya…. Kira2 gimana?

  65. slam jumpa lgi bro,,sy mw tanya, kmarin sy da job photo,, waktu dilokasi ak liat di LCD kmera, hasilnya ckup terang photonya,, trus waktu ak pulg ak liat dkmputer kok hasil photonya kurang terang ya bro,,,apa kesalhan sya,,,thanks,, skalian kcih solusinya bro,, mkcih

  66. salam kenal…baru bergabung ama dunia foto…
    gmn menggunakan sony 230…..aku punya tp msh blm paham cara2 menggunakan. cuma sekedar foto biasa aja, tlg donk menu2nya….gmn..

    1. baca dulu buku manualnya mbak. kamera ajib dengan harga murah. Sekarang ganti ke A300, sebab saya butuh lebih banyak tombol dan liveviewnya.

      1. trs kalo mau beli lensa tambahaan yg bgmn bung MK.??? harganya berapa.???
        maklum saya kurang begitu tau tentang dslr.. hehehehe

        1. tergantung kebutuhan mas bro.
          – kalo kurang jauh, silakan cari tele-zoom, kalo budget terbatas bisa ambil sony 55-200, sony/minolta 75-300. Harga mulai 1 juta-2 juta kecuali minolta 75-300 generasi awal (big beercan) harganya 2 juta lebih. Tapi saran saya mending beli sony 55-200 2nd di alpharian.com, harga mulai 1,2 juta-1,5 juta. cukup murah untuk hasil yang sangat luar biasa.
          – kalo sering foto orang/potrait bisa ambil lensa fix 50 mm/35 mm. harga di alpharian, baru untuk SAL 50/1.8 mulai 1,2 juta.
          – kalo lensa wide masih mahal, di atas 3 juta-an. apalagi lensa Sony G atau yang ada logo birunya (Carl-Zeiss) bahkan ada yang sampai belasan juta. silakan dipilih sesuai dengan keperluan dan kondisi kantong.

          Oh iya kalau nyari Flash hotshoe sony saya ada Minolta 5400HS, masih belum otomatis TTLnya tapi GN besar 5400. kalo tertarik silakan buka halaman About saja.

  67. Wah..rame juga neh bloh,,seru bahas ttg Alpha 230. Gan,,5 bulan yang lalu saya beli A230 di surbaya cuma kena 3 juta,,uda dapet memory, 1 kit aja..Standar bgt seh,,murah ya itu Gan?? Saya pake selama ini tidak pernah mengecewakan,cuma pad waktu pake di siang hari banyak noisenya dan keputih2en sendir(saya tidak tahu itu istilahnya apa). Tapi sesudah beli filter, hasilnya jauh lebih bagus dan tidak ada penyakit seperti di atas,,,heheh..Ok2,,saya mau jadi Alpharian juga ah..Thx Gan.

    1. sekarang sudah saya jual A230 ke blogger di malang juga. hehehehe.. menurut saya sih sudah cukup bagus, tapi namanya manusia selalu ingin lebih. Akhirnya saya sekarang memegang A300. Sama-sama CCDnya tapi tombol dedicatednya lebih banyak dan LCD bisa ditekuk-tekuk. πŸ™‚

  68. Salam bro………..mohon masukannya yah…….
    aku kebetulan ada kegiatan diluar negeri tuh dan utk mengabadikannya dlm bentuk foto2 yg bagus aku rencananya mau pake kamera SLR gitu……tapi aku pemula nih…
    Mohon Bro rekomendasikan kira2 kamera merek Sony apa yg bagus dr yah….apakah utk entry level Alpha DSLR-A390 Double Kit 18-55 + 55-20o sdh cukup bagus atau sekalian saja yang seri
    Alpha SLT-A55L Kit 18-55mm atau Alpha SLT-A33L Kit 18-55mm…..
    Mohon bantuannya yah….

    Salam hormat Gan…..WT

    1. Kalo butuh travelling mending SLT saja. kalo dirasa A55 kemahalan, pakai A33 sudah cukup bagus. Beda di sensor saja. SLT enak, ringan, kecil, gak kerasa bawa kamera besar. Kelemahan batere lebih boros.

  69. Pak….. saya bisa dibilang pemula. saya tertarik untuk mencoba Sony A230 stelah membaca artikel ini. Sebelumnya saya hanya menggunakan camera digital untuk kegiatan foto…
    kira-kira kalau untuk ajar makro yang bagus apa ya Pak? dan kalau untuk di wilayah Solo, jawa tengah apakah harganya jg sama? maklum pak, kantong pelajar hehe. Mohon bantuannya. Terimakasih banyak pak..

    1. sepertinya gak ada barunya deh. coba join di alpharian.com dulu. baca2, setelah sebulan baru beli. Kalo beli usahakan COD atau rekber. biar sama2 nyaman dan aman.

  70. Hy bro saya pengguna a230 juga nih
    Udh hampir setaunan, make kamera a230 udh nyaman banget tpi kadang suka sebel kalo buat outdoor macem nnton konser gitu masih susah buat fotonya, hasilnya masih gelap dan kadang gak susah fokus. maklum masih pemula. Apakah perlu diubah setnya ato ditambahin perangkat lain?
    Mohon bantuanya

  71. salam kenal semuanya, saya dari denpasar, saya pemula dan saya mau nanya sonny a290 dengan harga 4,75jt trus dapat 1 lensa, memory 40gb, ama tas mahal ngak ya, kalo dibandingka dengan cannon eos1100 gimana? mohon petunjuknya

    1. ya segitu lah. tapi sebenarnya beli kamera sensor CCD agak rugi karena noisenya banyak di ISO tinggi. Tapi kalo sudah telanjur, maksimalkan yang ada.

    2. saya sih belum beli gan, tapi baru mau beli, trus kamera yang cocok untuk saya yang pemula ini apa dong? nikon, canon, atau sony?

      1. kalo yang simpel sony a290. tombol sedikit tapi mudah dalam pemakaian. Kelemahan noise banyak di noise tinggi.
        Canon 1100D mantab juga gan, lebih bagus dari 1000D bisa record video. Nikon D3100 juga.

  72. Salam knl
    Mhon ptunjuknya bro.. Ane rencananya mw pkai kmera dslr.. Ad pilihan utk A200, A230, A290(new). kl yg plng bguss yg mna y bro? Ktbya a200 body nya lbh ok n agk bongsor n ane preferr yg spt itu cus kmrn liat nikon 3100 kecil skli terlihat feminim.. Thx

    1. A230 dan A290 gak bisa dipasangi vertical grip. Grip A230 terlalu kecil, sedang A290 lebih baik. Kalo saran sih mending A200, batere lebih tahan lama dan bisa dipasangi vertical grip. Tombol AEL masih ada. jadi bisa mengunci metering pada bagian lain.

  73. mau nanya kalo harga sony A230 kira kira sekarang berapa ya dipasaran atau digaransi resminya?masih sktr 2,9-3,3 kah?mau nyoba make nih tapi budget pas2n hehehe

  74. gan..ane nyari di toko2 online ko’ udah ga ada yg jual ya?
    dimana ya gan kira2 ane bisa dapet A230 yg double kit?
    thx gan..

  75. saya pengguna baru a230 , mas klo make manual sering indor sering susah ambil gambar ya??? knp ya??? trus klo mau beli lensa baru tele yg murah2 dimana ya tempatnya??? maklum mahasiswa mas hehehehehheh

    1. coba join di alpharian.com om. Amati terus amati terus forum buy and sell. Kalau mau aman ya COD-an. Tapi kalau terlalu jauh ya pakai Rekening bersama guardian bank.

    2. Pak Bos Abien, Pak Bos MK butuh pencerahan, di toko mana ya saya bisa beli camera sony a230 baru. dimana aja saya akan kesana, surabaya ampe jakarta oke dah saya cari kesana.
      mohon bantuanya-terimakasih banyak

  76. aslm..mohon pencerahannya ya…qw sukka bnget nih ma yng namanya fotograph,,mmmm rncnanya qw mo beli camera dslr,,pie bingung nih …bagusan mana Sony A290 dg Canon EOS 1100D kit

  77. aslm..mohon pencerahannya ya…qw sukka bnget nih ma yng namanya fotograph,,mmmm rncnanya qw mo beli camera dslr,,pie bingung nih …bagusan mana Sony A290 dg Canon EOS 1100D kit ???
    ??

  78. saya mau jual a 230 saya ,, harga 3.3 jt nego … mulus bgt ..COD diutamakan daerah jakut- jaktim …. hub abien 087878989717

  79. gan, aku punya Sony alpha 230, bagus kok menurut aku,.,jd tergantung pinter2 nya si pengambil foto ajjah,.,.,percuma camera mahal tp gak bisa ambil foto khan percuma,

  80. Gan saya jual sony A230 second 1th
    kodisi mulus jarang pakai….

    – Camera A230 Kid + accesories + Lensa Standart 18/55
    – Free Lens Tele 55/200
    – Free 2 Filter Hoya
    – Free Tas Camera (slot u/ Laptop 14″ + 1 slot camera + 2 slot lens + shot accesoeries )

    saya jual krn saya ada rencana upgrade saja ke type d atasnya πŸ™‚ bagi ada yg berminat bisa hubungi saya di 081-803173900
    atau bb pin 260eb007 (for serius only)

    di utamakan area surabaya bisa cek barang u/ ktemuan
    thanks all
    So buruan hubungi bagi yang serius ingin belajar banyak mengenai photography ^^

  81. Lebih dari yang saya harapkan, A230 saya masih tetap tangguh dan gak malu2in hasilnya sewaktu menemani saya ke Singapura, Jepang, Mexico, Paris, korea dan China.
    Jangan termakan popularitas merk, pahami teknologi dan fitur di baliknya. Lalu, maksimalkan…
    Anyway, nice blog bung MK.

  82. siang semua.
    barusan ada yg nawarin saya camera DSLR Sony alpha 230 + kit
    jujur aj saya blm tau menau masalah cmera.
    kbetulan nnti saya di ajak ktemuan (COD),sewaktu cek barang,bagian apa aja yayg hrus saya cek?hrus saya coba?hrus saya tnyakan?
    trimakasih.smoga ada yg jwab.

  83. om, saya berencana beli kamera sony milik teman. kira2 apa aja yg mesti saya cek. kelengkapannya apa aja. dan kalo dy jual dg harga 5jt, apa cukup pantas?

  84. Asslm, mas mohon pencerahan, istri sy baru beli sony alpha 230 2nd punya temennya, kondisi mulus, normal dan fulset, yg jadi masalah sy dan istri sama2 nubi nih mas pake kamera beginian, selama ini pake pocket2 aja, sy mau tanya a230 ini bisa live view ga sih mas? kalo bisa aktifinnya bgmn ya? kita agak janggal ngintip2 terus lewat ovf nya (masih kaku), terus cara tau SC kalo untuk sony ini pake software ap ya? trmksh sblmny mas, jgn diketawain ya nubi πŸ˜€

    salam sukses selalu, Wasslm

    1. wa’alaikum salam
      ga bisa live view. kamera ini cukup bgs buat orang yg baru belajar DSLR. untuk cek shutter count hanya di sony service center saja. untuk sementara coba cek di dial M apa masih normal?

  85. mas saya mau tanya nih, beberapa minggu yang lalu saya beli kamera sony a200 dengan lensa minolta 35-80 fullset dan dikasih tasnya walaupun tas Canon-_- harganya 2,25 nah itu kemahalan gak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *