Sony ADP-MAA Adapter Flash Hotshoe Sony/Minolta Alpha ke Multi Interface

Sony ADP-MAASeperti kita ketahui, sejak Sony SLT A99, Sony meninggalkan hotshoe flash bertipe iISO yang seperti terbalik dengan 4 buah pin menjadi hotshoe Universal. Sebenarnya hotshoe terbaru pada kamera Sony terbaru bukan hanya satu titik di tengah saja yang terlihat. Tetapi di dalamnya ada pin-pin kecil yang menyambungkan ke beberapa fungsi tambahan. Seperti mikrofon, LED, dan sebagainya.

Z-sony-a99-hotshoeSony Multi Interface sendiri bisa menggunakan flash manual seperti Yongnuo, Viltrox, dan sebagainya. Disamping juga bisa memakai trigger standar untuk lampu studio.

Akan tetapi, bagaimana jika telanjur mempunyai Flash dengan kemampuan TTL, HSS seperti pada Sony HVL tipe sebelumnya dan belum mempunyai dana untuk upgrade ke HVL43M/HVL58M? Sony mengeluarkan solusinya yaitu dengan menambahkan adapter ADP-MAA untuk mengatasi hal ini. Jika menggunakan Adapter ini, flash sony tipe lama akan mempunyai kemampuan sama seperti ditancapkan pada kamera lama sony. Kemampuan AF-assist, TTL dan HSS berjalan normal. Untuk daya tahan, selama saya memakai adapter ini di body Sony A58 saya dan flash HVL 56 selama ini cukup kuat. Tetapi entah jika memakai flash yang lebih besar yaitu HVL F58AM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *