Script remote upload

Bulan ini blog ini telah 3 kali pindah hosting. Saya pindah hosting karena hosting yang lama saya gunakan berjamaah dengan blog kakak saya yang trafiknya sangat tinggi sekali terasa kurang bandwidthnya. Sehingga biasanya pada akhir bulan ada tulisan bandwidth limited exceeded. Saya tidak lagi memakai jasa hosting lokal. Akhirnya saya mengembara di webhostingtalk.com, sebuah forum yang saya anggap bisa dipercaya. Saya cari hosting yang murah, memakai LiteSpeed, bandwidth lega, space di bawah 1 GB tidak masalah, menerima pembayaran melalui paypal.Β  Dari 3 hosting yang saya coba bulan ini 2 di antaranya saya anggap tidak memuaskan. Akhirnya saya memilih magmahost.com, dengan space, bandwidth yang lega, harga yang masih pas di kantong saya, saya daftarkan 2 jasa di sana. 1 untuk saya dan satunya untuk blog kakak saya.

Lho apa hubungannya dengan script remote upload? Baiklah, selama perpindahan hosting, untuk menginstall wordpressnya sih tidak ada masalah. Tinggal Install melalui fantastico, installatron atau lainnya mudah. Lha yang repot yaitu file yang berada di wp-content. Untuk mendownload lalu mengupload lagi membutuhkan waktu yang lama. Apalagi koneksi internet saya up to 153 Kbps, jadi saya tidak bisa melakukan hal itu. Saya lalu browsing-browsing, akhirnya menemukan script remote upload secara sederhana. Tinggal compress saja folder wp-content, kompresi paling baik menggunakan tar.bz2. Sebelumnya jangan arahkan name server domain anda ke hosting baru, jadi login hanya memakai IP, misal http://123.123.123.123/cpanel, isi user dan password, lalu masuk ke buka file managernya. Lalu buatlah 1 file, beri nama upload.php, copy-paste script berikut:

[php]
[/php]

Setelah itu tinggal jalankan dari browser anda http://123.123.123.123/~loginanda/upload.php
tunggu kira-kira 4-5 menit tergantung kecepatan hosting anda, maka file akan ada di hosting baru. Tinggal backup database dari hosting lama dan arahkan name server domain anda ke hosting baru, lalu tunggu sebentar, kira-kira maksimal 3×24 jam tergantung ISP anda, kemudian install wordpress di hosting baru, hapus folder wp-content, extract lalu restore database, insya Allah lancar..

15 thoughts on “Script remote upload

  1. Alhamdulillah
    Sangat bermanfaat sekali mas. mau dicoba ah
    kebetulan punya file besar yang mau di pindah πŸ™‚

    terus tahu solusi kalo mau mindah database besar hasil exportnya masuk directory situs kita mas? (mungkin ada settinganya)
    sebab ini ada database mpe ratusan mega πŸ™‚
    mo download kok luama banged dengan koneksi sangat pas(-pasan)
    πŸ˜€

  2. Samaan… dalam bulan ini gue lagi sibuk nyari hosting luar… πŸ˜€ saat ini lagi berburu trial hosting :D… maklum lagi nyari recehan dollar dulu baru bisa mesen hosting di luar πŸ˜€

    untuk sementara sekarang make hosting gratis sebulan dari hostgator… kalo sebulan dah lewat nyari hosting trial lagi di tempat lain hehehe.. kalo dah dollar rada banyakan baru mesen make paypal πŸ˜€

    dah mesen hosting selama 6 bulan di awardspace seharga $0.14 atau sekitar Rp 1500 πŸ˜€ , cuma kagak gue pake.. soalnya import database susah kagak bisa bisa.. dah di kompress kagak mo masuk… kalau tanpa di kompress terlalu besar SQLnya… maksimal import di awardspace 10Mb… ya sutra kagak jadi gue pake tuh hosting.
    Padahal mayan tuh 60Gb space dan bandwidth 1TB hehehe

    emang enak hosting di luar… usahakan jangan pake hosting dengan IP di indonesia soalnya b/w keluar rata rata di cekek.. jadi susah naekin traffic atau SEO πŸ˜€

  3. bro mau tanya apakah scriptnya bisa buat batch untuk banyak file
    misal gue ada 10 file mau di upload semua.

    file1.rar
    file2.rar
    file3.rar

    kalo bisa bagaimana scriptnya ?

    thanks yah

      1. ooh iya
        kirain mas tau dan bisa buatin kodenya πŸ˜›

        btw thanks yah yg ini, membantu banget untuk remote upload pindahkan file2 besar.

  4. mas, sampeyan ambil paket yg mana di magmahost, ?, gimana kinerjanya sejauh ini ?,support dan kestabilan jaringan ?.

    nuwun

  5. sya lihat postingan ini udah lama, tp saya tertarik dengan magma host, apa skrng mas mash pakai magmahost?
    klo iya, kebetulan saya jg nyari2 hoster yang bagus..
    tolong kirim ke email ya mas, klo saya belum sempat kunjungi web mas kurniawan…
    BTW.. thanks banget infonya ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *