Review Telkomsel Flash Unlimited

Setelah melihat sebuah tulisan di milis, ada di blogroll saya, bahwa Operator Seluler Nomer 1 Indonesia menawarkan sebuah paket akses Internet yang sangat menggiurkan. Saya sempat bimbang, apakah saya akan apply paket Telkomsel Flash Unlimited ini atau tidak. Sebab di berbagai milis dan blog banyak yang mengabarkan bahwa paket Xplor Corporate Unlimited akan segera ditutup. Beberapa tahun yang lalu saya pernah mengalami pengalaman yang tidak mengenakkan dengan kartu Halo dari Telkomsel. Saya pada saat mendaftar berharap mudah-mudahan pihak Telkomsel menghapus nama saya dari daftar hitam konsumennya yang pernah menunggak 3 bulan, cuma 3 x Rp 27.500,-. Waktu itu saya kebanyakan nomer dan HP cuma tinggal 1, jadi nomer kartu Halo tidak dipakai lagi. Hingga nunggak deh. Tapi setelah 3 bulan, tagihan berhenti.

Kembali ke T-Flash Unlimited, saya singkat begitu sebab beberapa forum dan milis menulis demikian. Saya mendaftar di Gerai Halo Lamongan, dengan membawa surat keterangan dari Puskesmas tempat saya bekerja dan foto kopi ktp dan membayar materai Rp 6.000,-. Dua hari kemudian pihak Telkomsel mengunjungi kantor saya, kartu perdana Halo bebas Abonemen dibawa oleh dua orang petugas Telkomsel tersebut. Sorenya bisa dipakai buat cuap-cuap dan sms, tapi tidak saya pakai. Sebab kartu Halo yang ini khususon buat akses internet saja. Untuk pendaftaran Telkomsel Flash mau tidak mau harus ke GraPARI Telkomsel. Terdekat di daerah Lamongan ya di Gresik. Beberapa hari kemudian saya baru bisa ke GraPARI Gresik di Jl. Usman Sadar 81. Saya mendaftar paket Basic dari beberapa paket yang ditawarkan oleh T-Flash Unlimited. Saya memakai paket Basic, sebab setahu saya di desa tempat saya tinggal selama ini, hanya ada sinyal GPRS yang menjangkau sampai ke kamar saya. Kata teman saya di sebuah milis, kalau memilih paket di atasnya seperti “Cecak nguntal setriko”. Sama juga bohong. Bayar mahal untuk paket yang tidak saya pakai. Saya tidak muluk-muluk untuk mendapatkan akses ngebut. Bisa internetan sepuasnya dengan biaya Rp 125.000 sebulan saja sudah lebih dari cukup. Lagian modem yang saya gunakan hanya ponsel motorola C380 yang cuma GPRS class 10.

Pihak GraPARI Gresik berjanji akan menghubungi saya jika akses unlimit saya diaktifkan, setelah saya tunggu sehari, dua hari, hingga hampir satu pekan, ternyata pihak graPARI tidak menghubungi saya. Saya kira pendaftaran saya ditolak. Ternyata setelah kemarin menghubungi Caroline 111 melalui ponsel saya, kartu Halo saya sudah diaktifkan paket unlimitnya sejak tanggal 20 Juni 2008 kemarin. Weleh, kok tidak ada yang menghubungi saya ya? Ya sudahlah, lupakan saja. Saya orang Indonesia, pelupa dan pemaaf. Akhirnya setelah mendapat kepastian saya memakai T-Flash unlimit, dengan terlebih dahulu mengubah APN menjadi “internet”.

Dalam sebuah milis gendheng, si Yoyo mengatakan bahwa siap-siap miskin melihat pulsa berjalan alias lihat *888#. Saya utak-atik HP untuk tekan *888# maupun *887# kok tidak bisa. Ternyata setelah saya tanya mbah dukun, harus mengirim sms HC on ke 333. Setelah itu saya pakai saja T-Flash Unlimit saya. Lalu saya diskonek, lalu saya tekan *888#, pemakaian pulsa saya sebesar Rp 150.000. šŸ˜® x( 8-x Saya lalu terkejut dan kaget. Tadi pagi saya telpon :)] lagi Caroline untuk menanyakan kok begitu. Petugas yang menerima keluhan saya mengatakan selama paket Flash unlimit sudah aktif dan menggunakan APN internet atau telkomsel, pemakaian pulsa berjalan di *888# atau *887# diabaikan saja. Ya sudah saya percaya begitu saja. Sore tadi saya baca milis gendheng lagi, untuk melihat pemakaian pulsa untuk kartu Halo yang nyata, ketik sms PORTAL lalu kirim ke 5454, mendapatkan user id dan password untuk membuka tagihan berjalan yang nyata di portal tagihan kartu Halo, alhamdulillah pulsa berjalan saya hanya Rp 1.000.

Mengenai speed, ada sedikit keanehan. Terkadang posisi saya di Surabaya, terkadang di Makassar. Jadi belum bisa ditampilkan di blog ini.

29 thoughts on “Review Telkomsel Flash Unlimited

  1. mo tanya, apa gak perlu modem lagi ya mas? kalo pake tel-flash unlimited? selain komp. apalagi yang harus saya persiapkan buat tel-flash ya?

    Tanks

  2. #xocu: tergantung, kalo daerah sampeyan ada 3G lebih baik pake modem. Tapi kalo cuma GPRS, pake HP juga gak masalah. Saya terpaksa pake HP karena BTS ndeso di daerah saya tidak ada 3G. Jadi memakai HP Motorola C380 jadul. Yang penting unlimit dengan harga terjangkau lebih baik daripada dikejar-kejar tagihan yang tinggi.

  3. Pinjem teman/beli HP 3G yang bisa kebaca 3G, beli perdana simPATI atau As, bawa ke tempat sampeyan HP tersebut, sambil mengelilingi rumah sampeyan, kalo perlu datangi BTS telkomsel terdekat sambil membawa HP tersebut. Nanti kalo di HP muncul sinyal 3G, silakan beli modem 3G atau pake HP 3G yang sudah dibeli tadi. Kalo paket basic, sangat rugi jika membeli HP/modem 3,5 G.

  4. Flash sialan, salah seting dikit aja bisa berabe. Aku salah setting username and password. Ternyata gak boleh diisi. Kalo diisi kena Rp12/kb. Payah nih telkomsel. Katanya penjual modemku ngomongnya diisi wap, en pass wap123, ternyata gak boleh diisi :((
    Udah habis 110MB lagi :((
    Bisa sejutaan tuh :((
    Mau murah malah jadi mahal banget :((

  5. mo nanya mas, kl di billing telkomsel itu pemakaian sd. tanggal hr itu ato gmn? kl saya liatnya pake *999# cuman ndak terlalu update krn kadang yg terlihat itu pemakaian sd 2 hr yg lalu.

  6. Jangan pernah sampai salah mengisi APNnya, karena ini sangat berpengaruh terhadap jumlah tagihan kita yang akan menjadi jutaan rupiah…
    jika untuk paket telkomsel unlimited, APNnya internet dan telkomsel. dan jika paket Time Based APNnya flash. bukannya saya sok tau, tapi mau ngasih INFO aja…;)

  7. Om Kurniawan,
    saya juga pakai Telkomsel Flash.
    Bener ya kalau kita pake paket yang unlimited, tagihan yang muncul kalau kita ketik *887# sama *888# bisa diabaikan saja? Agak kuatir nih. Takutnya tiba-tiba di akhir bulan tagihannya segede gaban.
    Trims.

    1. @Aryo: tanya CSnya saja telpon 111 kalo bisa sampe 3x tanyanya biar mantab.. (kayak iklan tivi yang nyebelin aja).. trus tanya ke Grapari/Gerai Halo terdekat biar hati tenang… Pas yang nerima CS di Grapari/Gerai Halo cewek cakep, tanya yang lama saja… itung2 sambil cuci mata.. hehehehehehe… šŸ™‚

  8. ya emang serem telkomflash
    mulai dari tipuan aktifasi
    sampe tipuan APN

    nih gw uda 1 bulan
    baru mau bayar
    status : Blom tau tagihan brapa
    dug dug dug dug
    jantung ku berdebar karena abis ini mau telpon 111

    wish me luck

  9. Kalau Telkomsel Corporate Unlimited buat ndengarkan radio streaming n liat tv online aman nggak mas (buat kantong maksudnya…)http://histla.com/smilies/yahoo_blush.gif

  10. ketika t-flash unlimited tlah dikatakan aktif oleh geraiHALO, sy langsung ja pake membabi buta sampe tagihan di *888# mencapai angka 2 juta-an.
    lucunya pihak geraiHALO g memberi tahu gmana baranya tuk cek tagihan bulan berjalan, jadi was2 juga…
    belakangan ku tahu caranya *111# kirim, ketik 1 kirim sampe muncul jumlah tagihan yang berjalan.
    eh…ternyata tagihannya dah 1 jutaan lebih!
    akhirnya kutelfon 111 tuk minta kejelasan, ternyata flash unlimited blum aktif.
    tapi setelah complain ke geraiHALO, biayanya mau mereka tanggung.

  11. wah berarti amanan pake indosat im2 dunk….
    tapi speednya kalo udah kelewat quota ampuuuunnn….
    buat buka goodle aja bisa 10 menitan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *