Plugin Catatan Kaki

Terkadang kita membuat sebuah posting yang menarik dan untuk menjaga sanad dari posting tersebut agar bisa tetap bersambung sampai kepada sumbernya, kita menambahkan sumber tulisan tersebut. Menambahkan sumbernya bisa dengan link[1. Ini link dari blog ini] atau mungkin juga dari buku[2. Dari buku si Fulan, penerbit Antah Berantah]. Kalau link tinggal masukkan saja pada kontennya. Lha dari buku, majalah atau media cetak lain gimana ngelinknya?

Seperti pada beberapa buku, ada footnote atau catatan kaki untuk beberapa tulisan superscript seperti ini[3. Ini footnote juga lho], lalu tinggal mencocokkan nomernya saja pada catatan kaki pada halaman tersebut. Wow keren. Blog ini memakai Plugin FD Footnotes. Jadi tampilannya begitu keren. Cocok digunakan untuk mas Agam yang sering komen di sini untuk blognya yang berisi tulisan-tulisan yang selalu menyebutkan sumbernya. πŸ™‚ Tinggal ketik:

[no. isi catatan kaki anda anda]

saja dari blog editor anda. Maka akan muncul tampilan seperti pada blog ini.

8 thoughts on “Plugin Catatan Kaki

  1. Saran yang bagus banget.
    Tapi ada 3 kendala.
    1. Aku tulis gak di browser. Tapi pake software. Kadang2 Post2Blog, kadang2 WLW.
    2. Aku Sedang ngurangin jumlah plugin. Jadi membatasi sedikit mungkin plugin yg dipakai. Sebab dulu dah sering dapet warning dari hostingnya gara2 overload.
    3. Biasanya sih referensi aku tulis setelah keseluruhan tulisan selesai. Jadi Agak susah juga kalo harus kasih link satu persatu. Soalnya bikin artikel itu susah banget. Artikel terakhirku tentang Demonstressy aja bikinnya seharian. Kalo Theme PDA dulu malah bikinnya berhari2. So, berat banget bagiku. Saat ini masih belum ada waktu untuk itu.

    Tapi masukkan yg bagus banget. Ntar kapan2 kalo bisa punya dedicated πŸ˜€ Biar gak di ban ama hostingnya πŸ™‚

  2. #agam:
    1. belum nyoba pakai blog client, mungkin bisa juga pake blog client
    2. hehehehe… ya terkadang jika pengguna layanan hosting melimpah, efeknya memang pengguna layanan harus membatasi plugin yang memakan resource.
    3. edit dulu sebelum tekan tombol POST/publish.. πŸ™‚

    Belajar pake VPS dulu, sekalian jadi reseller hosting.. :d

  3. Untuk melatih menulis pak dokter.. Blog ini khusus untuk IT, wordpress dan telko saja.. ada blog untuk programming, ngejunk, dll.. yang penting diupdate lah.. πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *