Pindah server

Saya sangat bete pas lagi ada ide, mau login untuk posting artikel, ee…. server hosting ini error. Akhirnya setelah komplain ke reseller hosting ini, dikasih pilihan pindah server. Awalnya sih pikir-pikir dulu. Setelah beberapa pekan gak bermasalah, inginnya sih gak pindah server. Sebab database takut errorlah, ISP yang masih mengenali domain ini di server lama lah. Lha kok kemarin database down entah kenapa. Akhirnya saya tanyakan ke pemilik hosting, untung orangnya sedang online, biasanya jarang online sih. ๐Ÿ™‚ Akhirnya disarankan pindah lagi, sebab dia sendiri juga nyerah dengan server lama. Setelah saya pikir masak-masak, pindah deh.

 

  1. Pertama backup dulu seluruh file di /home/user/public_html/ pake Cpanel X saja lalu tinggal download saja hasil backupan.
  2. Arahkan NameServer ke NameServer baru di domain control panel. Saya pake domain control di register.net.id
  3. Biasanya sih kalau tidak ada gangguan proses pemindahan 2-4 jam, berhubung ada gangguan di ISP saya, ya kadang masih masuk ke server lama, kadang ke server baru.
  4. Pas masuk ke server baru, install wordpress, karena males upload pake Fantastico De Luxe saja.
  5. Copy semua plugins, themes dan file di folder uploads, pokoknya di folder /wp-contents.
  6. Lha yang sulit itu mengembalikan database MySQL memakai phpMyAdmin, karena beda versi. Server yang baru MySQLnya versinya lebih rendah. Tanya lagi ke reseller pas sedang online disuruh ngedit hasil dump dari MySQL, sebab MySQL versi lama tidak mengenali perintah DEFAULT CHARSET= latin_1,agar dihapus semua.
  7. Beres. Mudah-mudahan tidak down lagi.

Trims buat Amin Hidayat sebagai pemilik hosting ini yang telah membantu.

Tags: , ,

41 thoughts on “Pindah server

  1. Aku di jagoanhosting pake IIX.
    Mungkin kalo koneksi lagi lemah, jadi lambat bukanya. Makasih infonya. Soalnya dari rumahku fine2 aja. Dan gak pernah ada gangguan.
    btw, bimasakti stabil gak?
    Pakai paket yang mana mas?
    Unlimited bandwidth ya?
    Ati2 mas kalo unlimited bandwidth. Aku pernah dapet pengalaman buruk di NicSpace. Begitu bandwidth kita banyak hostingnya jadi sering down. Mungkin ini diakal2in ama dia biar gak ngehabisin bandwidth terlalu banyak.

    Sampeyan pake speedy sih, aku pake xl, jadi perbedaannya lebih kerasa di tempatku. Gak berani ambil unlimited (alesan gak punya duit banyak), cukup paket 50 MB dengan bandwidth 750MB/bulan.. Baru hari ini pindahnya, jadi belum bisa ngasih komentar tentang server dari bimasaktijaya yang baru. Lha sampeyan di sidoarjo, pemilik bimasaktijaya di surabaya, kalo ada apa-apa kan tinggal samperin saja.. :p

  2. Tinggal samperin. Ngomong emang gampang. Nicspace juga di Surabaya. Tapi pelayanannya jelek banget. Ena ku males samperin, coz udah pindah hosting. Meskipun kontrak yang lama belum abis.

    hehehehe.. ojo nesu gam.. ๐Ÿ™‚

    Kalo bandwidthnya cuma 750MB dalam beberapa hari udah kehabisan bandwidth aku.

    Pengunjung web sampeyan banyak banget, tapi pagerank kok sama dengan aku yak? :p padahal pengunjung web ini sehari paling banyak 150

    Bulan kemaren aja abis 3,25. Sekarang sepertinya sih 4GB. Belom user lainnya di hostingku ๐Ÿ™
    Aku tunggu reviewnya ๐Ÿ™‚

    mirip dengan hosting IIX di wirowaas, dulu pas masih di bawah 100 user kuenceng banget.. Sekarang lambat banget..

  3. Emang milih hosting itu bikin puyeng.
    Bingung banget mana yg bagus.
    Pengennya sih pake yang singapore. Biar lebih murah bandwidthnya, tapi tetep cepet.

    Bukannya kita bayar ke ISP sama saja? Baik konek ke luar maupun di IIX? di beberapa hosting kok server USA lebih murah daripada server IIX..

  4. Situs saya selalu masalah, hidup mati. Rencananya mau pindah hosting. Namun sebelumnya ada yang ingin saya ketahui terlebih dahulu, mungkin ada yg bisa bantu, apakah dengan pindah hosting:

    1. Berpengaruh terhadap index di Google (search engine)?
    2. Berpengaruh terhadap ranking di Google?

    Terimakasih.

    Tidak berpengaruh, sebaiknya saat proses pindah server lama jangan dihapus dahulu file2nya sampai pemindahan benar-benar sempurna.. Pagerank saya tetap ‘3’ dan tidak turun jadi ‘0’

  5. wew, pindah pindah ..? ๐Ÿ™‚ eh kur, aku lgi binungnih, pakai hernawan.web.id atau freddy.hernawan.web.id ..? soalnya yanghernawan.web.id mau gue buka untuk umum email addressnya. piye kiye?

  6. kur, itu pakai plugin gravatar apa nggak makin nambah kuota dan bandiwtdh ..? kalau boleh tahu donlot link plugin gravatar di mana ..?

  7. #7 : sakarepmu dhet.. kan tinggal ubah MX doang
    #8 : ya nambahi benwit, kalo kuota sih kagak.. lha wong gambarnya masih ada di gravatar.com

  8. Pingback: Mochammad Kurniawan » Iklangue.com
  9. Saya pake nicspace.com ga pernah ngalamin masalah yang terlalu berarti, hanya masalah seperti layaknya shared hosting yaitu server down untuk sesaat tapi itupun bukan terjadi di nicspace saja melainkan di account hosting saya yang ada di tempat lain juga. Kekurangan nicspace menurutku cuman masalah paket yang cuman 2 dan fasilitas add-on domain hanya ada di paket ke dua dan itupun hanya 5.
    Keanehan server nicspace yang aku belum tahu pasti penyebabnya adalah setiap bulan selalu menghancurkan ranking blogku di google. Sepertinya sih down waktu googlebot indexing. Salah satu servernya pernah kena blacklist tempo hari (dan kebetulan aku ada di server yang kena blacklist tersebut), namun sekarang udah clear.

    Paling parah kejadian yang saya alamin adalah web servernya kebakaran, ini terjadi untuk domain yang saya hosting di Indohoster.com. Kecepatan akses server US indohoster menurut pengalaman saya biasa aja dan layanannya lumayan mahal.

    Jagoanhosting saya sempat pake untuk kenreidy.com, namun sekarang tidak lagi. Account jagoanhosting saya masih ada namun untuk domain lain yang .web.id, berusaha menyesuaikan domain Indonesia dan server Indonesia. Bandwidth besar (IIX)) tapi akses dari luar kurang kencang, kalo cuman segmen Indonesia sih ga masalah. Sisi ga menarik pake server iIX adalah proses kirim email ke webmail lebih lambat, jadi mau ga mau arahin mailnya google apps.

    officialwebhosting.net lumayan murah dan oke layanannya. Saya juga masih ada account disitu. keuntungannya unlimited add on domain.

    Unlimited add on domain sama seperti di idebagus.com. Idebagus punya layanan paket hemat 100rb (25MB, benwit 1GB + domain gTLD) per tahun cuman sayangnya seluruh paket idebagus kurang update mengenai fitur fantasticonya sehingga CMS seperti wordpress masih versi 2.1.2 bahkan hingga versi 2.2.2 release. Ini terjadi untuk account paket hemat dan paket personal. Paket lain di idebagus saya tidak pernah coba.

    Ada lagi dapurhosting.com, tapi aku ga pernah coba. Rumahweb.com juga ada, dan layanannya oke punya. Sayangnya setiap registrasi kena charge 50ribu di awal. Tapi akses ke server lumayan kenceng. Benwit kecil untuk harga yang sebanding tempat lain.

    Yang rasanya menarik menurut saya adalah layanan yang diberikan oleh qwords.com. Paket-paket yang disediain lumayan murah dengan bandwidth besar. Masih tersedia potongan harga apabila masukin kode voucher yang ada di blognya qwords.com. Kecepatan akses server qwords.com mungkin bisa dicoba ke punya rendymaulana.com (CEO-nya qwords.com). Badnewsnya adalah aku belum pernah coba layanan qwords.com, cuman pernah beli domain di situ aja.

    Sekedar masukan buat kawan-kawan berdasar pengalaman yang saya punya. Salam kenal…, sorry kalo komentarnya kepanjangan…

  10. gw pake rumahosting.com sampai saat ini tidak ada keluhan yg berarti dan terbukti online trus contact personnya,, tapi yang disayangkan dari tempat hosting ini..akses ke blog saya dari luar negeri kayanya sangat lambat deh..yah bgitulah kalo make server indo :)>-

    1. rumahosting jelek banget sekarang. sering down. livechat ga bisa. sms ga dibales. pokoknya jangan pake rumahosting deh. payah banget. udah gitu pelayanannya sama sekali ga ramah. sok gitu.

      1. Saya kalau sudah ada duit di paypal ya sewa hosting langsung dari US. Lihat review di webhostingtalk.com jika bagus jelas dibilang bagus, tapi jika jelek ya dibilang jelek.

  11. Sampai saat ini (05/06) saya masih host di NICSpace. Saya pertama kali sewa bulan Maret, berarti baru sekitar dua bulan lebih sedikit. Banyak kolega dan teman saya yang mengeluhkan kelambatan weblog saya.
    Kebanyakan baru berhasil membuka http://gembili.com/ setelah dua sampai lima menit. Bahkan banyak yang mendapat pesan โ€œdatabase server downโ€. Sangat bertolak belakang dengan janji NICSpace yang unlimited bandwidth. Sekedar info, tertinggi bandwidth saya hanya 536 MB pada bulan Mei. Sangat kecewa. Pengen pindah, pengen migrasi tapi masih belum ada pengalaman mengenai prosedur pindah hosting. Gapapa deh sepuluh bulan sewa sisanya hangus, daripada kayak gini terus. Kesel kesel kesel.
    Saya sering komplain, tapi ditanggapinya hanya dengan โ€œtapi di server kami gak ada masalah kokโ€. Ada saran gak hosting yang bagus apa? O iya, saya juga sewa domain di NICSpace.

  12. Memang di Nicspace unlimit, jika itu bukan web dinamis alias harus web statis.. susah ya? Kalo mau pindah, sekalian saja pindah domainnya.. saran saya pakai idwebspace. Asal sampeyan bisa masuk cpanel hosting dan cpanel domain, mudah kok mindahnya.. atau kalau masih bingung minta bantuan ke cs4 idwebspace saja..

  13. saya member di idwebspace, tapi sayang supportnya kadang lama banget baru direspon. Tapi untuk lainnya, idwebspace samalah dengan hosting lainnya.

    Saya sendiri menyarankan pake 3 hositng ini mas
    get.web.id <<<< kebetulan saya joomla lovers
    supportnya bagus dan kencang webnya
    selian itu juga pake dracoola.com <<< kecnag, harag lebih miring tapi belum tau kelemahannya, moga memuaskan

    Klao mo lebih murah lagi sih, pake s9host.com
    tapi server USA. Sekalipun demikian, tetap kencang diakses dari indo

  14. Kok ga ada yang ngebahas hosting masterweb.net yak
    apa layanan bagus? lagi bingung cari hosting niy..
    *mau ikuti saran si Kenzt (teman lama)*

  15. ak juga lg bingung ni cari hosting.commend2 diats sangat membantu.tp ak masih bingung mana yang bagus, maunya si.. yg aksesnya cepat, murah, bandwithnya gede, ada ga ya??? hehheee (masalahnya dlm minggu2 ni ak mau lounching blog ak, hehehe kayak apa aja ya ๐Ÿ™‚

    1. @oedhink: ada apa dengan wirowaas.com? saya kenal baik dengan pemiliknya.. dulu saya pernah hosting dan beli domain di sana. Baik-baik saja, tetapi sekarang dia tidak jualan hosting lagi.. Tapi lebih ke domain sekarang..

  16. Saya sungguh kecewa menggunakan officialwebhosting,net, sudah bayar tapi sampai sekarang domain saya yang expired tanpa pemberitahuan belum di aktifkan juga, pinter banget dech menghancurkan bisnis orang…Gak rekomendasi dech…

  17. Kalo pake layanan shared hosting apalagi unlimited bandwidth, kelemahanya cuma satu, kalo trafik tinggi dikit website sering down. gw pake hosting masterweb.net sama nasibnya. Sudah 3 kali akun gw disuspend tanpa pemberitahuan. cuma gara2 trafik meningkat, padahal gak nyampe angka 500 visitor per hari. http://www.namaislami.com Mo pindah server ke jagoan hosting nech, bagus gak? apa sebaiknya ke rumahweb?

    1. mending sewa server di US saja. saya pakai hawkhost.com bagus sekali. Jarang down setahun paling cuma 1 kali itu pun gak lama. Cuma kalo trafiknya tinggi gak cocok. Sebab trafiknya dilimit. Dan harganya tidak murah.

  18. Saya baru pindah hosting ke jagoanhosting dari hosting gratis. Trus mo pindahin databasenya kok gak bisa..?
    versi server yg hosting gratis : 5.0.87-d10-ourdelta65.
    sedangkan yg punya jagoanhosting : 5.0.91-community
    Ngepek gak sih?
    gimana ya caranya supaya semua data2 saya bisa dipindahkan ke hosting yg baru?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *