Password Exporter : Firefox add-on

Menginstall ulang Windows memang membosankan, harus seting ini itu, install beberapa software lah capek menunggunya. Ritual install ulang memang membuang-buang waktu. Apalagi jika kita kelupaan belum memindah data di drive C:. Tapi install ulang merupakan langkah terakhir dan paling sakti jika sistem operasi mulai berulah. Misal sangat lemot, terkena virus atau malware-malware lainnya.

Saya kemarin baru saja berkehendak untuk menginstall ulang Windows XP saya. Beberapa file bisa dipindah, seperti data, mail client, dan lain-lain dari drive C: ke D:. Akan tetapi satu kesulitan saya. Saya memakai Mozilla Firefox sebagai web browser saya, setiap kali berkunjung ke situs yang ada user dan passwordnya pasti saya simpan di Firefox saya. Saya simpan di Firefox karena saya mempunyai banyak akun di pelbagai situs dengan user dan password yang berbeda-beda. Jika saya hapalkan semua, bisa pusing kepala saya. Lha saya kebingungan ketika akan membackup semua password di Firefox saya dan merestorenya setelah saya install ulang.

Untung ada mbah dukun. Saya tanya mbah dukun, ada extensionnya untuk mengekspor dan mengimpor semua password di Firefox. Namanya Password Exporter. Password Exporter mengekspor semua password ke dalam format xml atau csv. Password Exporter juga bisa mengenkripsi hasi ekspor tersebut, jadi hasil file tersebut tidak dapat dibaca begitu saja pada aplikasi lain.

Saya mencobanya untuk mengekspor ke dalam file xml lalu mengimpornya setelah saya menginstal ulang Windows saya. Ternyata ada beberapa password yang dapat diimpor. Dari 155 user dan password, hanya 115 user dan password yang berhasil diimpor. Tapi itu cukup bagi saya daripada harus menghapalkan 100-an lebih user dan password.

2 thoughts on “Password Exporter : Firefox add-on

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *