Minolta 50 f/1.7 RS lensa tua mantabs..

Lensa minolta 50 f/1.7 RS merupakan lensa yang sangat berumur. Menurut Dyxum, lensa ini berusia sekitar 2 dasawarsa. Perbedaan dengan Minolta 50 f/1.7 yaitu kalau non RS full metal dan ring fokusnya kecil, sedang RS lebih ringan dan ring fokusnya lebih besar. Disamping itu generasi lebih muda daripada non RS. Saya membelinya dari sobat alpharian di Surabaya dengan harga yang cukup bersahabat, meski tidak semurah lensa Canon EF 50 f/1.8 II.

Saya membelinya karena memang membutuhkan lensa bukaan besar dan digunakan untuk memfoto pertumbuhan anak saya yang terkadang berada pada ruangan minim cahaya. Pada bukaan terbesar, lensa ini tidak terlalu tajam. Tetapi pada bukaan 2 ke atas lensa ini cukup tajam. Lensa ini cocok dipasang pada body Sony Alpha A230 milik saya dan AFnya jalan dengan sempurna meskipun terkena crop factor sebesar 1.5x, jadi pada body A230 saya setara dengan 75 mm.  Di samping itu lensa ini bisa juga dipasang pada body Full Frame yang sensornya lebih besar.

Beberapa saat yang lalu lensa ini saya gunakan untuk hunting model dan hasilnya sangat memuaskan. Menurut pendapat saya lensa ini murah dan merupakan lensa wajib untuk pemakai Sony Alpha yang senang potrait atau memfoto orang dan membutuhkan lensa dengan bukaan besar, tetapi harga murah.

5 thoughts on “Minolta 50 f/1.7 RS lensa tua mantabs..

  1. info bagus Mas Kurniawan. Sayang saya kurang gitu mengerti dunia photografi, mungkin bisa saya buat sebagai referensi saat ingin mendalami ttg photografi.

    1. kalau mau yang baru bisa beli SAL 50 f/1.8 DT SAM. Khusus buat kamera bersensor APS-C, bisa dipakai di full frame, tapi ada vignet di sekitar gambar

  2. Iya nih , bencana sepertinya tidak henti-hentinya melanda negara kita, mudah2an dengan adanya bencana bisa memberi hikmah buat kita semua. Kemarin malam sempat hujan debu di kost2an, jalan2 di jogya penuh debu jadi serba susah kalo keluar rumah harus berjibaku dengan debu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *