Mengubah permalink

Beberapa saat yang lalu saya menggunakan permalink yang sangat panjang, sehingga terkadang sulit untuk mengingatnya. Misalnya: http://histla.com/arsip/2006/08/30/portable-software/ terlalu panjang seperti kereta bukan? Saya ingin permalink yang ada dalam blog saya ini menjadi singkat yaitu http://histla.com/portable-software.htm . Mengubah permalink dalam WordPress sangatlah mudah, tinggal masuk ke WordPress Administration – Options – Permalinks. Tinggal diubah saja dari /arsip/%year%/%monthnum%/%day%/%postname%/ ke /%postname%.htm saja. Akan tetapi permasalahannya jika ada pengunjung yang mengklik link dari search engine maupun trackback dari blog lain maka akan memunculkan 404 page not found. Hal ini menyebabkan pengunjung kecewa dan tidak akan kembali ke blog saya. Selain itu juga akan mempengaruhi posisi blog saya di search engine.

Saya lalu mencari-cari di Official WordPress Plugin untuk mendapatkan plugin yang saya inginkan. Akhirnya saya menemukan Advanced Permalinks, yang digunakan untuk mengubah permalink lama ke permalink baru yang pendek. Jadi tiap kali seseorang mengklik link yang menuju ke postingan saya dari blog lain yang berupa permalink lama akan diarahkan ke permalink baru saya. Setelah mengupload dan mengaktifkan plugin, tinggal masuk ke WordPress Administration – Options – Permalinks – Migration, tinggal masukkan struktur permalink lama maka secara otomatis jika ada pengunjung yang mengklik link lama akan diarahkan ke struktur permalink baru.

18 thoughts on “Mengubah permalink

  1. yak setuju..lbh singkat..lbh mudah diingat
    dibanding sekadar …/…/p=47
    yg masi pake tanggal mungkin krn alasan lbh deskriptif aja.. 🙂

  2. Btw, kalo permalinknya pindah antar domain bisa gak? Misalnya histla.com/permalink/ diubah jadi m-kurniawan.com. Jadi ceritanya pindahan domain. Untuk itu bisa gak?
    Satu pertanyaan lagi ya 😀
    Kalo permalink tiba2 berubah sendiri itu kenapa?
    Kadang2 aku pernah seperti itu.

  3. Saya mengalami error ketika menggantikan permalink dari default ke custom dengan format /%year%/%monthnum%/%day%/%postname%/ pas dibuka kira2 pesannya bgini:

    The requested URL /2009/01/28/menghapus-spam-di-comment-wordpress/ was not found on this server.Additionally, a 404 Not Found error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.
    kenapa yah?

  4. Saya buka mbah google, lalu saya ketik “mengubah permalink wordpress”, dan eng ing eng…ketemu deh URL ini. Tepat sekali, infonya saya butuhkan. Mau langsung saya coba nih.

    Thanks yah…

  5. termikasih infonya. yang saya mau tanyakan, permalink seperti apa yang tepat untuk SEO ? apakah dengan menggunakan www pada url lebih baik untuk SEO ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *