Memulai Codeigniter (2)

Setelah berhasil menginstall Codeigniter 2.1.0, sekarang kita lanjutkan untuk mengenali lebih lanjut tentang CI ini. Pertama kita ke folder /application/config. Di sini kita bisa mengubah konfigurasi dari CI ini, mulai dari autoload, config, database dan lain sebagainya. Kali ini hanya file-file penting saja.

  • File autoload.php
    File ini berisi apakah bagian dari CI baik itu package, library, helper, custom config, dan model yang diload ketika aplikasi terinstall di server. Meload otomatis bagian dari CI memang akan menghemat waktu untuk coding, tetapi sangat memboroskan resource server. Misal ketika tidak terlalu membutuhkan xmlrpc, kita tidak usah memasukkannya di autoload. Cukup di tiap-tiap controller saja.
  • File config.php
    Di sini kita bisa mengubah base_url yang harus diisi ketika kita menginginkan absolute url awal dari aplikasi yang dibuat, prefix dan lain sebagainya
  • File database.php
    File ini berisi konfigurasi database yang digunakan, baik server, user dan passwordnya maupun driver yang dipakai
  • File routes.php
    File ini merupakan pilihan untuk mengarahkan default controller yang dipakai ketika aplikasi dijalankan.

Ok, cukup sekian dulu sharing Codeigniter dari saya, Insya Alloh dilanjutkan lagi di kemudian hari. Semuanya bisa dibaca di user_guide pada setiap kali menginstall Codeigniter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *