Memulai Arduino

Kali ini saya akan mencoba menjelaskan tutorial Arduino untuk pemula sekali. Tanpa alat apa pun, yang penting ada hardware arduino, software arduino, kabel USB, dan seperangkat komputer. Kita coba bermain-main dengan LED yang ada pada Arduino Duemilanove.

  1. Tancapkan USB dari hardware arduino ke komputer
  2. Jalankan software Arduino
  3. Buka File -> Example -> Digital -> Blink

Penjelasan kode di atas cukup sederhana sekali:
int ledPin = 13;
berarti kita inisialisasi led pada pin 13, led pada pin 13 biasanya ada di board arduino duemilanove ini.

setiap metod setup hanya cukup sekali, dan pinMode diinisialisasi digital pin sebagai output.

void loop()
metode ini akan mengulangi terus menerus proses di dalamnya

digitalWrite(ledPin, HIGH);
digitalWrite adalah fungsi menulis, ledPin adalah pin 13, dan HIGH berarti menyala, LOW berarti mati.

delay(1000);
delay(angka) berarti 1000 dalam milisecond yang berarti dalam 1 detik ada jeda led menyala atau mati.

Semoga penjelasan tutorial sederhana dari contoh pada software Arduino ini berguna.

34 thoughts on “Memulai Arduino

  1. Hii,,KAk… Mau Nanya Nich.. Klo.. Mau Beli Laptop Merek Dell.. Budget sekitar 5-6jt. tipe apa yach… tapi Spesifikasi nya bagus…

    thx…kak..

  2. ya… saya nunggu jugah lhoh artikel adriano nya…
    buat mas/mbak aline : lemarin mbantu milihkan laptop dell, pilihannya vostro yang 6,9 jt an (tipenya lupa), spek nya dhcanggih, tipe prosesor kalo gak salah ingat coreduo, ram 4gb, hhardisk : 350 gb

  3. di sekolah anak saya ada pelajaran robotika, kemarin nyoba buat pesawat terabng yang gak bisa terbang dari foam dan dinamo…
    gurunya saya tawari arduino masih belum ngeh….
    kalau gak keberatan tolong di e-mail spek harga untuk satu set arduino, plus perkakasnya utk membuat robot sederhana, plus bimbingannnya tentu saja.
    wassalam

  4. Mas Purwanto, Arduino adalah board utama nya dan komponen lain tergantung kebutuhan. Kalau mau membuat robot bergerak, cobalah membeli motor, roda dan kontroler nya. Kalau untuk bikin pesawat terbang, perlu komponen yang lebih kompleks, misalnya motor brushless dengan RPM tinggi, servo untuk kendali sirip/flap, remote control, dll. Jadi semua komponen tambahan yang diperlukan sesuai kebutuhan. Tentukan dulu mau buat apa, nanti cari perlengkapan nya. Coba baca2 artikel disini: http://blog.indorobotika.com

    1. Setuju dengan bro tius piepin owner indorobotika :D, kalo robot bergerak mending yang di daratan saja dulu. Kalau yang bisa terlalu banyak komponen yang dibutuhkan.

  5. hah? ada yang namanya piepien?…wah kalo ada saya numpang mengingatkan…yang mengaku punya nama piepien yang mengaku jadi ownernya indorobotika, tuh urusin tunggakannya, Saya pesan barang di indorobotik sejak tgl 9/9/2011 smp skrng blm dikirim padahal sudah transfer ke rekeningnya….

    1. saya tidak ikut-ikutan dengan urusan anda dengan indorobotika lho ya.. mohon diselesaikan secara person to person.

      Numpang ngiklan, kalau mau nyari arduino dan teman-temannya coba ke histla robotics. Barang yang terpampang sesuai dengan stok. 🙂

  6. Saya juga tertipu oleh Indorobotika.com, uang sudah ditransfer tapi barang tidak pernah dikirim. Saya berencana mengadukan Tius Piepin ke polisi. Mohon support dari teman-teman sekalian. Tx.

    1. semoga pihak indorobotika.com segera menyelesaikan masalahnya dan konsumen tidak bertanya-tanya lagi. Tapi jika tidak segera menyelesaikan masalah, jalur ke pihak berwajib mungkin merupakan jalan terakhir.
      Jika ingin berbelanja peralatan robot coba ke Histla Robotic saja pak, stok sesuai di web 🙂 Kalo gak ada saya tulis tidak ada.

      1. mas MK kalo memang gak seperti tius pipien itu, bisa gak kasih indentitas anda, mulai dari alamat rumah/toko yg jelas,sampe profile anda yg jelas. Kuatir aja kyk pipien, lihat sensor suhu kok fotonya mirip cara motretnya dg di indorobotika.

  7. udah cek ke histla, tapi gak bisa menemukan profil yg jelas. siapa anda yg sebenarnya. Kuatir kyk pipien. kondisi indorobotika tidak jelas profilenya.

  8. mas saya mau bikin rangkaian otomatisasi cahaya. saya mau seting nilai intensitas cahaya di suatu ruangan tetap sebesar 600 lux. jika sdh cukup dgn sinar matahari maka lampu mati. jika intensitas cahaya turun maka lampu hidup. komponen apa saja yg diperlukan? kira2 berapa habis biaya nya mas. trim sebelumnya.

  9. Sesungguhnya merugilah orang2 yang menukar kehidupan akhirat dengan dunia yang hanya “mampir ngombe”, jika dikehendaki hidup di dunia miskin maka bersabarlah dalam kemiskinan itu dan jika ditakdirkan kaya maka bersabarlah dengan bnyk sedekah” bertaubatlah akan dusta yang kita lakukan krn belum tentu kita diampuni di akhirat kelak, neraka adalah tempat yang sangat buruk.

  10. Saya menyarankan kepada teman2 untuk tidak mudah percaya sama orang, jika sudah ditipu sama orang maka bersabar dan ikhlaskanlah. Semoga orang2 yang menipu diberi petunjuk oleh Nya

  11. sekedar saran saja. kika mau membeli arduino atau peralatan lainya jangan beli di indorobotika.com, itu web penipu. saya sudah belaja sekitar 250rb sampai sekarang tidak ada kabarnya. email pun tidak ada yang dibalas. kontak telp tidak bisa dihubungi, pokoknya harus hati-hati kalau akan belanja online..jangan sampai ketipu seperti saya..

  12. bro tius piepin ini orang cerdas dalam bidang elektronika, hanya sayang ilmunya tidak bermanfaat…… hanya untuk penipuan. bayangkan kalau dia jadi orang jujur…… pasti akan luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *