Lagi-lagi copy paste

Weblog/blog memang fenomenal. Meskipun ada seorang “pakar” yang sangat membenci blog karena ada beberapa blog yang mengkritik beliau dengan pedas, akan tetapi banyak blog yang isinya tidak hanya itu. Beberapa blog mungkin hanya berisi catatan ringan seseorang, akan tetapi banyak blog yang berisi pengalaman, tutorial dan hingga macam-macam isinya. Dari yang hanya remeh temeh, hingga tulisan yang bagus.

Fenomena blog yang kata sang “pakar” hanya trend sesaat, ternyata tidak demikian. Beberapa gelintir orang terpancing untuk mengkomersialkan beberapa konten blog untuk dijadikan uang tanpa seijin dari penulis aselinya dan diakui sebagai karyanya. Meskipun oleh penulis blog tersebut untuk membaca blognya tidak ditarik uang sepeser pun, kecuali akses internet. Memang sih beberapa blog memasang iklan di kontennya untuk menunjang kehidupan blognya dan mungkin bahkan bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Beberapa saat yang lalu Iman Brotoseno sempat menulis kekesalannya di blognya karena hasil tulisannya di copy paste dengan semena-mena oleh orang yang mempunyai titel cukup panjang untuk dijadikan sebuah buku. Setelah kejadian itu, pendiri Ilmukomputer.com juga mengalami hal yang sama. Artikel di blognya dicopy paste oleh seorang dosen untuk dijadikan sebuah artikel di sebuah majalah. Dan terakhir, cosaaranda, beberapa tulisan di blognya dicopy paste untuk dijadikan sebuah buku oleh seorang mahasiswa S2 di UGM. Seberapa parahkah mental bangsa Indonesia ini hingga orang yang mempunyai titel berderet-deret mengcopy paste konten sebuah blog untuk diakui sebagai hasil karyanya? Jika tidak punya waktu untuk berfikir atau punya ide, mbok ya dicantumkan sumbernya. Supaya sanadnya terus bersambung sampai ke sumbernya.

Semoga tidak semua bangsa Indonesia bermental instant seperti mereka-mereka yang mempunyai titel berderet seperti itu.

15 thoughts on “Lagi-lagi copy paste

  1. seandainya permintaan maafnya diturutin dng sesuai aturan, benernya aku gak akan nulis di blog. Tapi lah kok munculnya di iklan baris :d/

  2. Sama. Blogku juga dicopy paste di banyak forum dan blog. Ada juga majalah yg copy paste, tapi di izin dulu.
    Kalo menurutku sih bangkai pasti tercium baunya.
    Andaikata kita tidak menciumnya. Tuhan pasti tau hal itu.
    Koq ya gak malu. Paling gak malulah pada diri sendiri. Mengeruk keuntungan dari hasil jerih payah pemikiran orang lain.
    So, kalo menurutku percuma mereka menjiplak. Aku jamin gak bakalan bisa sehebat aslinya.
    Kalo udah dikomersialkan, itu berarti udah masuk hukum jual beli. Dan hukumnya haram kalo penulis aslinya tidak mengizinkannya.
    Aku sebenernya juga punya satu pemikiran original. Yg blom pernah dimuat dimedia masa manapun. Karena emang asli ciptaanku. Tapi karena marak copy paste. Ntar takutnya malah dijual ke pihak media dan dianggap itu penemuannya. Kalo gini caranya ya mendingan aku jual aja duluan ke media cetak, baru di posting.
    Salah satu yg udah tampil tentang Theme Vista untuk PDA yg dimuat di Tabloid NewsPonsel.
    Yg baru masih bingung mo ngomong ke siapa, soalnya bukan tentang ponsel, tapi tentang komputer.

  3. Copy mengcopy dah biasa ituh πŸ˜‰
    ada yang ngasih link sumbernya dan ada yang tidak…. tapi yang bikin gue empet cuma hosting bandwidth cepet habis karena link gambar yg ada di hosting sendiri di direct link dan di tampilkan di blog orang lain sehingga cepet habis b/w gue…..
    kalo dah getu… gambar nya gue ubah ajah dengan gambar BF , biar di blognya keluar gambar HOT hahahaha πŸ˜‰

    BolaNaga
    http://www.crypton97.us

  4. mendingan kita tidak mempunyai berita dari pemikiran kita sendiri atau kita copy paste berita tersebut untuk dimasukkan keblog kita sendiri atau untuk membuat buku dengan menyertakan sumbernya dari mana, daripada kita “dianggap” pintar, tapi dari copy paste yg tidak menyertakan asal muasal berita tersebut dari mana. Gimana Bangsa ini mau maju kL kebanyak orang “pintar” tapi pintar boong-boongan.

  5. @ekhan gitaris: Wah kalo pake javascript tinggal matikan javascriptnya lalu copy paste.. Gitu aja kok repot.. Copy paste atau tidak, tergantung moral seseorang, apakah dia berniat mencantumkan sumbernya atau ingin tulisan yang telah dicopy paste tersebut diakui sebagai karyanya..

  6. Saya malah bangga dengan semua konten di dalam blog saya yang 1000% copy paste…

    Mau minta izin sama yang nulis, tapi yg bersangkutan udah meninggal ratusan tahun yang lalu hehehe

    Tulisan terakhir dari Kasturi Kijang adalah HR. Ahmad

  7. Wahh, klo saya ga setuju banget tuh sama yang namanya copy paste apalagi yang betul betul hasil pemikiran kita.

    ya paling ngga kasih backlinknya, jangan malah sok mengklaim hasil karya sendiri.

  8. copy paste email masalah bangsa ini, hukumnya ga jelas sih di negara kita ini

    yang jelas malu seumur hidup, jika namanya ditulis sebagai tukang copy paste di blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *