Kegunaan Sitemap.xml

Saya tidak membicarakan tentang teknik SEO atau sejenisnya. Tetapi saya akan menuliskan kegunaan atau fungsi dari sitemap. Site map atau peta situs adalah arsitektur dari sebuah website untuk memudahkan pengunjung atau mesin mencari dalam menjelajah isi dari sebuah situs. Sitemap juga membantu dalam meningkatkan SEO. (halah kok muncul SEO lagi). Sitemap diperkenalkan oleh Google pada tahun 2005. Dan sekarang Google, Yahoo, MSN, dan Ask bergabung untuk mendukung protokol sitemap berupa XML. Karena XML sitemap telah menjadi sebuah protokol standar mesin pencari, maka XML sitemap menggeser fungsi submit by search engine pada setiap mesin pencari. Jadi tinggal pasang file sitemap.xml di situs anda, maka anda tinggal duduk manis menunggu robot dari mesin pencari mengindex isi dari situs anda.

Blog yang memakai WordPress biasanya secara otomatis memunculkan sitemap.xml pada blog tersebut berupa teks link isi situs tapi tidak tertata rapi. Coba di http://histla.wordpress.com/sitemap.xml. Jika anda mempunyai blog dengan engine WordPress dengan hosting dan domain sendiri silakan install plugin Google Sitemap Generator. Plugin ini secara otomatis membuat file sitemap.xml, sitemap.xml.gz, dan robots.txt. Sehingga akan menjadi sitemap pada blog saya ini.  Dari kedua perbedaan tersebut, menurut saya sebagai manusia, lebih mudah dibaca dengan generator tool dari Arne Brachhold daripada standar dari WordPress.

Sebaiknya untuk mendeteksi kesalahan dari sitemap,  kesalahan DNS, mesin pencari yang tidak dapat mengindeks situs, anda bisa mendaftar di Google Web Master Tools. Dari sana anda bisa mensubmit sitemap.xml anda dan mengecek mengapa situs anda setelah masuk pada halaman pertama mesin pencari tahu-tahu tidak ditemukan lagi.

Jika situs dibuat selain menggunakan WordPress, bisa menggunakan sitemap Generator Tools pihak ketiga. Sebenarnya teknik optimasi SEO sederhana hanya dengan cara tersebut. Teknik lain saya belum tahu, maklum blogger newbie.

30 thoughts on “Kegunaan Sitemap.xml

  1. kalau bikin nya sih gampang, yang bingung..kl dah bikin tapi di google webmaster tool selalu error…itu gimana mas?

  2. Saya baru belajar membuat blog, untuk sitemaps saat ini saya coba pake Google XML Sitemaps, tapi pas rebuild ada tampilan pesan seperti ini “There was a problem writing your zipped sitemap file. Make sure the file exists and is writable”, kenapa yah ?
    Mohon bantuannya
    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *