Install Windows XP di HP 540 (mode SATA disabled)

Setelah saya mempost laptop HP 540 yang keren di blog ini, ada beberapa telpon dan sms yang masuk menanyakan bagaimana menginstall Windows XP di HP 540 ini. Perlu diketahui, Windows XP meskipun sudah SP3 tidak menyertakan driver SATA pada installernya. Jadi ketika menginstall windows XP pada notebook-notebook baru ada masalah, yaitu munculnya bluescreen saat menginstall Windows XP atau tidak mengenali adanya hdd di laptop tersebut.  Ada beberapa cara untuk menginstall Windows XP pada HP 540 ini yaitu:

  1. Mendisable SATA native pada BIOS. Caranya masuk BIOS tekan F10 pada saat POST. Pilih System Configuration – Device Configuration.
    Lalu pilih SATA Native Mode, pilih disabled
    Setelah itu tekan F10, F10, Enter, F10. Insya Allah penginstalan Windows Xp akan berjalan dengan lancar. Asal drivernya sudah lengkap semua lho..
  2. Mengintegrasikan driver SATA pada Windows XP. Caranya sama dengan postingan saya cara integrasi driver SATA pada Windows XP, 2000, 2003. Jika ada waktu akan saya posting cara-caranya dengan lengkap.

34 thoughts on “Install Windows XP di HP 540 (mode SATA disabled)

  1. wah.. ogah ke vista juga rupanya ya.. punya saya terpaksa install vista karena belum paham setting begini.. thanks sharingnya..

  2. sip dah….tutorialnya tersebut dengan catatan ada fitur SATA Native Mode enabled/disabled di BIOSnya…
    lha klo HP seri CQ itu di BIOSnya kan gk ada fitur SATA Native Mode trus gimana….
    bisa ada 2 cara….
    1. Install windows xp yang udah terintegrasi dengan SATA
    2. Downgraded BIOS hehehe
    nah yang cara kedua belum pernah coba euy…..
    ada yang uadh pernah coba lom? hehehe

  3. malam mas, saya install XP di compaq 510 dengan memory 4GB, tapi koq cuma di-deteksi 3GB saja ya?
    bisa minta tolong dong pencerahannya ?
    tapi kalau pake Vista ga ada masalah, bisa terdeteksi 4GB, cuma males kalo pake vista penginnya pake XP.

    btw, thanks buat review-nya ya… saya baru beli compaq 510 kemarin pas 17-an dan review mas Kurniawan memiliki andil yang kuat bagi saya untuk menentukan pilihan, abis pilihan tipe dan merek buanyakkk sekali, bingung kalau ga ada guidance yg pas.

  4. dari dua cara diatas, apa ada perbedaan dari performa windows XP yang dihasilkan?
    lebih baik pk cara yang mana? apa ada efek dari Mendisable SATA native pada BIOS terhadap performa laptop?
    thanks banget infonya

    Secara teoritis sih jika didisable berarti pakai mode IDE yang speed maximalnya 100 Mbps, kalau SATA kan 150 Mbps, sedang SATA II 300 Mbps, tapi kenyataanya tidak ada perbedaan signifikan, kecuali anda pakai SSD Intel yang harganya bisa buat beli netbook 1 unit

  5. makasihhh yaa…kmrn minggu saya baru beli compaq 510 tp saya instal ke xp gak bisa2,,ternyata sata nativenya blm di disable…maksih ya…,,,http://histla.com/smilies/yahoo_bigsmile.gif

    klo compaq 510 itu vganya vga onboard yaa??http://histla.com/smilies/yahoo_think.gif

    klo mau ditaikin bisa g ram vganya?

    mk:sama-sama… iya VGA onboard, RAM VGA gak bisa ditarik, otomatis dari intelnya, kalo main game agak berat/aplikasi 3D agak berat maka akan mengambil sejumlah RAM utama, kalo gak ya cuma pake 8 MB saja. tapi percuma kemampuan Intel GMA gak bisa tinggi-tinggi amat.. Lha wong Vga cuma seadanya

  6. Ga bs tu mas. D system configurasi nya ga ada defic configurasinya. Haduwh.. Gmn nech.. Bios version f.42

    mk: laptopnya tipe apa dulu dong?

  7. kalo di disable aj trz install biasa tanpa di integrasi sata nya gpp kn y? atw ada efeknya? cz dikau jg bkin p0sting integrasi sata. tkutnya abiz install trz di integrasi atw gmn. mh0n pnjlasan nya gan… mksh sblumnya…

    mk: gak masalah sih… tapi lebih cepat kalo SATA di-enabled..

  8. maksudnya lebih cepat kalo sata enabled lebih cepat apanya gan?? klo misalkan abis di disabled setelah install xp, sata nya di enable in lg gk?? atau dibiarin aja disabled? klo istall driver sata nya stelah di install bisa gk gan?? saya msih pk vista nih mw ganti takut knp2.. mhon bantuannya lg gan.thanx..

    mk: transfernya secara teori… sekitar 15%-40% deh…

  9. klo misalkan abis di disabled setelah install xp, sata nya di enable in lg gk?? atau dibiarin aja disabled? klo istall driver sata nya stelah di install bisa gk gan?? saya msih pk vista nih mw ganti takut knp2.. mhon bantuannya lg gan.thanx..

    mk: ma’af kelamaan baru bisa jawab, sebab bandwidth overlimit.. dibiarkan gak masalah kok.. cuma speed ya agak turun… kalo cuma buat ngetik sama internetan sih gak kerasa..

  10. mas klo wat tipe CQ40-530, pa bisa pake cara itu???? cz aku install xp kok ga bisa2….. skrg lgi pake vista…. tp gak betah aku pakenya…. mohon solusinya….

  11. om..kata temenku yg pke CQ 40 -337 TU setelah install Xp beberapa hari kemudian terjadi Blue screen and restart tiap 3-5 mnit..ada solusinya ??

  12. salam kenal mas, saya baru kenal yang namanya komputer, jadi gaptek banget nih he..he..he..buat belajar saya coba instal wd xp sp3 di compaq 510 dan telah sesuai dengan langkah2 yang diberikan, awalnya sih sukses tapi saat dibuat internetan kenapa lelet banget padahal kalo internetan pake pc yg jadul (pentium 3) justru cepat, apa yang salah ya mas. terus terang saya pake cd windows bajakan, apa karena itu. Dan tolong jelaskan apa itu SATA dan manfaatnya buat apa ?…………
    Please……….tolongin dong, trims

    1. di toko-toko komputer besar.. beli yang original ya… 🙂
      kalau mau yang gelap-gelap asalkan akses internet banter download saja dari rapidshare, tapi kalo mau yang matengan silakan hubungi about ya.. 🙂

  13. om saya masih ragu ni soalnya ada temennya temen say itu mau diinstal xp compaqq 510nya saya bingung cari driver trus kata mas Boni itu kalau mau ganti xp kita harus ganti hardisk tu giama jadinya padahal besok pagi leptopnya mau di pakek kerja kepiye kiii??????????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *