HP 540, Notebook Baru Pertama Milik saya

Setelah hampir dua bulan tidak memegang notebook, terpaksa pinjam komputer saudara, akhirnya pada Pameran Komputer di Festival Komputer Indonesia 2009 di Gramedia Expo dan Compuvaganza 2009 di Jatim Expo saya bisa membeli sebuah laptop baru. Awalnya pada hari sabtu, tanggal 13 Juni 2009 saya dengan teman saya Bayu hanya sekadar melihat-lihat pameran komputer di FKI ’09 di Gramedia Expo. Wuih banyak sekali notebook keren dan bagus di sana.  Saya sempat bingung memilihnya. Saya tertarik dengan Lenovo IdeaPad G430 type 59021131, tapi karena barang di Surabaya belum ada saya urungkan untuk membelinya. Akhirnya saya pulang dengan membawa banyak sekali brosur untuk dilihat-lihat di rumah.

Besoknya pada hari minggu kuturut ayah ke kota… (kok malah nyanyi :p)  saya ke Surabaya lagi. Tujuan saya tidak ke FKI, tapi ke Compuvaganza. Saya pantang terhadap beberapa merk, yaitu merk lokal (Axioo, Ion, A*Note, Zyrex, dan lain sebagainya) bukannya saya menjelek-jelekkan mereka, tapi karena situs mereka untuk mendownload driver tidak lengkap, versi lama selalu dihapus dari server mereka, kalau harus ke Surabaya buat minta driver ya malas. Acer, karena modelnya tebal dan rata-rata bentuknya hampir-hampir mirip antara tipe satu dengan yang lain, jadi pasaran. Meskipun Acer selalu menggunakan teknologi terbaru dengan harga yang miring, segudang fitur dimasukkan ke dalam jajaran laptop mereka, tapi kalau harga terlalu murah rasanya gimana gitu. Seperti pepatah, murah njaluk apik :p. Compaq, modelnya kok sama semua ya? Cuma beda jeroannya saja. Mirip-mirip Acer, segudang fitur dimasukkan ke dalam jajaran laptop mereka, cuma Compaq lebih mahal sedikit dari Acer. Kayaknya jadi pasaran. Meskipun saya akui masing-masing merk semuanya mempunyai support yang bagus. Untuk Toshiba jika bukan garansi dari Aneka Infokom Tekindo bakalan susah. Jadi males beli Toshiba.

HP 540
HP 540

Karena Lenovo yang saya cari di Compuvaganza tidak ada juga, akhirnya saya memilih di antara dua merk, Dell dan HP (bukan Compaq), dengan kisaran harga di bawah IDR 6,5 juta. Semua Dell dengan harga di bawah IDR 6,5 juta kok jumlah USBnya cuma 2, saya butuh minimal 3. Disamping itu Dell dengan harga sekian tidak ada webcam. Akhirnya saya melihat HP 540 yang lumayan cantik dari bodynya. Langsing, minimalis dengan tidak terlalu banyak tombol yang membuat mata saya bingung. Meskipun tanpa webcam, tetapi mempunyai USB sebanyak 3 buah, jadi bisa nyolokin 3 device secara bersamaan, tanpa harus copot pasang lagi. Ada bluetooth, menggunakan prosesor Intel Core 2 Duo, meskipun masih menggunakan teknologi 65 nm dan speaker hanya 1. Masih menggunakan chipset lama intel GME965. Harganya? Ini yang membuat saya langsung jatuh hati. Harga asli IDR 6.850.000, tapi setelah mendapat potongan IDR 1 juta tinggal IDR 5.850.000 saja. Saya tambahkan RAM DDR2 Transcend 2 GB PC 6400 tinggal tambah IDR 250.000. Jadi totalnya adalah IDR 6.100.000. Teknologi Fast Charging selama 90 menit inilah yang cukup bagus. Dan jika batere sudah 100% maka pengisian dihentikan dan adaptop langsung ke notebook. Tidak melalui batere. Tapi kalau saya sih tetap melepas batere.

oh iya spesifikasi dari HP 540 ini adalah:

Prosesor : Intel Core 2 Duo T5670 1.8 GHz L2 Cache 2 MB FSB 800 MHz
Chipset : Mobile Intel GME965
RAM : DDR2 PC667 1024 MB x 1, Slot memory 2, Max memory 4096 MB
HDD : 250GB SATA 5400 rpm
Optical Drive : DVD+/-RW Multi LightScribe
Resolusi Video : WXGA 1280 x 800 BrightView
Graphics : Intel GMA X3100
memory VGA : up to 384 MB share dengan memory utama
External I/O : 3 USB 2.0 ports, VGA, stereo microphone in, stereo headphone/line out, power connector, RJ-11/modem, RJ-45/ethernet
Slot Expansi : Slots available for additional devices: 1 ExpressCard/54 slot, Secure Digital (SD) slot
Audio : High definition audio, mono speakers, stereo headphone/line out, stereo microphone in
LAN : Intel® Fast Ethernet Integrated Controller (10/100 NIC)
Modem : 56K modem
Wireless : Intel® Wireless LAN 802.11a/b/g
Berat : mulai dari 2.27 kg
Battery : 6 cell

Meskipun semuanya memakai intel, mulai dari posesor yang menggunakan Core 2 Duo generasi Merom, chipset dan wifi, notebook ini tidak termasuk ke dalam kategori Centrino. Karena chipset yang dipakai bukan intel GM965 tetapi intel GME965. Saya tidak tahu perbedaannya dimana. Oh iya kejelekan dari paket pembelian yaitu : TIDAK DIBERI CD/DVD DRIVER. Jadi kalau tidak memilik akses internet unlimit, sebaiknya minta CD/DVD driver pada tokonya. Jika tidak, siap-siap saja mengelus dada.

Untuk mendownload driver HP 540 silakan download:

Untuk Windows XP

Untuk Windows Vista

Untuk HP Quick Launch Button

Butuh Microsoft .Net Framework 2.0
Kelebihan : Desain minimalis, cepat, fast charger sangat berguna

Kekurangan : Webcam tidak ada, CD/DVD driver tidak ada dalam paket penjualan, speaker mono

Dan saya minta untuk pencuri laptop yang dulu, jangan curi laptop saya yang ini. Sebab saya sudah kehabisan rupiah untuk membeli laptop ini. Saya membeli laptop ini dengan keringat dan air mata.

175 thoughts on “HP 540, Notebook Baru Pertama Milik saya

  1. Lho bukankah ada laptop tipis n murah yaitu Acer Aspire Timeline? Bodynya beda sama seri Aspire laen..
    Anda liat di Compuvaganza ada tipe itu gak?

    1. @Sammy: sudah ditulis, budget tidak lebih dari 6.5 juta, trus tidak mau merk Acer. Lagian saya lihat keyboardnya gedhe-gedhe, jadi kagok kalo nulis pakai Timeline.. 🙂

  2. gw juga baru sebulan nih beli hp 540,wkt itu harganya 6.650.000 tp gratis ram 1Gb hehe mayanlah.. Kalo gw blg enak bgt loh pake ni laptop, ga ribet ky qompaq seri cq(tdnya mo beli seri cq),mo pake windows xp ato vista bisa bgt..main the sims 3 lancar..yg hebatnya lagi tuh cepettt bgt meski lg buka2 banyak aplikasi..pokoknya recomended bgt deh ni laptop..;)

  3. ngga dapet cd driever,tp untungnya saya tambah 50rb sama masnya uda lgs di instalin windows XP berikut semua drivernya,trus semua driver uda d copy di drive D,bistu lgs burn ke cd aja deh..untuk ngatasin speaker mono mas kurniawan pake speaker tambahan aja yg mereknya sonic gear (tipe E903nH9) kemaren saya beli cuma 180rb(di pameran), suaranya jd keren hehe..mas kurniawan audionya pake driver apa?

    1. @romi: Hehehehe.. Nyuruh orang jadi pembajak dong… trus nambahin speaker jadi tambah colokan lagi ke PLN dong..

      audio sih pake SoundMAX, download dari link di atas. Tapi meskipun speaker mono, tapi tetep lebih bagus kok suaranya, sampai full suara gak pecah..

  4. bisan tight budget mas..jd terpaksa pake software bajakan deh hehhe,tp nnt kl windows 7 keluar yg full edition rencana mo pake yg aslinya kok hehehe(ngarep):d..iya sih suaranya uda bagus tanpa speaker tambahan..

  5. Saya bingung deh mas,kenapa ya HP 540 namanya kurang harum,jarang kedengeran gt..yg booming justru Qompaq seri CQ,pdhal banyak yg komplain krn ga bs instal XP dan suka ngehang kl pake vista,smpe skg saya make HP 540 blm ada masalah sama sekali..mas tau ga sebabnya knp? apa cuma karena model qompaq lbh bagus jd org2 lebih milih qompaq yah..sharing aja nih..

    1. @Romi: Jarang yang yang punya berarti limited edition.. gak ada yang kembar dong… berarti bagus juga… Mungkin VGAnya Intel GMA itu yang tidak menarik, apalagi chipsetnya termasuk jadul.. menurut saya gak masalah, yang penting stabil dalam pemakaian…

  6. mau tanya..
    saya punya hp 540
    tapi bluetooth gak bisa hidup
    saat saya bawa ke toko tempat beli, katanya malah gak ada bluetooth.
    kan di brosur2 juga ada
    apa memang gak ada, atau apa yang salah?

  7. @ sitta: wah parah tuh toko kalo sampe blg HP 540 ga ada bluetoothnya..

    @ kurniawan: bener juga sih mas..berarti laptop kita ngga pasaran ya hehehehe..buat masukan aja ni mas supaya laptop kita makin kenceng pake sotware C Cleaner, tuneup utilities, UNIBLUE(speedupmypc,registrybooster sama driverscanner)..dijamin makin ngebutttt hehehehe..

    1. @Romi: otomatis dari intel.. gak bisa lewat BIOS.. semua Intel GMA juga begit, termasuk intel GMA4500 yang terbaru juga begitu.. tergantung aplikasinya, kalo game butuh memori banyak, maka otomatis VGA akan meminta memori utama sampai maksimal

    1. @Ricky : di HiTech Surabaya Mall, beli saja di toko-toko komputer di sana… bilang pake DDR2 2 GB.. harga sekitar 250rb-300rb thok..

      @sitta : Mungkin anda beli beberapa bulan yang lalu, jadi pas saat itu bluetoothnya tidak dipasang sama HP.. seperti punya saya HDDnya sudah 250 GB, yang versi lama masih 160 GB..

      @Angga Eka W: Wah saya belinya di pameran.. mungkin sekarang harganya kembali ke 6 jutaan…

  8. ada critanya ni mas,
    jd udah ada drivernya,,ketika saya install ada preintah hidupkan bluetoth,,
    tombolnya bukannya bareng ma wifi ya??
    tp gak bisa,,
    krena itulan si penjual nya blang ini gak ada bluetoothnya,,,

    gaptek skalii saya..

  9. Mas kalo saya ganti windows 7 kira2 drivernya ilang ngga ya? download driver hp 540 untuk windows 7 dimana ya? Thx

  10. pagi mas…
    saya juga punya HP 540
    tapi kok driver audio nya gk jalan ya…
    saya sudah download driver di link yang mas kasih tapi tetep gk jalan…
    mohon bantuannya …

    Thanks

  11. saya pakai XP SP2 aja kok..
    sudah bisa..tranyata harus install MSUAA dulu baru install driver modem dan sound nya….
    semua udah beres….
    tapi kok sekarang ada 1 device yang belum dikenali…namanya HP INTEGRATED MODULE…ini apa ya?

    thanks

  12. saya pake XP2,,,,

    suaranya udah selse,,, tapi sekarang ada masalah dngan tampilan pada LCD,,

    Tampilannya gak bisa penuh, samping2nya masih kosong,,,

    help me pleasa

    1. @pamungkas: install driver VGAnya… trus masalah sound.. lha mono gitu kok, jadinya ya memang begitu…
      @vsnet: download driver bluetooth ada di link di atas… ukuran 99 MB..

  13. udah selesai kok mas masalahnya hehehe :d
    gk jadi download driver blutot di link diatas..tapi saya install driver blutot external punya saya aja…eh ternyata kedetect…jadi skrg smua hardware udah berjalan normal..

    btw kalau driver HP 540 untuk windwos 7 blm ada ya…
    saya coba install 7 ..driver LAN,VGA,audio gk kedetect smua….klo install ubuntu dan macintosh mah lancar2 aja hehehe

  14. @pamungkas : Pake software SRS audio aja biar makin cihuy suaranya..

    @vsnet : driver win 7 pake driver vista aja..sama persis..

    akhirnya berhasil instal windows 7 di HP 540 gw yg keren ini…..mantabs gannnn…..teteup kenceng..jd bangga :d

  15. malem,,,,,

    mas saya mau tanya,,, untuk tombol Fn+F8/F7 ko gak bisa yach..:-? padahal dulu bisa,,,

    thanks (^_^)

    1. @pamungkas: dah diinstall hp quick launch buttonnya belum?? Install dulu dong… baru bisa dipake Fn+F7 dan Fn+F8-nya
      @toney: kalau gak ada kan download dari situs intel bisa.. pakai intel wireless 3945ABG kan?

  16. gitu ya….ok deh..aku coba install pake driver vista.. untuk win 7 nya.

    btw OSX yang aku pake itu distro ideneb,kaliway,xxx. :d

  17. Salam Kenal, Kalau di HP 540 saya tidak melhat colokan line-in (untuk TV chuner) yang biasanya ada selain speaker out dan microphone, tolong infonya ya.

    Tkx

  18. Salam kenal mas,, mohon maaf sebelumnya, kalau pertanyaan yang nanti saya ajukan terlalu aneh. maklum, kurang ngerti laptop.

    begini mas, laptop yang baru saya beli juga sama kayak laptop mas. tapi koq, dari semenjak beli setiap nyalain bunyinya berisik banget. kayak bukan barang baru. kenapa ya mas? terus, gak bisa pake Headphones, atau perlu disetting dulu??

    terima kasih,, tolong dijawab yaa

  19. mas mau tanya…tentang fungsi-fungsi keyboard pada laptop HP-540…untuk mencerahkan gambar…volume…dll…semua fungsi keyboard pada laptop dah…soalnya laptop saya terlalu cerah…terlalu putih betul…jadi silau…minta tolong ya mas…balas ke email/Fb saya ya mas….
    jun_amik@yahoo.com

  20. oh.. itu buat ngecek ya mas,… ;p
    hehe

    udah dicolokin ke jack…
    biasanya kalo di PC saya, langsung di colok langsung berfungsi..
    nah pas di coba di laptop gak berfungsi.. padahal udah di colok-colok
    wkwkwk

  21. salam kenal mas,saya punya laptop juga hp 540 mungkin seri lama saya beli baru 3 bulan lalu,tapi baru kemarin ada masalah dengan layarnya /layarnya setiap 10 detik itu bergetar ,kalau boleh tau masalahnya apa ya………makasih….mohon infonya

  22. Mas mau tanya niy, ko’ HP 540 saya ga bisa keluar suara dari headphone ya? Headphone dicolokin tapi suara masih keluar dari speaker mono-nya.
    Kebetulan saya beli 2, dua2nya sama penyakitnya. Tolong bantu… Thanks
    Btw, salam kenal :d

  23. Mas Riso,, kayaknya masalah kita sama deh..

    udah di colokin ke jack sebelah kiri dan hasilnya tetap keluar dari speaker. padahal di PC saya yang lain headhonenya bisa nyala. kenapa ya mAs,,,

  24. Selamat pagi mas..
    Mau tanya,tolonggg bgt dijawab ya??
    Rncananya akhir bulan ini saya mau dibeliin laptop sama orang tua, dan saya sangat trtarik dgan riview mas diatas, jd pgen beli Hp 540 juga..
    Yg mau saya tanyakan, gmana caranya saya mendapatkan Hp 540 yg hdd nya uda 250gb sprti pnya mas kurniawan? Apa skrg ini yg beredah di toko2 hdd nya uda 250gb smua?
    Soal hp Compaq CQ series,jujur saya masi rada bingung dan apa bdanya dgn Hp 540.. Maaf ya mas kalo prtanyaannya katrok(coz bner2 gtw),emang dsrnya sy wong ndeso.Hehe
    mudah2an pertanyaan sy djwb. Makasih sblumnya.

    1. @Febryan: kelihatannya sih iya sudah 250 GB semua.. beda dengan Compaq CQ series, kalo CQ series gak ada Express Cardnya.. trus model CQ series pada bagian belakang lebih tebal dari bagian depan, itu menurut saya jelek. Sedang untuk HP540 dari depan ke belakang bodynya sama tipisnya.

      Kalo mau yang lebih bagus, tapi dual core coba lirik Toshiba Satellite L510-P401. Tipe baru prosesor 45 nm, lampu LCD pakai LED, ada HDMI, Combo E-SATA/USB2.0, Layar 16:9, web cam, minus express card. Harga kurang lebih hampir sama dengan HP 540.

  25. halo mas,, mw tny nih… saya rencana mau beli hp540 dan udah tanya2 ama si penjualnya, sama penjualnya ditawarin mau yang garansi resmi ato bukan garansi resmi, tapi garansi toko coz yg garansi ga resmi lbh murah kena 6,1jt(resmi 6,3jt). apa sih bedanya? g resmi apa sama dengan BM y? terus klo saya mau beli yg g resmi, mau install drivernya kira2 bisa ga? trims.. btw, slm kenal y…

    1. @Budianto: selisih 200rb saja kok… gak terlalu banyak. Kalo saya sih ambih yang garansi resmi.. memang HP bandel dan tahan lama, tapi tidak ada yang tahu ke depannya bukan? Bukannya mengharapkan barang rusak, tapi jika terjadi kerusakan kan lebih mudah jika garansi resmi…

      @all: ternyata setelah saya buka blog ini disitu disebutkan bahwa HP 540 diganti dengan Compaq CQ500 series. Saya lihat di bhinneka tentang Compaq CQ510 dan CQ510 PA harganya lebih murah dari HP540. Bentuknya sangat mirip, dan chipset yang digunakan pun sama. Tetapi CPU dari CQ500 series lebih tinggi (pakai T5870 2 GHz, HP540 T5670 1.8GHz), di samping itu jika HP 540 menggunakan logo HP pada belakang layar monitor, CQ 500 series menggunakan logo Q yang besar seperti pada laptop Compaq pada umumnya, ukuran layar 14″ wide seperti laptop baru dengan resolusi 1366×768 pixels (HP 540 14″ 1280 x 800), dengan LED display (HP 540 fluorescent). Jadi buruan beli HP 540 kalau mau mendapatkan laptop murah terakhir dari HP dengan logo HP. Tapi kalo mau lebih murah lagi dari HP tapi dengan logo Q besar ya beli saja CQ 510.

      Tapi menurut saya sih bagusan HP 540, sebab saya hanya punya HP 540 hihihihihihih =)) =)) =))

  26. malem mas,
    aku tertarik banget ma review diatas, jd pengin bli. pi kayakna chip set grafisnya intel ya mas. it apakah bisa kuat klo dipakai desgraf atau arsitektur? biasanya yang saya tau pk ati ato nvidia.
    maaf klo pertanyaannya aneh (termasuk kalangan gaptek hehehe)

    1. @aiia: desain grafis gak butuh vga kelas tinggi deh… yang penting RAM diperbesar saja untuk menyimpan sementara hasil kerja sampean… kalo arsitektur yang 3D, saya belum pernah nyoba, tapi kayaknya sih butuh vga 3d yang lumayan.. kalo saya sih mending pake desktop saja… VGA jelas nyata, mudah diupgrade..

  27. sore mas,
    akhirna aku bli compaq 510.pi ni buat bokapku. 😀
    mslhna tyt sama dg compaq yg lama. ga bs xp.:((
    bs mint tlg bantu carana instal xp ga mas.
    makasi sblom’e

  28. saya punya laptop yg sama dgn anda. bru sminggu beli, touchpadnya udh rusak, ga bisa dklik kiri. solusinya gimana ya? thanks.

  29. mo numpang nanya nih. aku coba cari compaq cq510 di bhinneka koq ga ada ya. bisa minta link-nya ga ya? karena aku tertarik beli, tapi mau liat spek dulu.

    thanks sebelumnya.

    1. @Gunawan: di bhinneka ternyata sudah tidak ada lagi.. mohon maaf tidak bisa memberi link, tapi ada link dari situs HP tentang Compaq 510 ini.. semoga bisa membantu
      @Mei: sudah diinstall driver synaptic touchpadnya? Kalau rusak coba bawa ke HP center terdekat.. pelayanannya No.1 kok..
      @imam tohari: sudah diinstall drivernya? kalau rusak, coba tanyak ke HP Center terdekat.. atau sudah diinstall HP Quick Launchnya?

    1. @gunawan: bagus pro book 4410 kalo dilihat dari chipset lebih baru, hdmi, WiFi sudah draft-N, Windows Vista sudah ada meski cuma Home Basic (bisa dibuang gak ya? alias minta pake linux saja, lumayan bisa dapet potongan $80-an)

  30. malem mas,,,
    saya juga pnya HP540
    saya mau tanya,,,, klo saya lagi burning ko getarannya agak keras,,, apa semuanya gitu atau pnya saya yang agak error??
    Thankz alot…

    1. @pamungkas: bukannya semua notebook getarannya memang agak keras begitu, untuk tune up utilities, saya tidak pernah memakainya… sebab dengan CPU intel core 2 duo dan RAM 3 GB saya rasa tidak membutuhkannya.. Saya terbiasa dengan backup pakai norton Ghost, jadi kalau OSnya rusak atau sudah lambat, saya kembalikan saja ke installan awal.. hal ini lebih praktis daripada memakai utility yang kadang menyusahkan..

    1. @maco: HP Probook 4410s
      Intel® Core™2 Duo Processor T5870 (2.0 GHz, FSB 800, Cache 2 MB)
      Intel 45GM
      Intel® Graphics Media Accelerator 4500MHD 384MB (shared)
      HDD 250 GB Serial ATA 5400 RPM
      DVD±RW SuperMulti DL LightScribe Drive
      LAN 10 / 100 / 1000 Mbps
      Intel Wireless 5100ABGN
      Microsoft Windows Vista Home Basic

      TOSHIBA Satellite M300-S4313
      Intel® Core™2 Duo Processor P7350 (2 GHz, FSB 1066, Cache 3 MB)
      Intel 45PM
      ATI Mobility Radeon HD 3470 1021 MB (shared)
      HDD 320 GB Serial ATA 5400 RPM

      DVD±RW
      LAN 10 / 100 Mbps
      Intel Wireless 5100ABGN
      Microsoft Windows Vista Home Premium

      Dari harganya sih mahal Toshiba, trus lihat yang saya tebalkan di atas itu yang lebih baik.. Jadi silakan dibuat kesimpulan sendiri ya…

  31. mas mau nanya sekali lagi.. punya driver modem compaq 510 utk XP ? saya sudah cari di website HP tp ga nemu sama sekali, yang ada utk vista.
    padahal di XP saya, ada 1 device yg ga ada driver nya yaitu modem itu saja. yg laen beres.

    mohon bantuannya ya. thanks a lot

  32. sudah mas, tapi yg ada tuh driver modem utk vista, sedangkan utk xp tidak ada, bahkan dari link yang ada di tulisan mas.

    apa bisa pake driver modem hp 540 ya?

    thanks

  33. mas mau tanya,, saya baru dua bulan punya HP 540.
    saya coba maen game single 2, baru 2 menit maen si gamenya jadi freezing, terus muncul tampilan biru. dan dia ngasi tau kalo igxpdr32 nya eror. igxpdr32 apa ya mas? terus ngebenerinnya gimana???

    mk: itu kayaknya driver VGA lagi konflik. Solusinya ya install ulang driver VGA

  34. ikut nimbrung ah…
    mas, adik sy jg pakai hp540, tp sering trouble. FYI: memori sdh diupgrade jd 2 GB (corsair 1 keping). memori asli dilepas. masalahnya sering blue screen, trus klo dinyalakan, kadang gak ada tampilan apa2/blank di layar, padahal laptop nyala lho. gmn dong..
    tempo hari jg ada masalah dg LCD (sering freeze/hang, trus ada pola garis merah horisontal) spt ini: http://www.youtube.com/watch?v=NhdY9Muax-E. alhamdulillah skrg LCD sdh diganti. tinggal masalah2 hang/blank di layar itu yg masih terjadi. apa ini karena memory (Corsair) yg tidak cocok ya? apakah chipset intel memang hanya cocok dipasangi dg memory tertentu? bls via imel jg ya.. thanks.

  35. Pagi… Huft.. Setelah seminggu browsing2 n nannya2 tmn soal laptop apa yg bagus dgn budget 6,5 juta… Akhirnya ada 2 pilihan.. Antara hp compaq cq 40-416 (AMD)
    Atau hp 510 (CORE 2 DUO) mnurut mas pribadi pilih yg mana? Truz saran mas mending pake OS apa..? Mohon banguannya.. Coz saya ngga ngerti alias nol besar ttg laptop… Sebagai info, ini bakal jadi komputer/laptop saya yg pertama.,, salam dr bali.. Thx

    1. @urang: saya gak pernah pake backtrack linux jadi gak tahu mengenai wireless
      @Fajar: untuk laptop saat ini jangan pilih AMD deh. Sebab manajemen daya AMD untuk saat ini masih boros.. Entah beberapa tahun lagi kalo AMD sudah bagus manajemen dayanya.. Jadi pilih Intel saja deh..

  36. sy sdkt byk terpengaruh sama tulisannya. Akhirnya hp540 terbeli. Sy punya pengalaman buruk dg cq40, masa’ mainin winamp sm spider aja bs hang, males bgt, untung aja itu laptop kantor.
    Kesan pertama pake hp540, mmm gak gampang panas, trus lmyn ringan n tipis, adapter kecil, jd lbh ringkas, harga lmyn murah.
    Btw trims info dr semuanya.

  37. saya barusan membeli notebook yg sama, tp punya saya yg dr compaq, spek dan bentuknya persis sama cuma beda punya saya ada webcamnya. harga Rp.5.5jt new.. BTW, udah nyoba install machintos ideneb blm bos ?

    belum punya instalernya

  38. mo nanya ni 🙂 klo HP 540 yg hdiskny 160 GB itu ada bluetoothnya ato ga ?? trus aq ditawarin OS original dan akhirny pilih itu skalian minta instal microsoft VB 6.0 tpi pas dijalankan muncul error alias instalnya ga sukses..nah klo itu apa ada pengaruhny antara OS ori tpi software yg diinstal kopian

    minta pencerahanny ya mas makasi

    mk: Vista/XP? kalo Vista gak bisa diinstall VB 6.0.. Kalo XP baru bisa..

  39. @ mazhel : ideneb skrg udah vrsi brapa boss?
    udah 10bulan gk ikutin versinya…aku punya ideneb,kalyway,xxx tapi lupa versinya…

  40. Udeah pilih XP dan mauny aq instal ulang tpi skr VB ny malah ga bs d remove.bingung nih pdhl tgs bnyk , mnt saranny mas gmn carany bt instal.makasi

    mk: kayaknya installer VB6nya yang error deh

  41. Tertarik notebook HP 540 dipasangin OS yg cantik milik App*e, bisa lho, penasaran nih… berkunjung aja ke:

    ***KOMUNITAS PENGGEMAR OSX86***

    >>http://www.mac-inul.com < < To admin thanks space komentarnya ya! Maaf OOT ya.... 🙂

    mk: halah webnya dihost di servernya ITP kan? pengurus full adalah si balthazor?

  42. AsSalamualaikum..
    Mas,saya mau bli nb compaq 510,tp stlah membaCa d be2rapa artikel oNLINE,saya menjadi ragu mas..MenuruT mas kurniawan,cq 510 itU gmN siH?Apa kedEpanNYA bkal byk ngalamin tr0uble,serta sulit dlm maintenance n repair nya?!
    M0hoN diberi solusi ya mas,agar saya mantap untUk membeli cq510 ini,krn sudh lma sya tertarik dg tipe dan sPek nya..
    Terima kasih

    mk: bagus sih… Tapi coba deh lirik DELL Vostro 1014 lebih lengkap, harga sama..

  43. mas mau tanya plis di jawab…

    kemaren blutut saya gak bisa hidup,, setelah di cek oleh teman katayna driver nya gak ke install.. akhirnya saya instal sendiri..
    selesai install, dia minta di restart.. dan setelah restart itu laptop gak mau nyala-nyala lagi.. kenapa ya mas???

    sekalian tanya,, garansi 1 tahun itu bisa dipake berpa kali perbaikan. satu kali aja atau berkali2??

    mk: sampai laptop normal… kalo gak puas ya dibalikin saja ke service center HP

  44. permisi, mau tanya niy.. HP 540 ku niy br diinstal, tp kok sound’nya ndak bisa diinstal yah..
    kata’e sound driver’nya ndak suport..
    cari nag internet susah..

    minta solusi dong, PLEASE..

    :((

    mk: maaf kelamaan balas, OS apa? XP SP2? Vista? Linux? FreeBSD?

  45. asw,
    maaf mas agak gaptek.
    apa gunanya driver itu ???
    kira2 harga dell vostro 1014 itu bkl naik pa turun.
    makasih.

    mk: tergantung dollar… bisa naik bisa turun… tapi harganya fix $619

  46. mohon maaf sekedar mau numpang , untuk HP 540 bisa di install Tune Up utilities 2009 tapi win Xp nya harus service pack 2 , kalo tune up uitilites 2008 bisa pakai win xp service pack 1 makasih

  47. mas…mau nanya…scroll di touchpad HP 540 ku kok ga bs dipake y???atau emang ga ada scrollnya???(Garisnya itu cm hiasan doank?)

  48. mas mau tanya nih..
    saya kan punya HP 540 juga
    nah waktu booting dan masuk windows layar monitornya bergetar parah….seperti bayang2 gitu…trus kalau sudah masuk windows di atas dan bawah layar ada garis sebesar 2mm yang bergetar trus menerus.
    saya sudah pernah tanya temen..katanya HP yang akhir2 ini memang kelemahannya di layar monitor…apakah bener begitu..
    trus kira2 bisa diperbaiki gk ya?
    atau janagn2 malah ganti layar laptop nih ….
    pdhl baru beli 6bulan HP 540 nya …

    thanks

          1. punya mas udah diservis?
            planningnya….mau ganti ajalah…
            setelah baca2 postingan diatas…jadi tertarik pingin coba dell vostro…
            DELL VOSTRO vs Compaq 510 hehehe

  49. mo ty mas…
    sy pake hp 540, windowsy sy gnti win 7…eee mousey gak k detect ad pesen “usb device not recognized”, tp klo bwt flashdisk gak maslh….ap driver hp540 lum support win7 y? solusiny gmn nich?…
    LCD sy jg bermsalah sma d atas….

  50. saya jg punya laptop HP 540, dah hampir setahun…. tp sekarang mulai rusak…. bw ke tempat sevis katanya motheboad nya rusak…. 🙁
    jadi bingung harus gimana….. mana segel garansinya sdh rusak lagi…:(
    tw harga motheboard gak.. ap ad yg sejuta-an?

  51. mau nanya ni mas untuk laptop hp 540 kira-kira untuk di pakai 24 jam dalam waktu setahun bisa gak ya soale bingung mau beli produk hp 540 pa acer aspire 4732z

  52. Bro, aku mau install win 7 ke HP 540 ku niy….tlng dunk link download nya…skrng aku masih pake xp sp3..tlng y bro…

    1. Sebagian besar langsung detek kecuali scroll touchpad synaptic, quick launch button, itu thok.. Pakai driver Vista bisa… nanti tinggal jalankan automatic update, driver jadul akan diupdate secara otomatis..

  53. mas, kantor saya beli HP 540 partai besar untuk dipinjemin ke karyawannya. LCD banyak yg bermasalah, mulai dari garis merah di bagian bawah smp layarnya getar smp gak kliatan apa2 ky ngeblur gitu.
    emang klo dibawa ke service center langsung diganti baru ya? berapa lama waktu nunggu penggantinya datang? soalnya buat kerja klo ditukar kelamaan ntar kerjaan jd terbengkalai.

    1. Saya servis di surabaya, menurut Customer servicenya bisa sampai 2 minggu nunggu parts LCDnya datang dari Jakarta. Mulai saya service 3 hari yang lalu, dan pihak HP menjanjikan akan menghubungi saya jika Laptop saya sudah selesai. Sebenarnya menurut pihaik HP laptopnya masih bisa dibawa pulang, nanti saat part pengganti datang, dihubungi pihak HP untuk dibawa ke service center. Tapi saya tidak kepikiran menggunakan monitor PC sebagai pengganti LCD laptop, ya terpaksa saya tingggal di HP Service Center Surabaya..

  54. @ M kurniawan

    mas… LCD HP 540 saya ada kaya bayangan yang kira2 tiap 3 detik selalu muncul…. saya mau tanya,,, ap laptop mas yang d bawa k sby dah bisa normal kaya dulu lagi??

    Thanks b4 🙂

    1. silakan bawa ke hp service center, selama masih dalam masa garansi, LCD diganti tanpa biaya sepeser pun.. Punya saya juga begitu.. Kata CSnya kerusakan hanya pada kabel flexibel, tapi diganti total unit LCDnya… Pengalaman saya prosesnya hanya seminggu

  55. mas..ikut nanya dungss,,,ak punya juga neh hp540,,but kalo plugin headphone sound di headphone ga muncul,,kira2 knapa yachh ???
    thanks

  56. Assalamualaikum, mas numpang tanya nih..sy berencana beli HP540 sebagai pengganti LenovoG450 sy yg dicuri wkt di Bis Jogja Surabaya..hehe. Kira2 model ini ‘worthed’ gak utk kerja sehari2? Dr blog ini koq sy baca keluhan pd LCD? plz share pengalaman..tq

      1. Kmrn jg udah nglirik2 Compaq, Dell, Acer, Asus yg sekelas.. tp dr pertimbangan ‘form factor’ dan jg budget (utk HP540 sy dpt hrg dbwh 5) koq ttp ke HP540.. hehe

  57. mas mo tanya dunk..

    compaq 510 nge-hang setelah di pake seharian dengan charger masih terpasang. udah di coba lepas batrei, trus coba dinyalain, tapi ga bisa. ada solusi ga mas??

    makasih..

  58. mas hp540 ku kalo plugin headphone kok kayak g ngedetect gitu ya? dah coba pake speaker external juga g bisa, padahal kalo di coba ke komputer laen bisa kok

  59. Gan…minta tolong donk…LT HP probooks 4410s saya kena virus,pas sialnya lagi backup-an driver nya di drive D: juga kena, n pada ilang semua…saya coba donlod drivernya di situs resminya HP, buat OS xp sp 3, setelah saya coba install selalu ada pesan cannot unpack this file…ada yg bisa tolong kasih solusinya..makasih gan

  60. Gan..minta tolong nih, ada yg punya driver LT HP probooks 4410s ngga ? coz LT-ku kena virus n mau saya reinstall, tapi masalahnya backup-an driver ku yg di drive d: juga pada ngilang…saya dah coba donlod di situs resminya HP..tapi ada sebagian driver yg tidak bisa di install…seperti driver grapik,chipset,bios dll…..btw saya pake win XP pro sp 3…ada yg bisa bantu ngga kasih solusinya..thx

  61. Bos, saya juga punya laptop HP 540, tapi kini nampaknya adaptor kabel powernya rusak. Bisa bantu saya bos dimana beli adaptor kabel power untuk laptop HP 540 tsb n brp harganya ya? Kalo bisa yg jual online bos. Sy tanya di bhinneka ga ada. Saya tinggal di kota bangko Jambi.
    Trims bos

  62. lam kenal….. sy dr kuningan jawa barat
    mo nanya nh mas, HP 540’ku LCDnya ada garis warna hijau ma merah. trus antara garis itu k bawah gambarnya gak mo diem. itu knp ya mas???
    LCD atau cm kbel fleksinya kah…..???

      1. begini … touch pad saya pernah kena air , jadi agak terkelupas gitu .. saya ingin ganti yang bagian touch pad nya yg terkelupas itu .

  63. Ass. bro, ane baru beli hp 540 u/ customer (as request), sempet bt jg ga bisa install xp, Alhamdulillah ada temen ngasih link bloq ente ini, problem solved. semoga amal ente bertambah 😀

    nah sekarang ada satu lagi nih setelah xp dan semua drivernya terinstall, ane cek di device manager koq masih ada satu yang belum ke detect yah?? (semua software dari situs resminya udah gw sedot) setelah dipikir2 kayanya itu card readernya dan di explorer jg ngga ada, dimana yah dapetin driver nya, dead line ane senin boz.. T_T

    thx b4

    1. Driver CardReader kayaknya gak perlu bro.. di tempatku memang gak ada, tapi pas ditancepin MMC/SD card keluar tuh.. coba HP Quick Launch buttonnya diinstall dulu.. sebelumnya install dotnet framework 2.0 dulu…

      1. gitu ya boz.. okelah ditancepin auto detect, trus yang segitiga kuning di device itu apaan yah?? (unknown device) tinggal satu2nya, sakit mata gw ngeliatnya, ane blm coba pake driver detective sih.. trus dotnet framework itu = microsoft net framework yah?? thx replynya ya boz. 😀

  64. Assalamualaikum mas kurniawan,

    Saya baru beli HP 540, setelah saya pakai beberapa hari, windowsnya sempat saya restore krn Avira saya detect virus krn software yg saya install.

    Setelah saya restore Windowsnya, icon battery dan network di taksbar (pojok kanan bawah) kok nggak tampil. Padahal di menu battery dan Network, sudah saya “centang” untuk tampil (always show icon on the taskbar)

    Itu kenapa ya? sudah saya coba install ulang driver2nya tapi tetap seperti itu. atau karena windows yg saya pakai tidak orisinil ya?

    Terima Kasih,

      1. Windowsnya sudah saya install ulang mas…

        Indicator battery dan network sudah muncul.

        Tapi Soundcardnya kok tidak bisa saya install ya? waktu saya install, remarknya seperti ini: “The HDA Audio bus driver is required not found”

        Dan untuk menerangkan dan menggelapkan monitor (Fn+up dan Fn+down) tidak berfungsi.

        Mohon bantuannya mas Kuriniawan..

        Terima Kasih,

          1. Untuk Quick launchnya sudah oke mas.. tombol shortcutnya sudah bisa.

            Soundcardnya yang belum bisa. Saya pakai XP SP3. MSUAA nya juga sudah saya install. saya sudah coba yang “sp33566” ataupun yang “sp33867”.

            Tapi sewaktu menginstall ADI SoundMAX HD Audio Driver for XP (sp39428), tetap keluar tampilan “The HDA Audio bus driver is required not found”

            Kira2 apanya yang kurang ya?

            Terima Kasih, maaf jadi merepotkan

  65. Dear Mas Kurniawan,

    Audio di HP 540 saya sudah bisa diinstall. OS saya pakai XP SP3.

    Sebelumnya, tiap kali saya install “ADI SoundMAX HD Audio Driver for XP” selalu muncul alert “The HDA Audio bus driver is required not found”

    Ternyata dari hasil searching, beberapa Installer XP SP3 tidak menyertakan “HDA Audio bus driver”

    Numpang masukin caranya instal Audio unt HP 540 dengan OS XP SP3 ya mas, siapa tau ada yg butuh.

    Bila Audio di HP 540 dengan OS XP SP3 tidak bisa diinstall, berikut langkah2nya:

    1. Install “kb888111.exe” di link berikut : h**p://rapidshare.com/files/124178667/kb888111.exe (ganti bintang dengan t)

    2. Click Start => Run => ketik “REGEDIT” dan cari “HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetControlWindows”
    Kemudian cari “CSDVersion Key”

    Legendnya sebagai berikut:
    100 (hex) unt SP1
    200 (hex) unt SP2
    300 (hex) unt SP3

    Ganti CSDVersion dari 300 ke 200 dan Restart

    3. Sekarang install “kb888111xp2.exe” dan kembalikan CSDVersion ke 300

    4. Restart dan anda bisa menginstall “ADI SoundMAX HD Audio Driver for XP”

    Selamat mencoba. Dan terima kasih mas Kurniawan, masukannya banyak berguna bagi saya dan laptop baru saya HP 540

    Terima Kasih,

  66. tanya kenapa ia laptop ku HP540 sering “HANG” saat di gunakan WiFI di TKP. baru buka mozilla 10 detik langsung HAng.. total. kenapa ia mas itu..?? terima kasih

  67. Q jual laptop HP 540
    Tanpa baterai…
    Sapa yg mw?????CPT,q butuh uang…
    Saya jamin 100000% punya sendiri kualitas ok punya

    windows 7 Ori
    minat hub : 08564678xxxx
    Harga : 2.8Jt NEGO

  68. Mas hp probook 4421s diinstal Xp sp3 kok lambat bgt bootingnya knp?pci simple communication controller utk apa?driverx ga ktm..sy cb instal win 7 bs cpt,tp pas instal google earth ga bs krn vganya ga support directx 11.bs minta tlg gmn solusinya?terima kasih byk

  69. asyik juga baca baca disini sambil ngerokok dan se ceret kopi..hehee
    kbetulan ane juga pengguna HP540, dan mengalami problem yg sama dgn peyan, sampe sekarang LCD laptopku bisa dilihat (hanya dilihat saat nyala atau mati :)…tapi gak bisa kerja, (ketutup sama gelombang tsunami, layarnya bergetar 7,8 skala richter) 🙁
    pernah bawa ke HP center diBali, ternyata biaya ganti LCDnya kalo gak salah antara 2,5jt – 2,9 jt, so…bawa balik lagi dan pikir2… akhirnya baru2 ini ane belikan monitor Acer seharga 1jt, dan kmaren mau instal ulang keyboardnya malah gak respon, akhirnya beli lagi keyboard USB (75rb), jadi HP540 ane malah jadi CPU… :(….
    awalanya mikir mau jual nih laptop, tapi harganya pasti hancurrr, dan yg utama berhubung laptop kesayangan bini, jadi gak bakal dijual, sejak 2009 s/d coretan ini muncul masih ditemani HP540… skrg ane pengen mempercantik interior nih laptop. mohon bantuan dari master2 skalian..
    dan mungkin ada saran untuk exteriornya juga.. 🙂 🙂 🙂

    1. memang HP540 produk yang banyak defectnya. Punya saya pun begitu. Tapi untung (atau rugi ya?) ane suka meng-abuse alias menggunakan produk komputer sampai mentok di atas kemampuannya. Jadi sebelum 1 tahun ketahuan LCDnya goyang dombret. Jadi bisa masuk service tanpa biaya. 🙂
      Dan sampai sekarang pun laptop ini masih menemani, tentu setelah ganti batere beli di jakartanotebook.com, kemana saja. Karena ini produk lawas, LCDnya gak secerah LCD laptop baru. warnanya kuning. Gpp lha wong gak buat edit photoshop kok 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *