Google Apps

Sudah dua bulan yang lalu aku menggunakan Google Apps untuk email domain ini. Lumayan bisa menghemat bandwidth hosting yang cuma 750MB per bulannya untuk semua mailing list yang aku ikuti.

  1. Caranya, masuk ke http://www.google.com/a/ lalu klik get started, sign up yang free; cuma bisa dapet email 2GB.
  2. Lalu sign in dengan account google anda kalo sudah punya, kalo belum punya create an account untuk membuat google account.
  3. Lalu masukkan domain yang anda punyai.
  4. Isi form dengan lengkap
  5. Lalu next, isi alamat email untuk administrator, beserta passwordnya, lalu accept saja gak usah dibaca. 🙂
  6. Tinggal diverifikasikan domain tersebut apakah benar milik kita ikuti saja langkah-langkahnya, kaloaku sih upload file html daripada mengubah CNAME.
  7. Lalu tinggal ubah MX email kita melalui cpanel – mail – modify mail exchange saja beres.
  8. Untuk bisa mengirim email tunggu kira-kira 1-2hari baru bisa.
  9. Untuk mengaktifkan POP3 dan SMTP, silakan login dulu ke account anda di http://mail.google.com/a/namadomain.com; namadomain.com = domain anda; aktifkan dari setting.


Technorati : , ,
Del.icio.us : , ,

8 thoughts on “Google Apps

  1. wah.. keren tuh kur 🙂 thx banget yakk…

    wekekekek.. yang dah merit, foto2nya dah diupload belum??

  2. kur, aku dah buat nih. mau tanya cara redirect gimana caranya ..? misalnya aku buat subdomain di hernawan.web.id jd mail.hernawan.web.id yang lsg menuju ke google.com/a/hernawan.web.id piye..?

    Jangan di mail.hernawan.web.id dhet.. Sebab rata-rata hosting konfigurasi pop3 dan smtp server untuk mail client menggunakan mail.namadomain.tld, sebaiknya di surat.hernawan.web.id saja. Oh iya, cara redirect di Cpanel X, pada menu subdomain – setup redirection, tinggal arahkan ke google.com/a/hernawan.web.id saja.

  3. thx kur, akan aku coba 🙂 skr msh belum sempat nih, maklumlah pc kantor jd pakai pc nya sambil benah benah pc. nggak enak kalau diliat boss 😛

    Wekekekek… online dari kantor nih.. enaknya ada koneksi dari kantor.. kalo gw sih biaya sendiri.. hiks.. 🙁

  4. salam kenal
    Saya sebelumnya belum punya domain apapun, kemarin daftar di google apps domain baru untuk sekolah. yang belum beres sampai sekarang verifikasinya. mau menggunakan upload HTML tapi gak ketemu harus klik apa. stringnya sudah saya bikin jadi file dengan nama “googlehostedservice.html” pakai notepad, tapi uploadnya gimana caranya? tolongin, ya

    1. #semoel : upload di root domain anda.. kalo belum paham, sampean sudah punya hosting? di tempat yang ada file index.htm atau index.php atau sembarang yang ada di halaman depan situs anda ditaruh file googlehostedservice.html tersebut. Dan itu berada di server tempat anda hosting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *