Ganti theme wordpress pengunjung turun?

Setelah ganti themes dari yang lama ke yang baru, saya bertanya-tanya mengapa pengunjung yang kesasar ke blog saya ini kok semakin sedikit? Membaca tulisan dari mas cosa tentang Pengaruh Perubahan Theme Terhadap SEO, membuat saya tersadar, ooo ternyata ada perubahan struktur desain kode html yang signifikan. Penyebab pergantian theme ini adalah karena saya akan menambahkan beberapa kode pada single.php di theme blog saya ini hingga tanpa disadari saya menghapus satu baris penutup </div>. Akhirnya layout pada pada halaman artikel kacau balau.

Setelah saya ganti, biasanya pengunjung blog ini sekitar 200-an, beberapa hari terakhir ini pengunjung blog ini hanya di bawah 10 pengunjung, paling jelek cuma 3 orang. 🙁 Daripada sepet lihat blogstats yang gambarnya semakin jelek, saya cari satu persatu kesalahan yang saya buat, akhirnya ketemu. Pada kode penutup </div> saya hapus. Saya ketik manual saja dan alhamdulillah layout pada halaman artikel kembali normal dan saya mengembalikan theme saya. Mudah-mudahan theme lama bisa menaikkan jumlah pengunjung yang kesasar di blog ini. 🙂

Berikut screenshoot Blogstats dari pada wp-admin :

8 thoughts on “Ganti theme wordpress pengunjung turun?

    1. @Daniel: dulu pernah dibahas di blognya cosaaranda.. terlalu sering ganti theme membuat search engine kebingungan.. tidak apa-apa jika ganti theme, tapi gak terlalu sering..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *