Fair Usage Telkomsel Flash yang tidak Fair

Memang sudah sebulan lebih saya tidak memakai Telkomsel Flash lagi. Tapi melihat ribut-ribut komplain dari pelanggan Telkomsel Flash Unlimit dimana penurunan penggunaan maksimum speed 256 Kbps dari yang awalnya 3 GB, lalu turun lagi ke 2 GB entah mulai kapan dan terakhir pada awal September 2009 yang lalu diturunkan menjadi 500 MB. Karena gencarnya komplain, ada dua macam kompensasi buat pelanggan. Untuk pelanggan dengan kontrak modem, fair usage 2 GB akan berlaku sampai kontrak dengan modemnya selesai, sedang untuk pelanggan biasa fair usage 2GB dikembalikan sejak tanggal 1 Oktober 2009 – 31 Oktober 2009. Pengembalian fair usage yang cuma 1 bulan memang patut dicemooh pengguna.

Alasan Telkomsel memangkas Fair Usage seperti yang dikutip dari detikinet karena “Pemberlakukan ini didasarkan pada data perilaku pengguna Telkomsel Flash, di mana 60% rata-rata menggunakan data 500 MB per bulan” dan “Pemberlakukan ini didasarkan pada keinginan untuk membatasi 10% abusive user yang secara dominan menghabiskan resources network dengan penggunaan hingga puluhan bahkan ratusan GB yang mengakibatkan gangguan terhadap pengguna lain karena menyebabkan penurunan kualitas secara signifikan.” Hal ini memang lucu bukan? Mengapa kran pendaftaran Telkomsel Flash Unlimit terus dibuka? Mengapa tidak ditutup saja kran pendaftaran pelanggan baru? Dan pada akhirnya IdTUG melaporkan Dirut Telkomsel ke Polisi. Mengapa tidak seperti operator lainnya yaitu XL tidak lagi membuka layanan prabayar unlimitnya karena untuk menjaga kualitas layanannya?

Untuk pelanggan yang menggunakan Telkomsel Flash Unlimit, daripada capek komplain lebih baik pindah ke operator lain yang lebih murah dan lebih cepat. Untuk calon pelanggan Telkomsel Flash Unlimit, silakan baca komentar di milis, facebook, forum, dan detikinet sebelum menjadi pelanggan. Mudah-mudahan dengan kasus ini Telkomsel menjadi lebih baik dalam melayani pelanggannya dan tidak hanya mencari untung saja.

Update: Setelah saya membaca term condition dari Telkomsel Flash ini ternyata ada poin yang menyebutkan bahwa Telkomsel pada Ketentuan Khusus point 5

Setiap saat selama berlakunya perjanjian ini, TELKOMSEL berhak untuk mengubah syarat dan ketentuan fair usage

Jadi, sebaiknya sebelum menandatangani apa pun harus dibaca dan dipahami terlebih dahulu perjanjiandari operator agar pihak konsumen tidak merasa dirugikan.


2 thoughts on “Fair Usage Telkomsel Flash yang tidak Fair

  1. Moga2 bisa dikembalikan ke fair usage awal.
    Kalo aku sih dah pindah ke speedy, jadi gak masalah.

    Tapi aku turut rugi, penjualan modem merosot tajam karena gak ada pendaftaran baru. 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *