Epson L120, Printer Infus Bawaan Pabrik

Akhirnya setelah menemani selama 5 tahun, printer Epson T20E rusak juga. Printer Epson T20E saya akui kehandalannya dalam menemani saya mengerjakan skripsi sewaktu saya mengambil S1 Teknik Informatika dulu. Sebuah printer yang jarang sekali menyusahkan saya. Akan tetapi karena memang sudah berumur, seminggu yang lalu dimulai dari rolnya yang mulai oblak, gak bisa menarik kertas, selanjutnya tidak bisa mengeluarkan tulisan sama sekali. Saya bawa ke tukang servis ternyata didiagnosa kena headnya. Setelah saya browsing sana-sini, ternyata harga head dari Epson T20E seharga 600rb-an. harga yang cukup mahal. Dahulu printer saya beli dengan mahar 750rb. Daripada saya mengganti head printer yang saya rasa hanya bisa bertahan 6 bulan, saya putuskan untuk membeli printer baru.

epson l120

Pilihan saya pada awalnya adalah brother MFC series. Karena incaran saya Brother MFC-J430W sudah diskontinyu, saya lalu berselancar lagi di google, penggantinya MFC-J200W. Saya telusuri lagi kalau memakai tinta model infus bagaimana? Ternyata brother tipe baru menggunakan chip untuk resetnya. Daripada ribet pilihan pada printer Epson L series. Dimana printer epson L series sudah menggunakan sistem infus bawaan pabrik. Pilihan saya pada seri paling murah yaitu L120. Harga di toko daerah Lamongan Rp 1.650.000. Instalasi awal memang cukup menyita waktu. Dimulai dari melepas semua selotip pada bagian printer, mengisi masing-masing tabung dengan tinta bawaan pabrik. Setelah itu menunggu cartridge sampai terisi tinta selama sekitar 20 menitan baru deh bisa dipakai di komputer.

Untuk hasil cetakan, hasilnya lebih bagus daripada T20E, kecepatan cetak lebih cepat daripada T20E. Kekurangannya, karena printer ini seri paling murah, tabung infus hanya sebesar 40ml. Tetapi karena Epson sudah memperbarui sistemnya pembuangan tinta, jadi ketika menyalakan dan mematikan printer tidak banyak tinta yang terbuang. Untuk harga tintanya memang tidak semurah tinta pihak ketiga yang harganya sekitar 25rb-50rb. Tinta orisinal Epson 1 tabung isi 70 ml di Lamongan dijual seharga 90rb. Menurut penjualnya, printer Epson L series jarang sekali masuk ke tempatnya untuk diservis. Mudah-mudahan printer ini awet untuk jangka waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *