Capek deh

Kemarin adalah hari yang melelahkan buatku. Pagi-pagi aku berangkat dari Jombang tercinta naik New Shogun 110 kesayangan ke Sukodadi-Lamongan. Sebelumnya aku mampir ke Puskesmas Ngimbang untuk membetulkan printer Epson C45 yang sepekan lalu aku infus. Masalahnya warna hitam tidak mau keluar. Sampai jam 10.30 gak bisa-bisa. Akhirnya aku tinggal ke kantor Puskesmas Sukodadi. Maklum PNS, cuma setor muka ke teman-teman. :p

Setelah itu aku berangkat lagi ke Ngimbang, selain membetulkan printer yang rusak, aku juga membantu anak Kepala Puskesmas Ngimbang mencopot kabel LAN untuk diganti dengan yang baik. Dulu kabel LAN tersebut aku yang masang, anehnya setelah ditest pakai LAN tester jalan dengan baik, tapi pas dicolokkan ke komputer gak ada tanda-tanda terhubung.

Aku sudah tanya ke beberapa teman baik di milis maupun forum ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan LAN tidak bisa terkoneksi dengan baik, yaitu

  • Kabel yang terlalu panjang, maksimal 100 meter
  • Crimping yang tidak baik
  • Kualitas kabel yang buruk

Karena kabel yang aku pasang kurang dari 100 meter, crimping sudah cukup baik, ternyata kualitas kabel LAN yang buruk. Dulu aku beli pas stok kabel di Hi-Tech Mall lagi kosong. Ya terpaksa aku beli cuma itu.

Mengenai printer C45 setelah habis 10 lembar HVS 70 gram, tetap gak bisa. Kebetulan istri kepala puskesmas menanyakan cartridge yang asli. Kupasang saja, lalu dicoba head cleaning lagi, bisa jalan dengan baik. Lalu kupasang CIS-nya, alhamdulillah lancar. Setelah itu membetulkan printer Canon IP1000 yang nge-blink. Setelah baca di resetting printer Canon akhirnya bisa deh membetulkannya.

Pukul 17.30 selesai sudah urusanku. Lalu pulang ke Sukodadi dengan agak gerimis, mampir dulu di Indomart di Babat untuk beli macem-macem susu bantal, buat buka puasa, pas keluar dari Indomart sudah Adzan maghrib, kuminum satu susu bantal tersebut. Setelah itu mampir ke masjid untuk shalat dulu, lalu ke warung buat ngisi perut yang keroncongan.

Sampai di Sukodadi sudah pukul 19.00, mampir ke teman dulu buat rencana ke Lamongan untuk pengajian malam selasa, setelah shalat isya’ aku dan teman-teman ke Lamongan. Ternyata acara pengajiannya tidak ada. Akhirnya mampir ke bubur kacang ijo di alon-alon Lamongan. Pas waktu pulang hujan turun dengan derasnya. Sampai di rumah badanku capek semua.


5 thoughts on “Capek deh

  1. tipsnya ok banget mas…
    ada tambahan nih, kalo punya printer canon yang serinya gak disebutkan coba aja semua cara yang ditulis diatas. Insya Allah bisa

  2. Salam kenal buat mas Kurniawan. mohon maaf baru kenal dah mau ngrepotin. mas saya sdh download MPTool 0.9.6 tapi ga bisa ngejalanin. gimana caranya ngejalanin supaya bisa mereset printer MP 145. saya run MPTool ga ada icon yg aktip, walaupun saya sdh masuk ke low mode. mohon petunjuk. muuaturr nuwun mas.

  3. Sekarang kalau komputerku rusak tidak ada kamu………payah………….ngak ada yang bantu.

    mk: kan banyak pakar di sana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *