Arduino Duemilanove Board Kecil tapi Powerfull!

Arduino adalah board mikrokontroler opensource yang sangat powerfull dan mudah digunakan. Board ini bisa digunakan untuk membuat robotika, seniman, penggemar yang tertarik untuk membuat obyek interaktif.  Arduino bisa menerima input dari berbagai sensor dan menggerakkan servo motor, lampu LED, aktuator dan lainnya. Arduino ini menggunakan bahasa C/C++ yang disederhanakan. Program untuk uploadernya bisa diunduh secara bebas. Jadi mudah sekali untuk dipelajari. Software Arduino bisa berjalan di Windows, GNU/Linux, MacOSX. Arduino Duemilanove adalah tipe Arduino terakhir. Dia menggunakan kabel USB sebagai power dan uploadernya. Jadi praktis sekali.

Saya tertarik dengan arduino karena dosen saya yang memperkenalkan saya dengan board ini. Setelah melihat dari forum arduino, youtube, freeduino dan banyak sekali situs membicarakan kehebatan board ini. Dan benar, setelah saya memesan board arduino ini dari ebay, lalu mencoba untuk mengopreknya: bermain-main dengan LED, LCD, sensor suhu, potensiometer dan masih banyak lagi yang lain. Rencananya saya akan mencoba membuat robot yang bisa berjalan.

Oh iya, saya kelebihan 2 board Arduino Duemilanove, silakan kunjungi page tentang jual Arduino ini jika tertarik untuk membeli. Dan kontak saya di page about jika tertarik membelinya.

11 thoughts on “Arduino Duemilanove Board Kecil tapi Powerfull!

  1. akan lebih hebat kali kita belajar asemblernya ATmega8. Dengan begitu kita akan berfikir, bahwa Arduino tidak ada hebatnya. Jauh jauh lebih hebat ATmega8.

    Segera tinggalkan Arduino ini, pindah pelajari ARV Atmega8, baru hebat namanya.

    1. Thx atas masukannya, akan tetapi arduino itu simpel, menyederhanakan semuanya sehingga bisa dipakai oleh banyak orang meskipun dia bukanlah programmer atau orang yang sangat mengerti elektronika. ATMega8 memang hebat, tetapi arduino baik hardware maupun softwarenya merupakan opensource dibawah license CC versi 2.5, jadi bisa diakses siapa saja. Kalau pakai ATmega8 dengan software Program AVR bisa-bisa uang habis untuk membeli software AVR, jangan disuruh membajak lho ya. Dan bahasa assembler pada AVR susah dimengerti.

      Perbedaan pendapat tidak masalah kan?

  2. Setuju dengan mas M.Kurniawan. ATMega8 memang powerful, tapi nggak semua orang sanggup mempelajari pemrograman chip yang relatif kompleks.

    Arduino memberikan kemudahan kepada pemula maupun yang sudah pengalaman, sehingga membuka kesempatan setiap orang untuk berkreasi tanpa terhambat dengan kesulitan membuat program chip secara hardcore.

  3. mas mau nannya kalo buat program pk mcs 51 untuk buat program untuk menjumlah memakai keypad terus ditampilkan dengan seven segment gimana caranya???dengan tanda # pada seven segment sebagai tanda tambah dan tanda * sebagai hasil penjumlahannya….makasih ya sebelumnya!!!

  4. waduh… lama gak berkunjung ka lamongan mas Iwan ternyata udah punya mainan baru ya ..!!!
    untuk board pada artikel diatas ditujukan untuk pakar atau orang awam mas ?? kalau untuk membuat robot sederhana buat nglatih anak usia SD 9-12 tahun pake mas Ardu ino juga ??

    1. Gak perlu pak ton, cukup rangkaian elektronik sederhana saja. Motor dan gearbox pakai mobil-mobilan polisi yang bisa jungkir balik 2 buah paling cuma habis 30rb. Body bisa pakai CD/PCB yang tidak dipakai. Rangkaian elektronik bisa buat sendiri silakan cari di google. Pokoknya simple, sensor bisa pakai ldr atau infra red.. total paling gak sampai 100rb-an..
      Tapi, kalau mau lebih dan menggunakan microcontroller pakai arduino pak. Bisa mengontrol banyak alat lho. Pemrograman menggunakan bahasa C yang disederhanakan. Silakan beli arduino di saya saja. Ada harga spesial lho 🙂

  5. mas kurniawan aq mau beli arduino nya ni..
    btw harga netnya sampai ke gilimanuk bali berapa mas plus ongkis ya?.

    btw ada ym gak mas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *