Akhirnya Tarif Seluler Indosat dan XL turun juga

Setelah Operator Seluler No. 1 Indonesia menurunkan tarif selulernya secara resmi dan setelah saya menulis tentang kekacauan perang tarif seluler, akhirnya tarif dasar Indosat dan XL turun juga. Walaupun Indosat belum menayangkan penurunan tarifnya di Webnya, akan tetapi di beberapa situs berita seperti Antara dan Kompas telah menayangkan penurunan tarif kedua operator besar tersebut.

Untuk tarif bicara silakan buka kedua situs di atas, saya hanya mencantumkan tarif SMS, sebab bertelepon ria bukan kesukaan saya. Selain ngeblog, saya juga menggunakan sms dan e-mail sebagai sarana komunikasi, tapi saya bukan “pakar” yang itu. 🙂

Untuk Indosat. Untuk SMS Mentari pra bayar, sesama Operator menjadi Rp 99 dan SMS ke Operator lain Rp 149. Untuk SMS IM3 pra bayar  SMS ke sesama operator maupun lintas operator turun menjadi Rp 100. Untuk Matrix pasca bayar, lha ini yang saya tunggu-tunggu SMS ke sesama operator turun menjadi Rp 100 dan ke operator lain Rp 150.

Untuk XL. Semuanya baik Jempol, bebas, maupun Xplor untuk SMS ke semua operator maupun ke nomor XL flat Rp 150. Wah sms XL mahal juga. Gak jadi pakai XL buat jualan pulsa dong kali begitu. 🙂

Yang saya harapkan dari terbukanya tarif sesungguhnya agar para operator memperbaiki jaringannya. Jangan murah tapi tidak bisa dipakai untuk berkomunikasi. Operator jangan ngomong “Murah njaluk apik”.  Itu kan semboyan saya di sebuah milis. 🙂

11 thoughts on “Akhirnya Tarif Seluler Indosat dan XL turun juga

  1. Tapi perang tarif ini bikin sengsara. Jadi susah kalo mo telpon. Bahkan kemaren di koran ada pelanggan pasca bayar yg kena getahnya. Dia kehilangan banyak pelanggan gara2 di telpon sering gak bisa nyambung. Padahal perbulannya dia habis pulsa 2 juta.
    So, Sebaiknya sih operator punya dua alternatif, prabayar murah pascabayar stabil. 😀

  2. klo bisa yaa murah njaluk apik wan 🙂 di luar negeri aja cuma pakai cent-cent an disini masih pakai ratusan bahkan ribuan. Apa pemerintah gak bisa cari uang lain untuk membebaskan biaya komunikasi ( internet mahal, telp mahal) 😕

    wahh jangan jangan koment ku ini kena pasal UU ITE hehehe

  3. #Agam: iya, telpon malem susah.. enakan dulu pas masih mahil..

    #Freddy: masih ada yang lebih murah lagi.. IM3 ke semua operator Rp 100,- bahkan dengan paket voucher SMS 200 bisa dipake ke semua operator dengan harga Rp 40,-

    #Amin: Ya beza dong.. di luar nilai uangnya tinggi.. Rupiah aza yang terpuruk..

    Gak lah lha wong tidak ada yang tersinggung gitu kok..

  4. Trf sms n tlp xl tetep aja mhl.pgn tlp yg rada ngirit(nlp semaumu ato tlp smp puas),eh tarif sms yg mhl(rp250-rp350).ih,hareee geneee sms rp350? Kalo mo pilih sms rada ngirit,trf tlp yg mhl(ke sesama xl aja rp20/dtk spnjg hari),itu aja mesti byr rp1000 tiap kali pndh.haduh2… capeknya sampe puassss….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *