20 Alasan Memilih Zenfone 3

zenfone-3Asus Zenfone 3 merupakan generasi ketiga dari smartphone seri Zenfone yang dibuat oleh Asus. Zenfone 3 ini merupakan penerus dari Zenfone 2 yang sangat fenomenal. Zenfone 3 diluncurkan pada acara Zenvolution di Nusa Dua Bali pada tanggal 8 September 2016 yang lalu. Kali ini kita review berdasarkan 20 alasan mengapa memilih Zenfone 3 ZE520KL. Seperti slogan Zenfone 3 yang dibuat oleh Asus, yaitu Buit For Photography, 20 hal yang membuat saya memilih Zenfone 3 ini, lebih menitikberatkan pada sisi fotografinya.

  1. Teknologi Sensor Kamera
    imx298Ibarat pada mata, sensor kamera merupakan retina pada kamera, dimana semua hasil gambar terekam pada sensor ini. Pada Zenfone 3 ZE520KL ini menggunakan sensor dari Sony IMX298, 16 MP dengan Back Ilumated yang lebih sensitif dengan cahaya. Senor ini mempunyai teknologi DTI (Deep Trench Isolation)  sehingga jatuhnya cahaya tidak bocor pada pixel di sebelahnya.
  2. Resolusi Foto Tinggi
    Dengan resolusi foto 16 Megapiksel, hasil foto pada Zenfone 3 ini bisa dicetak hingga ukuran 12R tanpa adanya  detail yang hilang. Bukan hanya saat dicetak, dengan ukuran resolusi foto 16MP, kita bisa leluasa untuk melakukan cropping pada gambar jika ingin diunggah pada medsos.
    Dengan teknologi PixelMaster 3.0, Zenfone 3 ini mampu menyimpan foto dengan resolusi 64MP. Sehingga, ketika kita ingin mencetak foto ukuran sangat besar bisa kita lakukan tanpa harus kehilangan detail.
  3. Lensa
    camera-zenfone3
    Teknologi kamera pada Zenfone 3

    Pada sebuah kamera, selain sensor, lensa memegang peranan sangat penting dalam mereproduksi warna pada foto. Zenfone 3 ini menggunakan lensa dari Largan menggunakan 6 elemen dengan aperture f2.0. Kaca dari lensa Zenfone 3 ini terlindungi dengan Saphire, sehingga aman dari goresan. Beda dengan seri Zenfone sebelumnya yang mudah sekali tergores, sehingga jika sudah sekian lama, hasil foto terlihat buram. Untuk Zenfone 3 ini sangat tahan dengan goresan.

  4. Image Stabillizer
    Pada sebuah kamera smartphone, idealnya memiliki penstabil gambar secara optis. Sehingga pada saat memotret, hasil gambar yang buram dan terlihat goyang bisa dicegah ketika terjadi guncangan. Lensa pada Zenfone 3 ini memiliki 4-axis Optical Image Stabilization, penstabil gambar ini mampu mengkompensasi getaran dari 8 arah. Dengan adanya penstabil gambar, maka mampu meningkatkan kecepatan rana kamera.
  5. Autofokus
    Fokus otomatis dengan teknologi kekinian sangatlah penting pada sebuah kamera, hal ini digunakan untuk memastikan semua momen dapat terekam dengan baik, tanpa harus dilakukan pengambilan gambar ulang. Zenfone 3 ini mempunyai 3 teknologi fokus otomatis yang dinamakan Tri Tech Autofocus.
    – Zenfone 3 mempunyai teknologi laser yang telah disematkan pada teknologi Zenfone Laser generasi sebelumnya hingga fokus bisa terkunci dalam waktu 0.03 detik saja
    – Zenfone 3 juga memiliki teknologi deteksi fasa yang tertanam pada sensornya, mirip dengan teknologi deteksi fasa pada kamera DSLR
    – Fokus otomatis secara kontinyu sehingga bisa merekam obyek bergerak seperti memotret anak-anak yang pergerakannya sangat lincah, sehingga setiap momen tumbuh kembang anak bisa terekam pada kamera Zenfone 3 ini.
  6. Color correction (RGB) sensor
    Jadi, setiap kita mengambil gambar, akan mendapatkan hasil yang sempurna dan warna yang tidak terdistorsi.
  7. Real Tone Flash
    Untuk mendapatkan hasil warna kulit yang alami, pada pengambilan gambar saat menggunakan flash, maka warna flash tidak harus berwarna putih. Zenfone 3 dengan flash dua warna (dual flash) menghasilkan warna skin tone mendekati warna sesungguhnya.
  8. Manual Mode
    Para fotografer yang mempunyai ide banyak di kepala mereka dimanjakan dengan pengaturan manual pada kamera di zenfone 3 mereka. Pengaturan pada Zenfone 3 yang bisa diatur secara manual yaitu fokus bisa diatur secara manual, untuk mendapatkan fokus yang benar-benar tepat, Speed yang bisa diatur dari 32 detik sampai 1/50.000 detik, ISO 50 sampai 3200, WB bisa diatur secara kelvin.
  9. Slow Speed
    Untuk mengambil light painting, light trail, ataupun memotret milky way harus menggunakan waktu bukaan rana yang lama. Zenfone 3 bisa melakukan slow speed sampai 32 detik.
  10. Low Light
    Dengan low light mode, pengambilan gambar di ruang remang-remang bisa dapat diambil dengan baik dengan noise yang minim.
  11. HDR Mode
    dengan perbedaan antara terang dan gelap, kamera pada umumnya harus memilih salah satu yaitu gelap atau terang saja. Zenfone 3 dengan kemampuan HDRnya bisa mengangkat bagian gelap dan meredupkan bagian yang terlalu terang sehingga bisa nyaman dilihat di mata.
  12. Aplikasi Kamera
    Dengan aplikasi PixelMaster generasi ketiga yang lebih disempurnakan dari generasi sebelumnya, Asus menambahkan berbagai macam menu yang bisa dipilih sesuai dengan selera penggunanya.

    pixelmaster-vert
    Teknologi PixelMaster 3.0 pada Zenfone 3
  13. Desain
    Desain yang terbuat dari metal dan kaca membuatnya tampak elegan dan mewah. Dengan lapisan anti gores gorilla glass 3 dengan teknologi curve 2.5D. Dengan tampilan yang benar-benar berbeda dari generasi Zenfone sebelumnya, pada generasi sebelumnya, bagian depan ada list di bawah yang membuatnya tampak tidak seimbang dengan bagian atas. Untuk bagian belakang Zenfone 3 berbentuk datar, beda dengan Zenfone sebelumnya yang cembung. Jika ditaruh di atas meja Zenfone sebelumnya bergoyang-goyang.
  14. Otak Pintar
    Dengan Snapdragon 625, Zenfone 3 mempunyai kemampuan yang sangat hebat untuk multi tasking baik untuk memainkan game, video serta audio dengan baik. Skor benchmark dari Zenfone 3 ini cukup tinggi sesuai dengan harganya hingga 62rb-an. Dengan RAM 3GB dan ROM 32GB bekerja, bermain game dan beraktifitas lebih menyenangkan.

    cats-horz
    Skor AntuTu
  15. Daya Efisien|
    Meskipun performanya hebat, tetapi pemakaian daya dari Snapdragon 625 ini sangat efisien. Sehingga daya tahan batere lebih lama dan bisa bertahan lebih dari 8 jam dalam sekali charging. Selain itu proses recharging zenfone 3 ini sangatlah cepat. Sehingga untuk sampai penuh tidak membutuhkan waktu yang lama, sekitar 1,5 jam dengan menggunakan charger bawaan bisa penuh.
  16. 4G + 3G
    Kualitas jaringan di Indonesia sudah banyak ditingkatkan dari 2G ke 3G dan 4G. Untuk jaringan kanal frekuensi di 2G banyak yang dikurangi untuk dialokasikan pada jalur 4G. Sehingga terkadang, meskipun sinyal full bar, kualitas voice terkadang sering drop dan tidak kedengaran, karena jalur yang dulunya dipakai di 2G dialihkan untuk kanal 4G. Zenfone 3 dengan kemampuan bisa menjalankan dual sim, salah satunya 4G dan satunya bisa 2G atau 3G.  Berbeda dengan smartphone lain yang jika salah satu sim card mendapatkan 4G, lainnya pasti hanya bisa jalan di 2G.
  17. Audio
    Dengan kualitas suara SonicMaster dari Asus Zenfone 3 ini meskipun ukurannya tipis tetapi suaranya masih terdengar hebat.
  18. 4K Video Recording
    Dengan kemampuan merekam hingga 4K 30fps, Zenfone 3 cocok untuk pembuat video klip yang hanya membuat video dalam waktu singkat
  19. Stabilizer Video
    Penstabil video dibutuhkan ketika kita ingin merekam video tanpa gimbal. Meskipun dengan gimbal lebih baik, tetapi stabilizer video di Zenfone 3 ini cukup membantu ketika merekam dalam keadaan sedikit bergerak dengan hasil minim goyangan.
  20. ZenUI 3.0
    Peningkatan antarmuka dengan cara yang unik, generasi terakhir dari ZenUI meningkatkan pengalaman dalam menggunakan smartphone, peningkatan produktivitas dan membuat tiap hari lebih menyenangkat. Anda dapat melihat update cuaca secara realtime atau mengubah jam sesuai dengan gaya anda. ZenUI 3.0 bukan hanya sebuah antarmuka – dia adalah teman yang menemani anda di manapun berada.

    zenui1-horz
    ZenUI 3.0

One thought on “20 Alasan Memilih Zenfone 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *